-->

Diabetasol, Pelengkap Nutrisi untuk Penderita Diabet

World Diabetes Day
Diabetasol Sweetener dan Diabetasol Powder, Pelengkap Nutrisi untuk Penderita Diabetes Militus 

Teman-teman pasti sepakat ya kalau saya bilang kesehatan itu mahal harganya. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Diberi sehat wal afiat oleh Tuhan adalah sebuah karunia yang sangat harus kita syukuri, karena jika kita sakit, maka tentu akan ada banyak kegiatan yang harus di tunda sebab kita harus beristirahat agar dapat mengembalikan kondisi tubuh pada sistem imun yang optimal seperti sedia kala.

Berbicara soal sakit, saat ini kita sedang dikelilingi oleh wabah Covid 19 yang mana virus patogen dari wabah tersebut mudah ditularkan dari manusia sebagai inang virus yang satu ke inang yang lainnya hanya dengan sebuah percikan atau droplet. Oleh sebab itu, setiap individu dari berbagai belahan dunia dihimbau untuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tubuh lebih higienis.

Tetapi yang perlu kita sadari dan waspadai, meski di tengah wabah, kita tidak boleh lengah oleh penyakit menular selain Covid 19 dan juga penyakit tidak menular lainnya seperti jantung koroner, stroke, dan juga diabetes militus. Berdasarkan Departemen Kesehatan RI (2008), Diabetes Militus (DM) adalah penyakit gangguan metabolik menahun yang lebih dikenal sebagai pembunuh manusia secara diam-diam atau silent killer.

Waspadai Diabetes Militus

Biasanya penderita diabet menyadari penyakit ini setelah terjadi komplikasi antara penyakit yang satu dengan yang lainnya seperti hipertensi, jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan kebutaan. Oleh sebab itu penyakit DM ini juga sering disebut sebagai mother of disease. Bahkan pada tahun 2005, WHO telah mencatat bahwa 2% dari 70% angka kematian dunia yang disebabkan oleh penyakit tidak menular berasal dari DM.

Adanya angka kematian yang berasal dari penyakit DM tentu sangat erat kaitannya dengan perilaku tidak sehat, diet tidak sehat, kurang beraktivitas fisik, merokok, obesistas, mengonsumsi alkohol, dan mempunyai berat badan berlebih serta sulit mengontrol emosi sehingga tekanan darah mudah naik. Sebagai anak dari orang tua yang memiliki riwayat medis terkait penyakit DM bagi saya informasi di atas sangat tidak baik.

Bersama Diabetasol Sayangi Dia
Saya dan Ibu

Mengapa? Karena setahu saya, meski penyakit DM ini tidak menular, namun secara genetik biasanya akan dapat menurun apabila tidak menjaga pola hidup yang sehat serta pola makan sehat dan gizi seimbang. Oleh sebab itu, secara sadar saya mencoba untuk menerapkan pola hidup yang sehat dengan cara menjaga berat badan, berusaha untuk beraktivitas fisik, rajin mengonsumsi buah-buahan, menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, mengurangi konsumsi junk food, tidak merokok dan mencari pasangan hidup yang tidak merokok, serta mengonsumsi gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bersama Diabetasol Sayangi Dia

Selain itu, sangat penting bagi saya untuk terus mengupgrade informasi seputar penyakit DM khususnya di Indonesia yang diulas oleh para tenaga medis serta stake holder yang kapabel. Salah satunya seperti mengikuti press release virtual yang diadakan oleh Diabetasol dalam rangka World Diabetes Day 2020 dengan tema “Bersama Diabetasol Sayangi Dia” pada Selasa 3 November 2020 pukul 10.00-12.00 WIB.

Acara tersebut diisi oleh narasumber yang telah bertahun-tahun konsisten mengedukasi masyarakat tentang penyakit DM yaitu Prof. DR. dr. Ketut Suastika, Sp.PD (KEMD) selaku pembicara pertama. Narasumber kedua ada Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FACE. Selanjutnya ada Dr. dr. Sony Wibisono, SpPD, KEMD, FINASIM. Terakhir adalah Tunghadi Indra selaku Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition.

jaga gula darah
Diabetasol, bantu jaga gula darah

Dalam acara tersebut, saya mendapat informasi bahwa Indonesia kini menjadi salah satu dari 10 negara terbesar di dunia dengan penderita DM tertinggi. Berdasarkan data dari IDF Diabetes Atlas (2019), Indonesia memiliki 10.7 juta penderita diabetes dan diprediksi meningkat menjadi 13.7 juta ketika 2030. Bahkan menurut dr. Ketut Suastika, penyakit DM menjadi pembunuh nomor tiga di Indonesia setelah jantung koroner dan stroke.

Oleh sebab itu, sejak tahun 1996, KALBE Nutritionals berupaya memberikan solusi untuk pola makan diabetes dengan melengkapi nutrisi harian penderita diabetes yang terdiri dari produk makanan pengganti (meal replacement) dan juga gula khusus penderita diabetes yang dikenal dengan brand Diabetasol.

Peran Caregiver untuk Penderita Diabetes

Tidak hanya itu, dalam rangka memperingati World Diabetes Day (WDD) yang diperingati setiap tanggal 14 November, KALBE Nutritionals juga memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya caregiver penderita DM. Bagi pihak Diabetasol, peran caregiver sangatlah penting untuk mempengaruhi kualitas hidup para penderita diabetes agar dapat menjaga gula darah tetap stabil sehingga tidak berujung komplikasi. Oleh sebab itu diambil lah tema Bersama Diabetasol, Sayangi Dia.

makanan untuk penderita diabetes
Bersama Diabetasol Jaga Gula Darah Ibu

Mungkin bagi sebagian orang peran caregiver penderita Diabetes terlihat mudah. Tetapi sering kali yang saya rasakan pun perlu konsisten, disiplin, dan niat yang kuat. Karena sering kali ketika salah satu anggota rumah yang bertugas sudah menyiapkan makanan dengan komposisi gizi seimbang untuk dikonsumsi sekeluarga, ada saja ujian dimana almarhum ayah ataupun ibu yang ingin mengonsumsi makanan lainnya yang mana makanan tersebut sebenarnya adalah makanan pantangan bagi penderita DM.

Di sinilah caregiver diuji. Tetapi setelah mengikuti seminar ini, berdasarkan pemaparan dr. Sidartawan, saya sadar bahwa sebenarnya makanan apapun sebenarnya tidak berpantang, tetapi yang perlu ditekankan adalah porsinya yang harus dijaga. Untuk penderita diabetes tentu porsinya tidak sebanyak anggota keluarga yang tidak menderita diabetes.

Diabetasol, Nutrisi untuk Diabetes

Selain itu, yang terpenting adalah caregiver selalu berupaya untuk menyediakan Diabetasol di rumah agar dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes sehingga nutrisinya tercukupi baik Diabetasol Powder (meal replacement atau nutrisi makanan pengganti) ataupun Diabetasol Sweetener (gula diabetes atau pemanis yang aman bagi penderita diabetes).

Karena Diabetasol ini diproduksi khusus untuk memenuhi kebutuhan nutri penderita diabetes. Oleh sebab itu di dalam Diabetasol pun mengandung Vita Digest Pro yang mengandung isomaltulosa sebagai karbohidrat lepas lambat untuk membuat kenyang lebih lama dan menjaga gula darah. Juga kaya akan sumber serat dan mengandung rendah indeks glikemik. Selain itu juga mengandung kalsium dan vitamin D.

Terakhir, Diabetasol juga disebutkan oleh bapak Tunghadi Indra mengandung Mineral, dan Vitamin A,C,E, serta Zinc yang diperuntukan sebagai antioksidan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Beliau juga menyarankan agar penderita DM mengonsumsi Diabetasol Powder 2 kali sehari, 4 sendok takar per saji sebagai pengganti makan pagi dan malam agar dapat membantu menjaga gula darah.

Pola makan diabetes
Nutrisi untuk Diabetes

Bapak Tunghadi juga menyebutkan bahwa Diabetasol Sweetener Zero Calorie yang bisa dikonsumsi untuk teman minum teh, kopi, jus, memasak, ataupun membuat kue ini diproduksi khusus untuk penderita diabetes agar dapat tetap menikmati manis tanpa khawatir gula darah meningkat. Bahkan kini hadir dengan rasa yang lebih nikmat tentunya dengan pemanis alami sorbitol. Terpenting, teman-teman tidak perlu khawatir rasa pemanisnya akan berubah karena rasanya akan tetap manis meski di suhu panas maupun dingin.

Rangkaian World Diabetes Day dari Diabetasol

Menarik sekali ya? Tetapi tidak hanya itu lho! Dalam rangka World Diabetes Day tahun ini, sebagai caregiver, saya juga senang sekali karena mendapatkan informasi bahwa Diabetasol mengadakan Rangkaian Kampanye World Diabetes Day yaitu edukasi lanjutan agar tenaga kesehatan dan caregiver berperan aktif menjaga kesehatan penderita Diabetes mulai dari Online Webinar pada 9-10 November di Sumatera bagian Utara, Makasar, Papua, Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Balikpapan, Bali, Manado, Gorontalo, Malang, Palembang, Lampung, dan Semarang.

Kegiatan tersebut bisa teman-teman akses di Facebook Diabetasol dan YouTube Diabetasol Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, kegiatan edukasi lainnya juga berada di beberapa negara lainnya di Asia seperti Filipina, Malaysia, Srilanka, dan Myanmar karena Diabetasol sudah terbukti mampu mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan tentang menjaga kesehatan penderita DM di Indonesia.

Selain itu juga ada Jurnalist Writing Competition yang pendaftarannya dibuka sampai akhir November 2020. Pembagian Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis dengan total dana kurang lebih 500 juta rupiah. Terakhir adalah ada promo pembelian Diabetasol di toko resmi Kalcare di Shopee. Jadi untuk teman-teman yang ingin menyediakan atau mengonsumsi Diabetasol Bersama Dia yang tercinta di rumah sebagai total solusi nutrisi yang tepat, i suggest you, this is your time!

Sekian, semoga ulasan pelengkap nutrisi untuk penderita DM ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar. Untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi website resmi Diabetasol dan akun instagram @diabetasol_id.

Karimah Iffia Rahman
Seorang perempuan sagitarius yang hidup dalam peran ganda sebagai istri, ibu, dan penulis lepas. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0

Related Posts

83 komentar

  1. Setuju bangeet, kalo kesehatan itu mihil banget. Selayaknya kita pun menjaganya semasa hidup. Hiks penyakit diabet ini emang menakutkan banget, baru semalem Saudara terdekatku meninggal gara2 diabets. Semoga makin banyak yang peduli akan kesehatan dan mengkonsumsi diabetasol untuk kesehatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ingat nenekku sendiri meninggal karena diabetes. Memang tak ada yang menjaga pola makannya seja kecil karena belum ada pengetahuan untuk itu. Keluargaku belajar banyak tentang diabetes dan berusaha menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

      Hapus
  2. Semoga Ibu selalu diberikan kesehatan ya Mbak.. bukan hanya pemilik genetik aja, kita semua juga harus mulai menjalani pola hidup sehat untuk menghindari penyakit berbahaya.. ^^

    BalasHapus
  3. Caregiver diabetes ini sebenarnya sangat menderita batinnya. Satu sisi berupaya agar tetap sehat dengan tidak serta merta memberikan apapun yang bisa membuat bertambah sakit parah tapi satu sisi tidak tega menolak keinginanya

    BalasHapus
  4. aku ingat kakekku juga dulu minum ini mba.. asupan yang pas dan baik untuk penderita diabetes ya

    BalasHapus
  5. Penting bagi penderita diabet untuk mengkonsumsi diabetasol menurut saya. karena biasanya makanan orang diabet kurang nutrisi. Seperti nasi yang berasal dari beras kurang pulen, umbi-umbian, dan takut minum susu karena menghindari gula. Dengan diabetasol kadar gula dalam darah bisa terjaga, nutrisi untuk penderita diabet juga terjamin.

    BalasHapus
  6. Wah, aku jadi tergerak untuk cek gula darah, karena nenek dan mama punya diabet. Sudah pakai diabetasol buat pengganti gula pasir.

    Semoga ibunya sehat2 ya Kak.

    BalasHapus
  7. Mertuaku almarhumah itu diabetes mba. Hal yang sama juga dialami oleh eyangku. Jadinya aku dan suami karena rentan kena diabetes selalu berusaha menjaga pola makan. DIabetasol ini sudah dipercaya terbaik deh

    BalasHapus
  8. jadi ingat Alm. Bapak dulu, Beliau juga diabetes dan makanannya sangat dijaga.
    gulanya pun khusus.
    sekarang udah makin banyak ya produk tuk penderita DM ini.
    sayangnya dulu belum kenal Diabetasol ini.
    Moga Ibunya sehat-sehat selalu ya Mbak :)

    BalasHapus
  9. Penyakit Tudak Menular tapi dapat menurun, wah ini yang harus diwaspadai Mbak. Selama ini kita fokus menghindari penyakita yang disebabkan penularan, tapi justru yang tidak menular yang bahaya. Tapi apapun itu, semoga kita semua diberi kesehatan fisik dan mental Amiin

    BalasHapus
  10. Kedua orangtuaku pengidap diabetes. Bapak sudah terapi insulin, ibu terapi obat minum. Dan Beliau berdua sudah 81 dan 75 tahun dengan kondisi sehat terkontrol DM-nya. Diantaranya berkat minum Diabetasol sejak lama:)

    BalasHapus
  11. Kalau kesehatan itu mahal, yes memang benar adanya. Dan semua orang pun tak mau sakit, tapi kebanyakan dari kita abai betapa berharganya sehat itu.

    Untuk itu,ada baiknya kita sadar dari sekarang dengan memulai gaya hidup sehat sebelum terlambat ya kak,dan tentunya selain asupan makanan yang sehat kita juga bisa support dengan rutin minum Diabetasol ya.

    BalasHapus
  12. Diabet memang salah satu penyakit yg cukup berbahaya juga. Apa lagi aku punya keturunan keluarga yg diabet. Sampai ada tanteku kena stroke krn diabet.

    Mengganti gula dan mengatur pola makan juga sangat penting ya ka

    BalasHapus
  13. Wah ini produk dari zaman dulu sudah ada ya, sudah sering mendengar baru tau detailnya pas baca blog ini...hehe. Btw banyak penyakit tidak menular yang berbahaya dan carrier ya mba jadi memang harus waspada.

    BalasHapus
  14. Betul Mbak, kita tetap harus waspada, meski diabetes merupakan penyakit tidak menular, tetapi kita harus mewaspadainya. Tetap jaga kesehatan dengan menjalani pola hidup sehat.

    BalasHapus
  15. Miris banget Indonesia termasuk penderita DM yang tinggi ya Mba. Sangat penting sekali untuk selalu menjaga pola makan dan gaya hidup, supaya tidak mudah sakit, seperti DM.

    Untuk pencegahan dari luar, bisa mengonsumsi Diabetasol, supaya asupan gizi penderita DM bisa terkontrol dengan baik.

    Semoga Ibu diberikan kesehatan dan disembuhkan dari sakit DM yang dideritanya. Dan semoga kita semua selalu dilindungi dan dijauhkan dari segala penyakit, aaamiiin

    BalasHapus
  16. iya mbak, untuk orang diabetes, harus diatur pola makannya ya. suami saya juga carier dari ibunya, jadi memang harus diperhatikan banget. sekarang mungkin ga kerasa, nanti semakin usia beranjak tua, baru kerasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diabetes militus memang silent killer, gak pilih mau laki-laki mau perempuan, mau tua atau muda. Gak kenal usia.

      Hapus
    2. DM ini tidak menular tapi menurun ya..jadi memang harus hati2 terutama yg ada sejarah DM di kelg-nya.

      Hapus
  17. Saya tidak tahu, apakah orang tua saya dulu mempunyai diabetes atau tidak. Saya sendiri juga belum pernah cek gula darah, mau cek takut, he he . . . Tapi saya sudah mulai mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis. Mungkin boleh juga coba Diabetasol ini.

    BalasHapus
  18. 2 tahun lalu ibuku kena diabetes, hiks rasanya sedih banget karena berat badannya turun drastis. Jadi emang sekarang makannya harus dikontrol dan pake gula khusus penderita diabetes.

    BalasHapus
  19. Diabetasol memang pilihan terbaik untuk penderita diabet ya bu. Sebagai generasi yang punya keturunan penyakit gula darah, memang harus pintar-pintar jaga makan dan mengatur pola hidup sehat ya bu, supaya terhindar dari penyakit ini.

