-->

JANGAN ALERGI DAFTAR GOOGLE ADSENSE

cara-daftar-google-adsense
Pengalaman Mendaftar Google Adsense

Yey! Tulisan ini adalah tulisan selebrasi setelah sekian lama ngeblog dan akhirnya memutuskan untuk mengisi blog minimal #1minggu1cerita. Agustus tahun lalu saya memutuskan untuk membeli domain. Saat itu pula saya memutuskan untuk langsung memasang Google Analytic, Google Search Console, daftar Google Adsense, dan bergabung di komunitas bloger yaitu Komunitas Bloger Perempuan dan Komunitas #1minggu1cerita.

Paling konyol memang ya pas daftar adsense ini, HAHA. Gak kepikiran dan sebelum daftar gak nanya-nanya sama yang sudah expert ngeblog si amatir ini alias saya. Namanya domain baru pastilah semua rekam jejaknya seperti beli bensin di pom bensin, dimulai dari 0. Tapi karena ketidaktahuan saya akan hal ini, saya percaya diri saja memonetisasi blog ini dengan mendaftar adsense.

PENGALAMAN MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE

Percobaan  pertama suami yang mendaftarkan, gagal. Percobaan kedua masih suami yang mencoba mendaftarkan dan gagal. Akhirnya bertanya kepada Mas Bimo, Mas Bimo bilang kalau sekali gagal biasanya akan sulit untuk disetujui untuk yang selanjutnya. Mendadak semangat menulis turun karena salah satu peluang monetisasi tak terlihat hilalnya. Ah ya sudahlah...

Beberapa bulan kemudian mencoba memperbaiki blog, mulai dari ganti template sampai dengan postingan-postingan yang dirasa kurang baik performanya, baik dari segi penulisan maupun gambar. Waktu itu belum mikirin oppa seo on page dan off page. Karena merasa pusing duluan, dan belum mampu serius ngeblog mengingat urusan di dunia nyata lebih ruwet ketimbang dunia blog.

Iseng daftar adsense lagi, masih saja gagal. Akhirnya mulai penasaran dan tanya dengan beberapa teman di komunitas bloger, mengapa oh mengapaaaa. Ada yang bilang identitas harus sesuai dan nyata. Oleh karena itu blog kita perlu ada contact person, disclaimer, privacy policy, about dan sejenisnya.

Masih sama, belum berbalas juga kesempatan disetujui oleh Google. Bahkan sempat ada balasan surat elektronik yang berbunyi blog ini ada yang menyalahi kebijakan dan aturan yang sudah mereka tentukan. Hiks.

Akhirnya saya pun mengarsipkan beberapa tulisan yang dirasa berbau eco-politik yang pernah ditulis sewaktu kuliah. Tanya sana sini lagi, akhirnya di sarankan untuk mengganti template. Sejak domain ini berbayar, saya sudah mengganti template kurang lebih sebanyak 4 kali dan ini adalah template terakhir yang baru saja terpasang. Namun masih sama, GAGAL. Akhirnya saya memutuskan untuk mengerjakan fokus lain dan mendengarkan kata Mas Bimo.

"Masih ada banyak cara untuk memonetisasi blog, tidak harus berfokus pada adsense" Begitu ujarnya.

MONETISASI BLOG

Tapi memang benar. Setelah saya semakin mendalami dunia perblogan, usut punya usut ada banyak sekali cara memonetisasi blog. Bisa dengan membuat blogpost berbayar, review barang maupun jasa, jasa content placment dan tanam backlink, menggunakan iklan afiliasi, dan juga menggunakan iklan berbayar selain google adsense. Tapi ternyata ya tidak semudah itu. Karena dunia perblogan yang saya alami kini saya melihatnya dengan kacamata yang berbeda.

Bukan lagi sekedar menulis.

Terkendala oleh iklan Google yang tak kunjung disetujui, akhirnya saya mencoba jalan cepat dengan mendaftar pada iklan selain Google. Berhasil sih, langsung disetujui malah. Tapi ternyata sangat mengganggu konten sehingga pengunjung seperti tidak betah berlama-lama di blog ini karena sempat terjadi ngeklik apa yang keluar malah apa.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba afiliasi dari tempat saya membeli domain ini dan itu cukup menghibur hati walaupun yah belum tentu juga ada yang pakai kode referealnya, tapi kan ya siapa tau. Namanya juga usaha...

Santer juga terdengar dan berseliwiran form blogpost berbayar. Namun ternyata lagi-lagi kalah sebelum berperang. Syarat dan ketentuannya tidak dapat saya penuhi karena nilai DA/PA/SS harus sekian, page view harus sekian, dan masih banyak printilan lainnya.

Akhirnya ketika ada diskusi dari para bloger yang sudah expert saya menyimak. Ketika ada kelas-kelas khusus bloger yang diselenggarakan secara gratis, saya mencoba mendaftar, mencoba peruntungan untuk diangkut menjadi pesertanya.

PONDASI BLOG HARUS KOKOH

Oh! ternyata seperti itu... Dari hasil diskusi dan kelas-kelas tersebut, kemudian pelan-pelan saya mencoba memperbaiki kualitas pondasi blog ini. Mengikuti sesuai anjuran dari hasil diskusi dan kelas-kelas yang saya ikuti. Akhirnya domain authority perlahan berada di angka minimal sesuai persyaratan apabila ingin bekerja sama dengan agensi ataupun klien tertentu.

Beberapa blogpost di web ini pun akhirnya memiliki blogpost partnership walaupun sebenarnya sejak saya aktif menulis di beberapa media, ada juga beberapa blogpost partnership yang isinya adalah meresensi sebuah karya tulis baik cerpen maupun novel.

Tidak hanya DA/PA/SS saya juga mulai mencoba untuk membuat artikel yang seo friendly. Yaaaa walau keterbatasan waktu dan tenaga, sehingga hanya artikel baru yang saya optimalkan, karena butuh waktu untuk memperbaiki artikel-artikel lama.

Meski tingkat seo pada blog ini belum sempurna (yakin banget saya), tetapi alhamdulillah, artikel-artikel baru yang saya tulis ada beberapa yang mendatangkan pengunjung organik tanpa saya harus bersusah payah membagikan artikel tersebut ke media sosial.

Usut punya usut setelah diselidiki, ternyata beberapa artikel tersebut berada di halaman satu walaupun belum berada di tingkatan pertama. Lagi-lagi saya berucap syukur. Karena sudah ada pengunjung tetap setiap bulannya dari artikel tersebut, akhirnya saya memberanikan diri untuk bertemu dengan akun google adsense dan mendaftar kembali.

CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE

Cara mendaftarnya sama seperti sebelumnya. Teman-teman harus punya email dan blog. Usia teman-teman pendaftar juga harus di atas 18 tahun. Blog yang dikelola bukan blog yang baru saja dibuat, artinya blog pun harus memiliki minimal usia dan minimal memiliki konten yang bebas SARA, pornografi, plagiasi, dan konten terlarang lainnya.

Sebagai pengelola blog, teman-teman harus memperkenalkan diri dengan menyediakan halaman about, contact me, disclaimer, privacy policy agar terlihat profesional oleh Google.

Setelah persyaratan ini dirasa lengkap, berkunjunglah ke web Google Adsense dan melakukan pendaftaran dengan melengkapi data email serta web yang dikelola. Lalu kita akan diminta mengisi lokasi negara dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya kita juga akan dimintai identitas dan alamat pembayaran. Jika sudah, langkah terakhir adalah memasukan kode adsense ke kolom edit html setelah kode <head> atau sebelum kode </head> pada blog yang didaftarkan.

Selesai! Jika teman-teman pernah ditolak, biasanya jika mendaftar kembali, teman-teman hanya perlu mengisi data email dan web serta memasukan kode google adsense pada template melalui edit html (untuk blogspot ya ini).

Selanjutnya tunggu saja dalam jangka waktu beberapa hari karena verifikasinya tidak membutuhkan waktu lama sepengalaman saya. Jika masih ditolak berarti masih ada yang perlu diperbaiki hal-hal yang sudah saya jabarkan di atas yang menjadi faktor pengaruh persetujuan adsense. Jika tidak ditolak pasti teman-teman akan mendapatkan email seperti ini nantinya :)

email-persetujuan-google-adsense
Finally! Horay!

Sekian sudah ulasan ini. Jangan alergi dan kapok ditolak ya jika mencoba mendaftar google adsense tetapi belum berhasil. Semoga bermanfaat yaaa dan silahkan berkunjung kembali. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar. Artikel ini diikutsertakan minggu tema komunitas #1minggu1cerita dengan tema ALERGI.

Kata kunci: Google Adsense, SEO, Kunjungan Organik, Monetisasi Blog.








Karimah Iffia Rahman
Seorang perempuan sagitarius yang hidup dalam peran ganda sebagai istri, ibu, dan penulis lepas. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0

Related Posts

21 komentar

  1. Yeay! Bertambah lagi pemasukan, hihi.. Bikin makin semangat nulis dong yaa.. Semangat ibu Kafa! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mama bang rasyid. harus semangat biar cepet $100 wkkwkw

      Hapus
    2. AAMIIN.. receh demi receh akan segera terkumpul ya bu, duh.. Gemes kalo udah ngomongin Adsense ini :D

      Hapus
  2. Selamat mba Iffia, akhirnya lolos Adsense sesuai harapan 😍 semoga semakin semangat berkarya 💕

    BalasHapus
  3. udah tiga tahun aktif ads tapi karena gk fokus 3 tahun masih 300 k wkwkw parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tau gak fokusnya setiap bulan nulis berapa kali kak?

      Hapus
    2. kadang satu, dua kalau lagi mood bisa lima tapi kadang 2 bulan cuma satu :( Padahal sudah buat jadwal tetap

      Hapus
    3. sempat juga mikir kayak afiliansi n sejenis tawaran lain tapi giliran dapat email malah gk paham, berakhir terabaikan berapa kali. Duh kadang suka bingung sama kelakuan sendiri :;)

      Hapus
  4. Saya sih merasakan ada kegembiraan dari tulisan ini perihal pencapaian mendapatkan akun adsense. Sama sih saya pun senang sekali ketika dulu bisa mendapatkan akun adsense tinggal gimana caranya bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya, bukan begitu? -- Salam kenal dari Bandung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mas, tinggal bagaimana caranya untuk bisa mengoptimalkan iklan2 tersebut ya, jadi pelajaran lagi nih buat saya :D

      Hapus
  5. Memang ya adsense itu banyak bikin orang gregetan hehe. Saya dulu juga korban Adsense karena ditolak tapi lupa sih berapa kali. Berkali-kali ganti template tambah2in widget yang penting di blog dan buang-buang semua yang gak berguna.

    Tapi, pada akhirnya tetap gak bisa mengandalkan Adsense, susah sekali untuk optimalisasinya :( sekarang berjuangnya supaya blog gak berdebu aja deh hehe

    Btw salam kenal ya Mba, sepertinya baru kali ini berkunjung :)

    BalasHapus
  6. Wah selamat ya Ibu Kafa semoga tambah berkah blognya dengan adsense. Aku sendiri udh 4x ditolak adsense terus belum coba lagi hihi

    BalasHapus
  7. Congrats ya ibu kaffa, perjalanan yg panjang ya utk bsa aktif adsense..ku harus bersabar dlu kayaknya krna ngeblog blum setahun dan baru aja beli domain 😄

    BalasHapus
  8. Selamat ya kak! Ikut seneng deh bacanya. Saya juga awalnya penuh perjuangan banget dapatin adsanse ini.

    BalasHapus
  9. Saya keterima adsense itu bulan kemarin mbak, setelah sebelumnya di umur blog ke 3 bulan ditolak gegara covid. Terus saya ganti email dan coba daftar di umur blog 6 bulan, eh keterima dengan mudahnya. Bahkan gak perlu nunggu lama, kemarin rasanya nunggu 3 hari langsung dapet email.

    Walaupun masih banyak PR di blog sendiri, tapi dengan adanya iklan inj bisa menjadi penyemangat ya untuk diri sendiri hehe

    BalasHapus
  10. Infonya keren banget Ibu Kafa hehe. Saya juga jujur baru memulai langkah setelah beli domain beberapa minggu lalu. Masih banyak yang kudu dibenahi, terutama perkara konsistensi nulis mkwkwkw. Setelah baca tulisan ini, yakin deh emang kudu kokoh dulu pondasi blognya baru deh ngelamar k adsense hihi

    BalasHapus
  11. wiiiih, selamat yaaa sudah dapat adsense. Masih belum nyoba daftar lagi nih. Banyak yg perlu dibenahi dulu.

    Oh, kudu nambahin disclaimer, pirvacy policy yaa. okee noted. dicicil dulu

    Semoga makin semangat menulis dan mengumpulkan receh2 dolar yaaa Ibukafa.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah yaa akhirnya jebol hahhaa. Aku dulu juga didaftarin suamii, alhamdulillah langsung acc

    BalasHapus
  13. Selamattt tehimaaa, keren emang tehimaa tuh dari dulu. Aku dulu pernah punya semangat nulis jdi blogger yaa karna liat tehima, tp sekarang udah gak semangat lagii hiks😂

    BalasHapus
  14. Wahhh tampilannya baru ini.
    Selamat ya sudah terdaftar adsense, setelah perjuangan yang ngga sebentar.
    Btw blogspot partnership itu apakah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter