-->

Contoh Teks Pengumuman MC Ketika Salat Jum'at

masjid al-mahallie
Contoh Teks Pengumuman Ketika Salat Jum'at di Masjid al-Mahallie


Karena kesibukan saya kini berada di Jakarta untuk membantu mengurus masjid dan yayasan, maka kali ini saya akan berbagi contoh teks pengumuman salat jum'at untuk MC yang biasa dibacakan di Masjid al-Mahallie. Berikut contoh teks tersebut:

Muqoddimah atau Pembukaan

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Alhamdulillahi robbil 'alamin, wassholatu wassalamu 'ala asyrofil anbiya-i wal mursalin. Sayyidina wa maulana Muhammadin shollallahu 'alaihi wasallim ajma'in, Amma ba'du.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga kita bisa melaksanakan salat Jum'at berjama'ah di Masjid al-Mahallie yang penuh barokah ini. Kedua, salawat dan salam mari kita hadiahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang mana kelak kita nantikan syafaatnya di yaumul qiyamah.

Baca juga: Tradisi Kurban di Masjid al-Mahallie

I'lan atau Pengumuman

Pada kesempatan kali ini, saya selaku MC (master of ceremony) salat Jum'at berjama'ah di masjid al-Mahallie ingin menyampaikan beberapa hal:

Pertama jadwal pengajian di masjid al-Mahallie. Alhamdulillah sampai saat ini masjid al-Mahallie masih mengadakan pengajian rutin yang diadakan setiap ba'da (setelah) shubuh untuk santri dan jama'ah masjid. Selain itu juga ada pengajian anak-anak yang dimulai ba'da salat Dzuhur setiap hari Senin sampai hari Jum'at.

Untuk pengajian ibu-ibu berada pada hari Rabu ba'da Dzuhur. Dan untuk pengajian lainnya diadakan pada malam Jum'at ba'da Maghrib membaca yasin dan tahlil. Malam Minggu ba'da Maghrib pembacaan Rotibul Hadad, ba'da Isya' yaitu pengajian kitab Bidayatul Hidayah. Malam Senin ba'da Maghrib pembacaan salawat maulid Nabi dan ba'da Isya' pembacaan salawat Dalailul Khairat. Kepada para jama'ah, jika tidak berhalangan, kami persilahkan untuk mengikuti kegiatan pengajian tersebut.

Kedua, saldo masjid di masjid al-Mahallie sejumlah Rp ..... (mengikuti jumlah nominal yang berlaku pada minggu tersebut) dengan pemasukan dan pengeluaran dalam waktu sepekan terakhir adalah sebagai berikut... (mengikuti keterangan pengeluaran dan pemasukan pada minggu tersebut).

Baca juga: Mengapa Perempuan diperbolehkan Mengajar Santri (Laki-Laki) al-Mahallie?

Ketiga, kedepannya masjid al-Mahallie akan terus melakukan perbaikan dan pembangunan baik infrastruktur maupun fasilitas masjid al-Mahallie, oleh karena itu kepada para donatur yang ingin menyisihkan sebagian hartanya akan kami terima dan kami alokasikan sesuai dengan kebutuhan masjid.

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang sudah menyisihkan hartanya untuk masjid ini, untuk itu marilah kita mengirimkan hadiah al-fatihah kepada para donatur dan kepada para donatur yang rutin mendonasikan sebagian hartanya atas nama:

almarhum bapak Surahno bin Hatmo Sumarto

almarhumah ibu Suratni binti Surokertono

almarhumah ibu Nanik Hendratmi binti Surachno

almarhum bapak H. Alias bin H. Arsadi

almarhum bapak H. Doleh bin H. Mahmud

almarhumah ibu Hj. Acih Suharsih binti H. Surya

almarhumah ibu Hj. Muti'ah binti H. Barkah

almarhum KH. Oo Suyitno Abdurrahman Mahmud bin H. Doleh bin H. Mahmud

Kemudian (jika ada pengumuman tambahan seperti akan mengadakan peringatan hari besar islam dan sebagainya)....

Pengumuman yang selanjutnya adalah yang bertugas sebagai khatib Jum'at adalah almukarram Ustadz.... (sebutkan nama khotib yang bertugas pada Jum'at tersebut) dan yang bertugas sebagai bilal serta muadzin adalah saudara.... (sebutkan nama bilal yang bertugas pada Jum'at tersebut).

Oleh karena itu bagi para jama'ah yang masih dibawah atau yang baru datang, dimohon untuk naik ke lantai atas dan merapatkan barisan salat pada ruang utama. Kepada anak-anak dan adik-adik, dimohon untuk tidak berbicara, berisik, apalagi bercanda ketika khatib naik mimbar. Terakhir kepada seluruh jama'ah yang membawa handphone maupun gadget lainnya dimohon untuk sementara waktu menonaktifkan handphone atau gadget tersebut selama salat Jum'at berlangsung.

Penutup

Demikianlah kiranya pengumuman salat Jum'at berjama'ah kali ini. Saya selaku MC memohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam membawakan acara. Wallahul muwafiq ila aqwamit thoriq, wassalamu'alaikum, wa rahmatullahi  wa barakatuh.

Berikut adalah contoh ketika santri al-Mahallie sedang melakukan praktik menjadi petugas salat Jum'at baik menjadi MC, Muadzin, Bilal, dan juga Khotib.



Kata kunci: Contoh teks pengumuman salat Jum'at, pengumuman di masjid, salat jum'at. Sekian ulasan tentang contoh teks pengumuman ketika salat Jum'at di Masjid al-Mahallie. Semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. MasyaAllah ini bisa jadi pedoman banget ya Mba, untuk teks pengumuman salat jumat bagi yang belum tahu. Kebetulan pas banget nih ini hari Jumat. Semangat berkah barokah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, biar kalau gak ada yang bisa jadi MC auto pada bisa jadi MC. aamiin2, makasih kak nyi.

      Hapus
  2. dulu memang sering skali denger pengumuman gini dikampung, tapi sekarang nggak pernah denger lagi karena udah merantau jauh ke daerah minoritas, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh sharing dong buuu tradisi jum'atan di sana...

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter