Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Monetisasi Blogger Ke Adsense: Kalau Ditolak Jangan Alergi!

cara daftar google adsense
Pengalaman Mendaftar Google Adsense

Cara Monetisasi Blogger Ke Adsense

Yey! Tulisan ini adalah tulisan selebrasi setelah sekian lama ngeblog dan akhirnya memutuskan untuk mengisi blog minimal #1minggu1cerita. Agustus tahun lalu saya memutuskan untuk membeli domain. Saat itu pula saya memutuskan untuk langsung memasang Google Analytic, Google Search Console, daftar Google Adsense, dan bergabung di komunitas bloger yaitu Komunitas Bloger Perempuan dan Komunitas #1minggu1cerita.

Jangan Alergi Daftar Google Adsense

Paling konyol memang ya pas daftar adsense ini, HAHA. Gak kepikiran dan sebelum daftar gak nanya-nanya sama yang sudah expert ngeblog si amatir ini alias saya. Namanya domain baru pastilah semua rekam jejaknya seperti beli bensin di pom bensin, dimulai dari 0. Tapi karena ketidaktahuan saya akan hal ini, saya percaya diri saja memonetisasi blog ini dengan mendaftar adsense.

PENGALAMAN MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE

Percobaan  pertama suami yang mendaftarkan, gagal. Percobaan kedua masih suami yang mencoba mendaftarkan dan gagal. Akhirnya bertanya kepada Mas Bimo, Mas Bimo bilang kalau sekali gagal biasanya akan sulit untuk disetujui untuk yang selanjutnya. Mendadak semangat menulis turun karena salah satu peluang monetisasi tak terlihat hilalnya. Ah ya sudahlah...

Beberapa bulan kemudian mencoba memperbaiki blog, mulai dari ganti template sampai dengan postingan-postingan yang dirasa kurang baik performanya, baik dari segi penulisan maupun gambar. Waktu itu belum mikirin oppa seo on page dan off page. Karena merasa pusing duluan, dan belum mampu serius ngeblog mengingat urusan di dunia nyata lebih ruwet ketimbang dunia blog.

Iseng daftar adsense lagi, masih saja gagal. Akhirnya mulai penasaran dan tanya dengan beberapa teman di komunitas bloger, mengapa oh mengapaaaa. Ada yang bilang identitas harus sesuai dan nyata. Oleh karena itu blog kita perlu ada contact person, disclaimer, privacy policy, about dan sejenisnya.

Masih sama, belum berbalas juga kesempatan disetujui oleh Google. Bahkan sempat ada balasan surat elektronik yang berbunyi blog ini ada yang menyalahi kebijakan dan aturan yang sudah mereka tentukan. Hiks.

Akhirnya saya pun mengarsipkan beberapa tulisan yang dirasa berbau eco-politik yang pernah ditulis sewaktu kuliah. Tanya sana sini lagi, akhirnya di sarankan untuk mengganti template. Sejak domain ini berbayar, saya sudah mengganti template kurang lebih sebanyak 4 kali dan ini adalah template terakhir yang baru saja terpasang. Namun masih sama, GAGAL. Akhirnya saya memutuskan untuk mengerjakan fokus lain dan mendengarkan kata Mas Bimo.

"Masih ada banyak cara untuk memonetisasi blog, tidak harus berfokus pada adsense" Begitu ujarnya.

MONETISASI BLOG

Tapi memang benar. Setelah saya semakin mendalami dunia perblogan, usut punya usut ada banyak sekali cara memonetisasi blog. Bisa dengan membuat blogpost berbayar, review barang maupun jasa, jasa content placment dan tanam backlink, menggunakan iklan afiliasi, dan juga menggunakan iklan berbayar selain google adsense. Tapi ternyata ya tidak semudah itu. Karena dunia perblogan yang saya alami kini saya melihatnya dengan kacamata yang berbeda.

Bukan lagi sekedar menulis.

Terkendala oleh iklan Google yang tak kunjung disetujui, akhirnya saya mencoba jalan cepat dengan mendaftar pada iklan selain Google. Berhasil sih, langsung disetujui malah. Tapi ternyata sangat mengganggu konten sehingga pengunjung seperti tidak betah berlama-lama di blog ini karena sempat terjadi ngeklik apa yang keluar malah apa.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba afiliasi dari tempat saya membeli domain ini dan itu cukup menghibur hati walaupun yah belum tentu juga ada yang pakai kode referealnya, tapi kan ya siapa tau. Namanya juga usaha...

Santer juga terdengar dan berseliwiran form blogpost berbayar. Namun ternyata lagi-lagi kalah sebelum berperang. Syarat dan ketentuannya tidak dapat saya penuhi karena nilai DA/PA/SS harus sekian, page view harus sekian, dan masih banyak printilan lainnya.

Akhirnya ketika ada diskusi dari para bloger yang sudah expert saya menyimak. Ketika ada kelas-kelas khusus bloger yang diselenggarakan secara gratis, saya mencoba mendaftar, mencoba peruntungan untuk diangkut menjadi pesertanya.

PONDASI BLOG HARUS KOKOH

Oh! ternyata seperti itu... Dari hasil diskusi dan kelas-kelas tersebut, kemudian pelan-pelan saya mencoba memperbaiki kualitas pondasi blog ini. Mengikuti sesuai anjuran dari hasil diskusi dan kelas-kelas yang saya ikuti. Akhirnya domain authority perlahan berada di angka minimal sesuai persyaratan apabila ingin bekerja sama dengan agensi ataupun klien tertentu.

Beberapa blogpost di web ini pun akhirnya memiliki blogpost partnership walaupun sebenarnya sejak saya aktif menulis di beberapa media, ada juga beberapa blogpost partnership yang isinya adalah meresensi sebuah karya tulis baik cerpen maupun novel.

Tidak hanya DA/PA/SS saya juga mulai mencoba untuk membuat artikel yang seo friendly. Yaaaa walau keterbatasan waktu dan tenaga, sehingga hanya artikel baru yang saya optimalkan, karena butuh waktu untuk memperbaiki artikel-artikel lama.

Meski tingkat seo pada blog ini belum sempurna (yakin banget saya), tetapi alhamdulillah, artikel-artikel baru yang saya tulis ada beberapa yang mendatangkan pengunjung organik tanpa saya harus bersusah payah membagikan artikel tersebut ke media sosial.

Usut punya usut setelah diselidiki, ternyata beberapa artikel tersebut berada di halaman satu walaupun belum berada di tingkatan pertama. Lagi-lagi saya berucap syukur. Karena sudah ada pengunjung tetap setiap bulannya dari artikel tersebut, akhirnya saya memberanikan diri untuk bertemu dengan akun google adsense dan mendaftar kembali.

CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE

Cara mendaftarnya sama seperti sebelumnya. Teman-teman harus punya email dan blog. Usia teman-teman pendaftar juga harus di atas 18 tahun. Blog yang dikelola bukan blog yang baru saja dibuat, artinya blog pun harus memiliki minimal usia dan minimal memiliki konten yang bebas SARA, pornografi, plagiasi, dan konten terlarang lainnya.

Sebagai pengelola blog, teman-teman harus memperkenalkan diri dengan menyediakan halaman about, contact me, disclaimer, privacy policy agar terlihat profesional oleh Google.

Setelah persyaratan ini dirasa lengkap, berkunjunglah ke web Google Adsense dan melakukan pendaftaran dengan melengkapi data email serta web yang dikelola. Lalu kita akan diminta mengisi lokasi negara dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya kita juga akan dimintai identitas dan alamat pembayaran. Jika sudah, langkah terakhir adalah memasukan kode adsense ke kolom edit html setelah kode <head> atau sebelum kode </head> pada blog yang didaftarkan.

Selesai! Jika teman-teman pernah ditolak, biasanya jika mendaftar kembali, teman-teman hanya perlu mengisi data email dan web serta memasukan kode google adsense pada template melalui edit html (untuk blogspot ya ini).

Selanjutnya tunggu saja dalam jangka waktu beberapa hari karena verifikasinya tidak membutuhkan waktu lama sepengalaman saya. Jika masih ditolak berarti masih ada yang perlu diperbaiki hal-hal yang sudah saya jabarkan di atas yang menjadi faktor pengaruh persetujuan adsense. Jika tidak ditolak pasti teman-teman akan mendapatkan email seperti ini nantinya :)

email persetujuan google adsense
Finally! Horay!

Sekian sudah ulasan ini. Jangan alergi dan kapok ditolak ya jika mencoba mendaftar google adsense tetapi belum berhasil. Semoga bermanfaat yaaa dan silahkan berkunjung kembali. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar. Artikel ini diikutsertakan minggu tema komunitas #1minggu1cerita dengan tema ALERGI.

Kata kunci: Google Adsense, SEO, Kunjungan Organik, Monetisasi Blog.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

64 komentar untuk "Cara Monetisasi Blogger Ke Adsense: Kalau Ditolak Jangan Alergi!"

  1. Yeay! Bertambah lagi pemasukan, hihi.. Bikin makin semangat nulis dong yaa.. Semangat ibu Kafa! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mama bang rasyid. harus semangat biar cepet $100 wkkwkw

      Hapus
    2. AAMIIN.. receh demi receh akan segera terkumpul ya bu, duh.. Gemes kalo udah ngomongin Adsense ini :D

      Hapus
  2. Selamat mba Iffia, akhirnya lolos Adsense sesuai harapan 😍 semoga semakin semangat berkarya 💕

    BalasHapus
  3. udah tiga tahun aktif ads tapi karena gk fokus 3 tahun masih 300 k wkwkw parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tau gak fokusnya setiap bulan nulis berapa kali kak?

      Hapus
    2. kadang satu, dua kalau lagi mood bisa lima tapi kadang 2 bulan cuma satu :( Padahal sudah buat jadwal tetap

      Hapus
    3. sempat juga mikir kayak afiliansi n sejenis tawaran lain tapi giliran dapat email malah gk paham, berakhir terabaikan berapa kali. Duh kadang suka bingung sama kelakuan sendiri :;)

      Hapus
  4. Saya sih merasakan ada kegembiraan dari tulisan ini perihal pencapaian mendapatkan akun adsense. Sama sih saya pun senang sekali ketika dulu bisa mendapatkan akun adsense tinggal gimana caranya bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya, bukan begitu? -- Salam kenal dari Bandung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mas, tinggal bagaimana caranya untuk bisa mengoptimalkan iklan2 tersebut ya, jadi pelajaran lagi nih buat saya :D

      Hapus
  5. Memang ya adsense itu banyak bikin orang gregetan hehe. Saya dulu juga korban Adsense karena ditolak tapi lupa sih berapa kali. Berkali-kali ganti template tambah2in widget yang penting di blog dan buang-buang semua yang gak berguna.

    Tapi, pada akhirnya tetap gak bisa mengandalkan Adsense, susah sekali untuk optimalisasinya :( sekarang berjuangnya supaya blog gak berdebu aja deh hehe

    Btw salam kenal ya Mba, sepertinya baru kali ini berkunjung :)

    BalasHapus
  6. Wah selamat ya Ibu Kafa semoga tambah berkah blognya dengan adsense. Aku sendiri udh 4x ditolak adsense terus belum coba lagi hihi

    BalasHapus
  7. Congrats ya ibu kaffa, perjalanan yg panjang ya utk bsa aktif adsense..ku harus bersabar dlu kayaknya krna ngeblog blum setahun dan baru aja beli domain 😄

    BalasHapus
  8. Selamat ya kak! Ikut seneng deh bacanya. Saya juga awalnya penuh perjuangan banget dapatin adsanse ini.

    BalasHapus
  9. Saya keterima adsense itu bulan kemarin mbak, setelah sebelumnya di umur blog ke 3 bulan ditolak gegara covid. Terus saya ganti email dan coba daftar di umur blog 6 bulan, eh keterima dengan mudahnya. Bahkan gak perlu nunggu lama, kemarin rasanya nunggu 3 hari langsung dapet email.

    Walaupun masih banyak PR di blog sendiri, tapi dengan adanya iklan inj bisa menjadi penyemangat ya untuk diri sendiri hehe

    BalasHapus
  10. Infonya keren banget Ibu Kafa hehe. Saya juga jujur baru memulai langkah setelah beli domain beberapa minggu lalu. Masih banyak yang kudu dibenahi, terutama perkara konsistensi nulis mkwkwkw. Setelah baca tulisan ini, yakin deh emang kudu kokoh dulu pondasi blognya baru deh ngelamar k adsense hihi

    BalasHapus
  11. wiiiih, selamat yaaa sudah dapat adsense. Masih belum nyoba daftar lagi nih. Banyak yg perlu dibenahi dulu.

    Oh, kudu nambahin disclaimer, pirvacy policy yaa. okee noted. dicicil dulu

    Semoga makin semangat menulis dan mengumpulkan receh2 dolar yaaa Ibukafa.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah yaa akhirnya jebol hahhaa. Aku dulu juga didaftarin suamii, alhamdulillah langsung acc

    BalasHapus
  13. Selamattt tehimaaa, keren emang tehimaa tuh dari dulu. Aku dulu pernah punya semangat nulis jdi blogger yaa karna liat tehima, tp sekarang udah gak semangat lagii hiks😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada ijul, makasih ijul sudah mampir. ayo semangat ngeblog lagi, mayan loh cuan banget kalo mau konsisten mah :D

      Hapus
  14. Wahhh tampilannya baru ini.
    Selamat ya sudah terdaftar adsense, setelah perjuangan yang ngga sebentar.
    Btw blogspot partnership itu apakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tampilan lama teh iniiii, cuma baru ada iklan2 aja. blogpost partnership itu blogpost berbayar teh biasanya kerja sama dengan pihak tertentu...

      Hapus
  15. Barusan banget tadi pagi saya daftar Adsense, namun nampaknya gagal. Setelah baca tulisan di blog ini, saya baru faham. Waah ternyata ga bisa langsung, harus ada proses lain dulu, isi blog harus dibikin lebih bagus, tema tampilannya jg, dan sebagainya. Btw, thanks udah sharing kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa betul itu ka, ibarat kata kalo ga menarik dan ga ada pengunjung masa iya abang google mau kerja sama dengan kita, hehe... cmiiw

      Hapus
  16. Aku juga gagal maning terus nih udah 2x ngajuin google adsense hehe.. kyknya mau dirajinin 1 minggu 1 post dulu deh.. baru ngajuin lagi

    BalasHapus
  17. wahhh congrats yaa mbak udah diterima adsense.... jadi pengen share cerita juga ttg dulu awal mula diterima adsense.

    dulu saya nulis artikel sampai 1500 kata per artikel, sampai sekitar 10-an artikel dengan umur blog 4 bulan.

    gitu apply GA, langsung diterima, alamdulilla. tapi ada kendala lain yg saya hadapi, setela mencapai $10 harus lakukan verifikasi baik itu melalui PIN google atau kartu identitas.

    Yang terakhir adalah tantangan menunggu $100-nya, kwkwk,,, saya nunggu sampai 15 bulan, baru pecah telur. kalo sekarang alamdulilah, 5 bulan udah bisa payout. harapannya 3 bulan bisa payout...

    sekali lagi selamat ya mbak

    BalasHapus
  18. Selamat mbak Karimah udah lolos adsensenya :) memang ketika kita ketika kita berjuang dan berusahan kemudian kita berdoa, pasti Allah akan mengabulkan doa doa kita

    BalasHapus
  19. Saya sudah berulang kali gagal mulai dulu youtube hingga blog yg jarang diurus jadi viewer nya tidak mencukupi

    BalasHapus
  20. terima kasih infonya kak
    udah lama saya pingin pasang adsense
    tapi belum jelas banget tata caranya
    ini mau nyoba dulu

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah ada yang nulis ini.. penasaran banget sama adsense, tapi nggak kunjung mendaftar karena nggak paham :')

    BalasHapus
  22. Aku sejak dua bulan lalu coba daftar adsense tapi tak kunjung dapat info lagi. Bisa dicoba nih tipsnya.

    BalasHapus
  23. Aku dulu yang pertama di tolak sih, baru yg kedua ngajuin diterima. Tapi bener banget loh ya, monetisasi bukan cuma adsense aja, banyak juga cara lain

    BalasHapus
  24. Kalo ngomongin Adsense, aku pasti merasa jadi blogger paling aneh. 3 tahun ngeblog dan ga sama sekali ingin pasang Google Adsense. Ya ampun :( Tapi setiap orang pasti punya pertimbangan masing-masing, ya kan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa mbak, mbaknya gak sendirian kok. Banyak yang sampai sekarang masih belum nge-Adsense. Nanti akan ada masanya, kita merasa butuh banget buat daftar dan tertarik sama yang namanya adsense ini :)

      Hapus
  25. Tidak ada yang serba instan, masak mie saja tetap harus manaskan air. Kualitas dan kredibilitas jelas harus ada, gogel ga mau bayar kalau tidak memberikan hasil yg maksimal, yekan...

    BalasHapus
  26. Wah selamat ya mbak, saya nih yang sering banget gagal Daftar Adsense, tapikadang emang gak suka juga sih di blog banyak iklannya. Suka mengganggu konsentrasi baca. Jadi akuputuskan ga daftar Adsense aja karena faktor itu hehe

    BalasHapus
  27. Kayaknya dulu pas daftar Adsense langsung diterima deh. Dibantu suami soalnya wkwk.. soalnya seingat saya gak ada drama nunggu maupun ditolak. Alhamdulillah..

    BalasHapus
  28. Aku juga udah daftar GA mbak. Mayan sih tapi buat iseng aja soalnya saldonya segitu-segitu aja. Hehe

    BalasHapus
  29. Selamat mbak. Akhirnya surat balasan cinta dari Google datang juga setelah perjuangan yg panjang. Pasti seneng banget ya. Aku pernah daftar trus ditolak. Dan ya udah gitu aja. Haha... Blm daftar lagi

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah, ku udah merasakan dan menikmati hasil dari Adsense semenjak 11 tahun yang lalu. Tapi ga di pasangdi blog personal,khawatir ke banned hahahaa, berabe ntar.
    Semangat teruss, mengejar perbulannya, soale butuh kerja melek.

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah, seneng bngeeet, selamat ya, mbak. Keren...
    Makasih sudah share pengalaman kecenya.

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah ikutvsenang akhirnya masuk,aku pernah dulu daftar terus ditolak dan belum daftar lagi hahaha liat ini jadi pengen coba euy.

    BalasHapus
  33. iya beneer mba..aku sudah dan walaupun tidak mengharapkan tapi senang lihat ada progress dari blog aku yang diapresiasi dalam bentuk reward

    BalasHapus
  34. Saya juga udah daftar adsense, tapi sempat berhenti iklannya karena nunggu kode pin yang dikirim via ekspedisi. lama bener nyampenya :D

    BalasHapus
  35. mba ini aku pun masih utak atik tampilan blog ku nih, lagi mau pasang disclaimer dan sebagainya seperti yang kamu bahas di artikel, duh pencerahan banget bikin part duanya dong mba bahas detail step by stepnya pasti banyak yang butuh juga infonya seperti aku hihihi

    BalasHapus
  36. Aku ngajuin sampai dua kali mba baru ketrima google adsensenya. Tapi aku belum cek. Smoga makin untung ya mbaaa :)

    BalasHapus
  37. pertama kali ngeblog lagsung daftar adsense, dan sempet bolak balik ditolak sampe akhirnya one day one post, 3 bulan di approve, itu dulu banget mba sebelum join komunitas blogger hehe

    BalasHapus
  38. Google Adsense bisa jadi pasif income memang ya Mbak, kalau ditelateni. Selamat ya Mbak Iffia, dan terima kasih sudah berbagi ilmu juga. Aku belum sih ngajuin, tapi pengen juga coba suatu hari nanti

    BalasHapus
  39. Hihihi, iya aku setuju, jangan alergi! Nothing to lose aja ya.... Diapprove ya syukur, nggak ya nggak ada ruginya. Dulu syukurlah, proses approval termasuk cepat.... Jadi ya lumayan juga ya.... :) Seneng jadinya!

    BalasHapus
  40. Wah ilmu baru nih mbak, aku belum pernah coba dan fokus untuk daftar google adsense untuk monetisasi blog mbak. Semoga ada kesempatan, rencananya sih bulan depan kak.

    BalasHapus
  41. Kebetulan aku udah ada setahun google ads kak.. tapi sayangnya masih dikit uangnya. Hahaha. Belum Nemu sih formula tepat gimana biar bisa menghasilkan lebih banyak lagi..

    BalasHapus
  42. Keren banget bisa lolos adsenses kak. Aku kemaren pernah nyoba tapi gagal. Karena nggak tau apa sebabnya dan nggak ada tempat bertanya, ya gak pernah lagi aku daftarkan. Hehe

    BalasHapus
  43. pantesan ditolak. saya yang disclaimer dst nggak dilengkapi. malah ada yang dibuat. hadeuh.. hehe. Makasih mbak artikelnya jadi sadar diri. :)

    BalasHapus
  44. Selamat mbak Iffia. Btw bener banget, saya daftar dua kali. Yang kedua baru diterima. Giliran jalan setahun, punya saya disuspend karena ada klik bot katanya padahal saya nggak pernah klik sendiri 😂 btw selamat sekali lagi 🎉

    BalasHapus
  45. aku dulu pernah udah diterima adsense, abis gitu entah kenapa berhenti. yaudahlah aku biarin aja trus aku copot lagi wkwk jadi sekarang aku gak pake deh

    BalasHapus
  46. Aku ditolak mulu mbak. hiks... emang akunya belum rajin nulis sih. jadi wajar kalau ditolak adsense. mau benerin blog dulu sama konsisten nulis. nanti mau nyoba daftar lagi. moga diterima ya. Aaamiin.

    BalasHapus
  47. Aku 4x ditolak adsense mbak .untungnya gak mau nyerah..

    Alhamdulillah skrg udah mau layout yang ketigaaaaaa hihi

    BalasHapus
  48. Arrrrggghh saya juga ditolak adsense heheh

    Tapi sekarang masih fokus membenahi blog dan belum berniat daftar lagi. Mungkin belum waktunya. Terima kasih sharingnyaaaaa

    BalasHapus
  49. Aku pribadi gak tau kenapa kaya gak ada niat buat pasang google adsense loh hahaha.
    Mungkin nanti akan berubah juga kalau udah niat. Harus nguatin pondasi blog dulu ya.

    BalasHapus
  50. Aku suka baca postingan blog yang membahas Google Adsense. Aku juga masih terus belajar ngeblog nih. Btw, salam kenal ya, kak.

    BalasHapus
  51. Waaah makasih mbak sarannya, jadi semamgaat ni semoga segera nyusul monet juga blog ku😍😍

    BalasHapus