    Salam sehat untuk kita semua :)

    BalasHapus
  20. Pernah lihat tetangga yang kena diabetes, kakinya kalo luka gak sembuh2, katanya urinenya juga sering dihinggapi semut, apakah karena manis ya urinenya? diabetasol kehadiranya tentu dinanti para penderita untuk kembali pulih.

    BalasHapus
  21. Mertuaku jg mulai pake diabetasol meskipun belum ad kecenderungan gula darah cuma katanya jaga jaga faktor usia

    BalasHapus
  22. Caregiver ini penting banget untuk penderita diabetes, khususnya yang sudah berusia lanjut. Saya punya kenalan senior di Bali, seorang ibu, sudah 50 tahun usianya, tapi masih menjadi caregiver bagi ayahnya yang sudah sangat sepuh dan diabetes, usia di atas 70 tahun. Itu harus telitiiii banget, bahkan punya jam dan alarm khusus.

    BalasHapus
  23. Pamanku meninggal karena diabetet mbak. jempol kakinya membusuk dan terpaksa diamputasi. ipar saya juga dideteksi kena diabet. sedih rasanya. penyakit ini kayak biasa tapi nyeremin juga ya.harus hati hati konsumsi makanan nih

    BalasHapus
  24. Emang bener sehat itu baru terasa mahal, kalo udah sakit. Padahal banyak cara mudah dan murah biar tubuh tetap sehat. Diabetasol ini bagus nih, adek nenek saya mengkonsumsi ini juga Mba :)

    BalasHapus
  25. Ayahku juga diabetes nih. Benar-benar pola makannya harus diperhatikan ya. Ayahku juga minum diabetasol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo aku ibuku mbak. Tapi bapak stroke.

      Ya Alloh ancaman kesehatan bener2 di depan mata tapi kadang kita mengabaikan klo kita bisa mengidap hal serupa klo ga jaga gaya hidup ya mbak :(

      Hapus
  26. Seneng ya kalau ada produk yang dikhususkan begini, bikin lebih nyaman dan aman dipakainya ketika ada keperluan khusus terkait kesehatan seperti diabetes mellitus ini. Dari produsen tepercaya, pula.

    BalasHapus
  27. Diabetasol ini sangat membantu para penderita diabetes mendapatkan asupan nutrisi tambahan ya. Papaku ya diabetes. Pada awal terdiagnosa, wah sedih banget rasanya melihat beliau, mana harus jaga makanan, pantang makanan yang disukai dan sebagainya. Syukurlah sekarang sudah mau berdamai dan akhirnya menjalani keseharian dengan panduan kesehatan yang dianjurkan + konsumsi nutrisi tambahan.

    BalasHapus
  28. Ayah saya juga punya riwayat penyakit diabetes, dan menang produk ini bagus banget buat penderita Diabetes.

    BalasHapus
  29. Pembicaranya bagus2 ya mbak orang kompeten, memang harus di akui caregiver ini sangat membantu banget orang2 yg mengalami DM. Btw, mbak mirip bgt sm ibunya

    BalasHapus
  30. Masyaallah, diabetes ini adalah salah satu penyakit terbanyak yang ada di sekitarku. Semangat para pejuang diabetes, untunglah sudah banyak yang aware dengan penyakit ini. Produk diabetasol memang terkenal bagus untuk penderita diabetes.

    BalasHapus
  31. Semoga ibunya sehat selalu yaa, Mba, amiiin.

    Diabetes memang menakutkan yaa, semoga kita semua terhindar dari penyakit menakutkan ini, amiiin

    BalasHapus
  32. saya juga ikutan acaranya mbak, dan dapat banyak banget insight buat ngebantu mama saya yang emang penderita diabetes melitus tipe 2 :)

    BalasHapus
  33. Senangnya bisa melihat ibu kakak yang masih sehat. Semoga selalu diberikan kesehatan untuk ibu ya, ka :)

    btw, memang ya penyakit diabet ini harus bisa dicegah, apa lagi kalau punya riwayat turunan.

    Aku juga harus mulai mencegah dengan mengantur pola makan dan hidup yang sehat. mau coba ganti gulanya dl deh

    BalasHapus
  34. Keluarga kami turunan diabetes, dari sejak muda sudah menghindaru yang namanya gula. Sebagai pengganti akhurnya pakai gula diabetasol juga

    BalasHapus
  35. Bukan mahal lagi mba kalau menurut saya, tapi tak ternilai harganya sehat itu. Aku suka banget deh foto yang mba sama ibunya senyum barengan, jadi nularin happy-nya sampai sini. Aku yang lagi bete jadi ikut senyum.

    Seneng deh sekarang udah ada diabetasol yang membantu para penderita diabetes untuk memenuhi asupan nutrisinya. Kaya mineral sama vitamin dan zincyang bisa menjadi antioksidan ya.

    Tinggi juga ya jumlah penderita diabetes di Indonesia

    BalasHapus
  36. Sehat2 terus ya kak Iff dan Ibuknya. Ngomongin soal Diabetasol, aku pernah ngasih ke Ayahku, ganti gulanya, tapi mungkin karena kurang terbiasa, gamau mkwkw. Memang sih gada turunan DM, tapi kan mencegah lebih baik. Coba deh aku ajak Ayahku rutin konsumsi Diabetasol

    BalasHapus
  37. Diabetes ini penyakit tidak menular tetapi mesti diwaspadai ya. Perlu sekali menjaga asupan gula. Semoga ibu sehat-sehat selalu ya, Mbak.

    BalasHapus
  38. Almarhum bapak mertua juga dulu minum diabetasol ketika diabet nya udh dinyatakan parah banget.

    BalasHapus
  39. bener bnget, emg diabetasol produk terbaik dan terlengkap menurutku. krn kualitasnya terjamin. bahkan beberapa saudaraku yg punya DM kronis jug mengkonsumsi produk ini,

    BalasHapus
  40. Setuju banget mba. Sehat itu memang harus kita jaga ya. Ngomongin soal Diabetes ini ngeri ya bisa kena bukan hanya kepada orangtua saja. Tapi anak-anak dan remaja pun bisa berpotensi ya.

    Adanya diabetasol ini ngebantu banget untuk menjaga kita dari potensi diabetes ini.

    BalasHapus
  41. Di keluarga besar aku juga banyak menghadapi masalah dengan diabetes mbaaa.. sedih kala lihat semua dampak negatifnya yaaa

    BalasHapus
  42. Saya juga terbiasa pakai diabetasol saat membuat minuman mbak...kadang cukup 1 sachet saja supaya tidak terlalu manis. Memang DM itu penyakit yang menakutkan ya, sama seperti hipertensi, termasuk penyakit turunan. Kadang jika orang tua sudah terserang DM, bisa jadi nurun ke anak. Ini yang harus diwaspadai. Jaga pola makan, olahraga teratur, menjadi cara mempertahankan kadar gula dalam darah kita.

    BalasHapus
  43. Memang ya harus bisa mencegahnya sejak dini. Apa lagi kalau yg punya turunan dr keluarga ya ka 😊

    BalasHapus
  44. Nutrisi khusus untuk penderita diabetes, huhuu jadi inget pamanku yang mengkonsumsi ini juga tapi sayangnya ga ketolong lagii, semoga makin banyak yang sadar dan peduli dengan kesehatan terutama penyakit satu ini.

    BalasHapus
  45. allhamdulillah emak mertua udah make ini mbak iffi. Kebetulan kemarin dirawat inap karena diabetnya tinggi. Semoga lekas membaik ya Rabb, yang punya riwayat diabet. Soalnya liat emak sekarang kaki dan tangna kirinya lemes ga bisa gerak karena diabet itu bikin ningatin diri untuk jaga diri.

    BalasHapus
  46. agak serem dan worry sebenarnya pas denger silent killer ini, karena meski meski ga menurun tetap memiliki faktor resiko ya, mana abah dan bapak mertua memililki penyakit yang masuk 3 besar siletn killer itu. makanya, bener banget nih, sekarang lagi rajin banget mengurangi makan2 berkalori tinggi, kurangi jajan, dan banyakin gerak. semoga kita semua sehat selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Ayah dan Ayah mertua kak Ghin selalu sehat dan bisa hidup damai dengan diabet ya. Baca komennya jadi ikut ngerasain perjuangan penderita DM. Emang lebih baik mencegah daripada mengobati ya, jadi pengen buruan beli Diabetasol nih

      Hapus
  47. Aku seneng ada diabetasol ini mbak. Membantu aku banget nih buat menjaga kesehatan orangtua juga mertua aku terutama dari diabetes ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul ya, penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja. Tetangga dan saudara ada yang kena. Kadang kalo udah kena luka sulit banget sembuhnya.

      Hapus
  48. Semoga ibu slalu sehat ya mba, produk diabetasol ini ngebantu bgt ya buat para diabets

    BalasHapus
  49. Peran caregiver itu nggak semudah yang dibayangkan orang awam yang nggak atau belum mengalaminya memang ya. Merawat diabetesi itu butuh ketelatenan. Dan sebagai anak dari diabetesi tipe 2 ini, saya termasuk yang deg degan. Makanya mulai jaga pola makan dan pola hidup nih.

    BalasHapus
  50. Penting banget memperhatikan nutrisi untuk diabetes, di keluarga saya pun ada yaitu ibu saya. Semoga saja ibu kita semua sehat selalu 😊

    BalasHapus
  51. Penyakit yang paling serem buat aku, kalau nggak kanker ya diabetes dan ginjal. Duh, naudzubillahi min dzalik, tapi pada dasarnya semua penyakit itu menakutkan ya Makk, untuk itu kita butuh menjaga pola hidup sehat dan memberi asupan nutrisi terbaik untuk tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Moms, akutu juga takut kalau mulai bahas kanker, DM, ginjal. Semoga orangtua saya dijauhin dari ginian deh. Sama nanti calon suami juga hehe, aamiin!

      Hapus
  52. reminder buat aku banget nih, buat menjaga asupan makanan, dan gaya hidup agar terhindar dari sakit yang berbahaya begini

    BalasHapus
  53. Menghadapi penderita DM memang harus sabar dan telaten ya Mba. Karena setau aku penderita DM sangat moody dan itu bs memengaruhi kadar guldar + tensi darah juga. Diabetasol adalah salah satu asupan nutrisi bergizi dalam bentuk yang praktis dan mudah dikonsumsi.

    BalasHapus
  54. sehat itu mahal, penting memang kita jaga kesehatan ya kak. kurangi makan yang aneh2 deh sekarang, lebih baik banyakin makan sayur dan buah

    BalasHapus
  55. Punya ibu yang ada diabet juga.

    Jadi kmren ikut live dari diabetasol biar lebih aware dan tau penderita diabet itu harus gimana sih.

    Apalagi aku pasti ada potensi mengidap hal yang sama ..

    Byk hal baru yg baru ngerti kmren itu aku kak

    BalasHapus
  56. Semoga ibu sehat selalu ya mba. Semoga para caregiver juga diberikan kesehatan dan kesabaran. Untung ada diabetasol yang membantu dan memberi solusi asupan nutrisi bergizi.

    BalasHapus
  57. Subhanallah bener banget, kesehatan itu mahal ya...dengan diabetasok jadi salah satu alternatif pola hidup para penyintas diabetes ya mbak

    BalasHapus
  58. Bener Ibu Kafa sehat itu mahal. Semoga keluarga selalu diberikan kesehatan dijauhkan dari diabet. Semoga diabetasol jadi lantaran dijauhkan dari diabet.

    BalasHapus
  59. Alhamdulillah aku yang juga turut terbantu banget dengan adanya produk ini mbak. Soalnya emak mertua konsumsi ini juga jadi mending

    BalasHapus
  60. Diabetasol ini keren ya banyak melakukan edukasi kepada masyarakat soal diabetes ini. Soalnya masih banyak orang yang masih kurang paham termasuk saya pribadi soal penanganan dan perawatan penderita diabetes

    BalasHapus
  61. yang menakutkan penyakit ini karena katanya penyakit turunan ya, Anak yang orangtuanya pernah terkena diabet, harus lebih waspada dalam menjaga pola hidup sehat. Apalagi zaman sekarang sudah banyak penunjang makanan sehat seperti diabetasol.

    BalasHapus
  62. Semoga ibu cepat semub dan sehat selalu ya, mbak. Diabetasol ini bermanfaat banget untuk penderita diabetes dan juga ingin yang mengkonsumsinya supaya menjadi sehat dan bebas dari penyakit diabetes

    BalasHapus
  63. Ka iff. Sehat2 yaa sama ibuuu. Terharu dehhh.
    Mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allaah dan dibantu diabetasol untuk jaga gula darah biar terus bisa terkontrol ya kak

    BalasHapus
  64. Diabet adalah penyakit yang disebabkan oleh genetik, gaya hidup dan perilaku. Bagus Kalbe Farma selalu melakukan edukasi tentang diabetis sekalian memperkenalkan produknya Diabetsol.

    BalasHapus
  65. Jadi beneran pola hidup kita yang mesti di jaga yaa, meski DM bukan penyakit menular tapi khawatir kalo penyakit turunan. Sehat itu sesuatuu yang mesti kita jagaa, untuk ada Diabetasol yang bisa menjadi teman sehat

    BalasHapus
  66. ibuku juga aku beliin diabetasol kak, buat seimbangin nutisi ditubuh sih, smeoga cocok karna belum ada sebulan mulai konsumsinya

    oiya ibuki punya diabet juga, sedih

    BalasHapus
  67. Adik iparku beberapa waktu lalu kena diabetes kak. badannya yg gemuk lgsg turun drastis. sedih liatnya. semoga bisa membaik dengan diabetasol ya.

    BalasHapus
  68. Alhamdullilah banget Diabetasol ya?
    Nenek saya dulu juga diabetes, tapi kayanya belum ada diabetasol deh
    Sehingga apa apa dilarang.
    Ngga bisa minum manis itu siksaan buat dia

    BalasHapus
  69. Salah satu penyakit yang menakutkan, menjadi silent killer juga nih DM. Peran penting caregiver sangat dibutuhkan sekali bagi penderita DM. Sehingga mereka bisa ada yg mengontrol dalam mengkonsumsi makanan dan juga obat2annya. Thanks for sharing ;)

    BalasHapus
  70. Betul. Walau termasuk PTM tapi berpotensi banget menurun apalagi daru ayah ke anak perempuan :') dan bertahun-tahun ayahku DM, pe er buat aku menjaga gaya hidup dan pola makan seimbang, sehat bergizi.

    Salut sama Diabetasol yang ngga hanya peduli para diabetesi tapi juga caregiver nya.
    Btw aku tertarik dengan journalist writing competition nya nuh

    BalasHapus
  71. Seneng banget lihat kak Iffa dan ibu sama-sama Happy. Memang kesehatan itu mahal banget ya mbak, kalau kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobatii. Semoga ibunda selalu sehat ya mbak. Keren nih diabetasol ngadain acaranya eh ternyata ada di Semarang jugaa

    BalasHapus
  72. Saya punya saudara yang sakit diabetes, jadi bener bener dijaga pola makannya. Setelah baca ini baru tau ternyata penderita diabetes boleh makan apa saja tapi perhatikan porsinya. Diabetasol sangat membantu para penderita diabetes

    BalasHapus
  73. Jadi inget cerita teman yang menderita gula darah tinggi. Dia disarankan oleh dokternya untuk tidak mengonsumsi obat-obatan. Karena bisa merusak organ lain yang masih sehat. Ya memang paling bener diasup sama nutrisi begini biar mekanisme self-healing tubuh bisa lebih cepat.

    BalasHapus
  74. DM ini salah satu penyakit yang harus diwaspadai bukan hanya oleh Orang tua, namun sebaiknya dikenali sedini mungkin, terutama yang di Keluarganya memang ada riwayat sebelumnya ya. Ikut senang dengan adanya Diabetasol ini, dulu pamanku gak tertolong, dari awal pengobatannya memang alakadarnya di Kampung :( Salam sehat selalu untuk Ibu ya Mba :)

    BalasHapus
  75. Cukup banyak yg terkena diabetes ini. Syukurlah jika di keluargaku ga ada yg kena. Tetapi tetap waspada dan mulai mengurangi makan yg manis-manis.

    BalasHapus
  76. Tapi bener ga sih, DM ini menurun secara genetik? Soalnya Tante pengidap DM tetapi bapak saya tidak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter