Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reksadana Saham Untung Maksimal? Ini Dia Cara Sukses Investasinya!

Reksadana Saham Untung Maksimal? Ini Dia Cara Sukses Investasinya!
Reksadana Saham Untung Maksimal? Ini Dia Cara Sukses Investasinya!

Raih Kesuksesan Melalui Investasi di Reksadana Saham dengan Cara Berikut 

Jalan menuju kesuksesan memang dapat dilewati dari segala arah, salah satunya dengan berinvestasi di Reksadana saham. Saat ini ada banyak orang yang berhasil meraih keuntungan tinggi berkat menanamkan dana di Reksadana berbasis saham. Mungkin peluang tersebut juga bisa kamu capai jika, itulah mengapa tidak ada salahnya jika kamu mulai mencobanya.

Namun ada hal perlu kamu ingat, kesuksesan tidak bisa datang dengan cara yang mudah. Selain uang ada hal lain yang sangat dibutuhkan saat kamu terjun ke dunia investasi, yaitu niat dan kemauan untuk belajar terhadap hal-hal baru. Terutama ketika kamu akan memilih jenis instrumen investasi yang belum dikenal, misalnya seperti Reksadana berbasis saham. 

Pengalaman Investor yang Memperoleh Banyak Keuntungan dari Reksadana Saham

Meskipun secara keseluruhan kondisi ekonomi di Indonesia belum pulih sepenuhnya, menurut beberapa investor senior saat ini Reksadana berbasis saham mempunyai prospek kinerja yang cukup positif. Freddy Tedja, seorang Head of Investment Specialist di salah satu perusahaan Reksadana ternama, meyakini bahwa Reksadana berbasis saham bisa dijadikan pilihan yang tepat pada periode saat ini yang sesuai sebagai entry point. 

Bagi para investor yang bertujuan menginvestasikan dananya dalam jangka panjang dan berani mengambil risiko tinggi atau memiliki profil agresif. Freddy Tedja juga menjabarkan bahwa potensi pertumbuhan perekonomian di Indonesia saat ini menunjukkan sinyal positif. Sehingga peluang investasi pada produk Reksadana berbasis saham patut dimanfaatkan masyarakat. Terutama bagi para investor yang forward looking dan mampu mencermati potensi risiko saat ini.

Tapi di sisi lain pada saat yang sama juga dapat menangkap peluang dalam jangka panjang. Dalam berinvestasi di Reksadana saham memang diperlukan strategi dan kecepatan dalam menangkap semua peluang yang ada. Tanpa mengesampingkan risiko yang akan muncul, bagi kamu yang masih belum percaya diri terjun di Reksadana berbasis saham.

Tidak perlu khawatir karena semuanya bisa dipelajari terlebih dulu, hal terpenting yang harus ada di dalam diri kamu adalah kemampuan ingin belajar hal-hal baru. Jika hal tersebut sudah ada di dalam benak dirimu, kini langkah yang harus diambil yaitu mempelajari bagaimana cara membaca peluang dan mempertimbangkan risiko, serta cara memilih Reksadana saham yang bagus.

Tips Cara Memilih Reksadana Saham yang Tepat

keuntungan reksadana saham
Investasi Reksadana Saham

Jangan malu untuk bertanya ketika mempelajari hal baru termasuk dalam investasi Reksadana berbasis saham. Selain mempelajarinya secara mandiri kamu juga perlu dukungan dari orang-orang yang sudah berpengalaman, oleh sebabnya tidak ada salahnya jika mencari informasi dari orang di sekitarmu yang telah bergelut di Reksadana berbasis saham. Tapi sebelum itu sebaiknya kamu mengetahui tips cara memilih Reksadana saham yang bagus berikut:

Tentukan Tujuan Utama Berinvestasi

Dalam segala urusan, tujuan menjadi hal dasar yang akan menuntunmu dalam memilih sesuatu. Tanpa tujuan kamu akan kehilangan arah dan terombang-ambing dengan keputusan yang kamu buat. Oleh karenanya penting sekali menentukan tujuan utama terlebih dulu sebelum memilih produk Reksadana.  Jika tujuan utamamu melakukan investasi karena ingin membeli rumah dan menyiapkan dana pendidikan anak.

Atau untuk keperluan yang lain yang mana mengharuskan kamu melakukan investasi dalam jangka panjang. Reksadana saham bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu karena jangka investasi bisa lebih dari 5 tahun. Tapi jika tujuanmu melakukan investasi karena hanya untuk menyimpan dana darurat atau untuk keperluan investasi jangka pendek. Maka Reksadana berbasis saham kurang tepat yang mana untuk tujuan tersebut kamu lebih cocok menggunakan Reksadana pasar uang.

Pilih Manajer Investasi yang Terpercaya

Tips cara memilih Reksadana saham yang bagus selanjutnya yaitu dengan memilih manajer investasi yang terpercaya. Menurut Freddy Tedja investor harus mencari informasi mengenai rekam jejak manajer investasi yang akan dipilih. Caranya bisa dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Melakukan pengecekan terhadap legalitas dari badan hukum yang menaunginya

2. Cari tahu perusahaan apa saja yang terafiliasi dengan manajer investasi tersebut

3. Siapa saja dan seperti apa tim profesional yang ada di dalamnya

4. Cari tahu bagaimana tata kelola perusahaan yang diterapkan di manajer investasi tersebut.

Ketahui Strategi Pengelolaannya

Tips terakhir, kamu harus mengetahui strategi pengelolaan Reksadana yang mereka lakukan. Contohnya apakah mereka menggunakan sistem investasi berdasarkan syariah, kapitalisasi pasar, konvensional, ESG atau yang lainnya. Sebagai investor kamu harus mendapatkan informasi lengkap mengenai hal tersebut untuk memilih Reksadana berbasis saham yang paling sesuai dengan tujuan

Keuntungan Investasi Reksadana Saham di digibank by DBS

Kini kamu bisa berinvestasi Reksadana dengan mudah dan aman melalui aplikasi digibank by DBS. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika melakukan investasi Reksadana di digibank by DBS, berikut ini keuntungan yang akan kamu dapatkan:

1. Ada 3 pilihan kategori Reksadana yaitu kategori kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik

2. Pembelian Reksadana berkala yang fleksibel

3. Bisa beli Reksadana mulai dari Rp100 ribu

4. Ada 50 lebih pilihan produk Reksadana yang bisa dipilih

5. Proses mudah mulai dari daftar SID, jual, beli, dan switch dilakukan melalui 1 aplikasi digibank by DBS

Tidak hanya Reksadana saham saja yang tersedia, digibank by DBS menyediakan 4 pilihan Reksadana yang bisa kamu beli dengan mudah, berikut ini produk Reksadana yang di aplikasi digibank by DBS:

1. Reksadana Pasar Uang

2. Reksadana Pendapatan Tetap

3. Reksadana Campuran

4. Reksadana Saham

Tunggu apalagi segera lakukan registrasi nomor SID untuk mulai investasi Reksadana saham di aplikasi digibank by DBS dengan mudah. Kamu cukup log in ke aplikasi lalu pilih tombol ‘Investasi’ kemudian pilih tombol ‘Buat Sekarang’ yang tertulis di banner SID. Lengkapi data dirimu dan ikuti langkah selanjutnya, terakhir tunggu konfirmasi nomor SID yang dikirim ke email kamu. 

Nah itu dia ulasan tentang cara sukses Investasi Reksadana Saham agar untung maksimal. Sekian, semoga infomasi ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Reksadana Saham Untung Maksimal? Ini Dia Cara Sukses Investasinya!"