Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Kegiatan Montessori Anak 4 Tahun untuk Melatih Fokus Si Kecil

Kegiatan Montessori Anak 4 Tahun untuk Melatih Fokus Si Kecil

Kegiatan Montessori Anak 4 Tahun

Assalamu'alaikum, Kafa anak mama yang sholih dan murah rejeki. Kali ini Mama akan kembali menulis tentang perkembangan Kafa di usia 53 bulan. Terlambat 17 hari dari hari H, tetapi tidak apa-apa ya nak. Setelah menulis perkembangan anak laki-laki usia 4 tahun, di catatan ini Mama ingin menulis kegiatan montessori anak 4 tahun untuk melatih fokus Kafa.

Kegiatan Montessori Anak 4 Tahun untuk Melatih Fokus Si Kecil

Mengapa Mama ingin mencatatnya? Karena ingin Mama praktikan ke Kafa agar Kafa dapat belajar maupun melakukan aktivitas dengan fokus. Sepengelihatan Mama, sudah banyak peningkatan pada Kafa. Terutama untuk aktivitas belajar di sekolah.

Biasanya Kafa kalau awal-awal Mama ajak sekolah di Jakarta cukup excited tapi mudah bosan dan mengantuk serta tidak fokus. Tapi kalau sekarang sudah mau sekolah tanpa harus dipaksa namun masih tidak fokus.

Jadi Mama harus mencari tahu kegiatan montessori anak 4 tahun yang seperti apa yang bisa Mama terapkan bersama Kafa agar Kafa capaian perkembangannya semakin baik.

Berikut adalah kegiatan montessori anak 4 tahun yang cenderung bisa Mama terapkan bersama Kafa:

Kegiatan Montessori Anak 4 Tahun Calistung

Kegiatan montessori anak 4 tahun yang pertama adalah cara mengajarkan calistung. Calistung adalah istilah singkatan dari membaca menulis dan menghitung. Proses membaca tentunya anak akan dikenalkan dengan alfabet dan pelafalan.

Untuk alfabet, Kafa sudah hafal seluruh alfabet dari A-Z menggunakan metode bernyanyi. Nah, untuk pelafalan ini Kafa yang masih belum terlatih. Ternyata berdasarkan ulasan pada artikel Parenting.co.id, Mama bisa membantu Kafa belajar pelafalan ini menggunakan flashcard huruf yang disertai dengan gambar.

Cara lainnya juga bisa diterapkan dengan mengeja nama anak. Untuk saat ini, Mama memang belum secara rutin mengajarkan Kafa mengenal huruf pada nama Kafa. Tetapi baiknya, Kafa sudah diajarkan untuk mengetahui namanya.

Kalau dulu mungkin Kafa hanya tahu nama Kafa adalah Kafa. Sekarang ia sudah tahu bahwa namanya adalah Kafabillah. Ia juga sudah mengenal nama ayahnya dan nama Mamanya.

Cara lain belajar membaca atau mengeja adalah membacakan buku untuk anak-anak setiap hari. Huhu, tidak ada penyangkalan, Mama dan ayah memang akhir-akhir ini jarang membacakan buku untuk Kafa. Maaf ya nak.

Sebetulnya dulu sewaktu Kafa masih berusia 1-1.5 tahunan Mama kerap menerapkan pengejaan kata seperti A untuk Apel. Tetapi maafkan Mama ya, nak. Sekarang Mama agak abai, tetapi terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali. Nanti kita belajar bersama lagi.

Masih belajar mengeja, ternyata Kafa juga bisa diajarkan melafalkan pelafalan huruf pada benda-benda yang ada di rumah. Ditahap yang lebih sulit, Kafa juga bisa diajarkan mencocokan huruf dengan gambar tersebut. Namun memang anak cenderung lebih mudah diajarkan dengan huruf besar daripada huruf kecil.

Kemudian pada perkembangan menghitung. Untuk menirukan 1-10 Kafa masih belum bisa menirukan secara mandiri, tetapi jika dituntun, Kafa sudah bisa berhitung hingga 20 dan seterusnya.

Kegiatan montessori anak 4 tahun yang bisa diterapkan terkait metode berhitung adalah mengajarkan Kafa secara rutin untuk menghitung segala sesuatu yang ada di sekitar rumah. Misal ketika makan, Mama bisa bertanya kepada Kafa ada berapa jumlah Nyam-Nyam yang Kafa makan. Atau sebaliknya, sisa berapa Nyam-Nyam yang sudah Kafa makan.

Mengajarkan warna, bentuk dan objek pada suatu benda juga dapat diterapkan pada kegiatan anak sehari-hari seperti sering-sering bertanya, "Warna mobil mainan Kafa apa? Rodanya berbentuk apa?" dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Kegiatan montessori anak 4 tahun yang bisa dilakukan di rumah selanjutnya agar dapat melatih fokus dan keterampilan motorik si kecil untuk bisa menulis adalah menggunting, mewarnai, dan menggambar yang bukan sekadar coretan agar dapat melatih otot-otot jarinya sehingga ia dapat menulis.

Menggambar dan mewarnai ini bisa dilakukan dengan pensil atau spidol warna, krayon, kuas, maupun prakarya lainnya.

Jadi, dari kegiatan montessori anak 4 tahun untuk calistung ini adalah sering-sering berkomunikasi pada anak dengan cara yang menyenangkan menurut si kecil. Bismillah, semoga Mama bisa konsisten.

Kegiatan Montessori Anak 4 Tahun Bersosialisasi

Kegiatan montessori anak 4 tahun yang selanjutnya dapat diterapkan di rumah adalah dengan mengajarkan si kecil bersosialisasi. Awal mula kemandirian si kecil agar dapat bersosialisasi di sekolah dengan baik di mulai dari rumah.

Artinya Mama harus bisa mengajarkan Kafa untuk dapat bersosialisasi bersama orang banyak seperti dapat mengantri, bekerjasama, berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, bisa mengikuti arahan bu guru, dan dapat mengutarakan pendapat karen hal ini akan sangat sering terjadi ketika di sekolah.

Apalagi jika Mama ingin mengajak Kafa bersekolah tanpa harus didampingi oleh Mama maupun Ayah. Ternyata ada kegiatan montessori anak 4 tahun untuk hal ini yang bisa dilakukan di rumah.

Misal bermain bersama saudara atau tetangga. Bermain dengan aturan yaitu setelah bermain Kafa dapat merapikan mainannya secara mandiri. Bersikap sopan santun dan mau menerima kekalahan ataupun kemenangan saat bermain.

Beberapa sudah Mama terapkan, tetapi dengan semakin mengetahui hal-hal di atas, ada banyak pekerjaan rumah terkait hal ini yang harus Mama kerjakan rutin setiap saat agar Kafa dapat mencapai perkembangan sesuai target di usia Kafa.

Kegiatan Montessori Anak 4 Tahun Minim Gadget

Tentunya bagian ini yang sulit sekali dilakukan, karena Ayah memberikan Kafa gadget sendiri. Mama meminimalisirnya dengan mengganti kode hape Mama. Cara agar Kafa bisa fokus adalah dengan meluangkan waktu bermain dengan Kafa. Karena cara belajar anak 4 tahun adalah dengan bermain. Bermain menjadi salah satu solusi meminimalisir penggunaan gawai.

Menjadi orang tua sungguh tidaklah mudah. Banyak yang harus Mama pelajari dan perbaiki. Semoga Kafa memaafkan Mama yang banyak salah, khilaf, lalai, dan terlambatnya ini ya nak dalam hal melakukan kegiatan montessori anak 4 tahun bersama Kafa agar Kafa dapat menjadi anak yang cerdas.

Mungkin sampai sini dulu ya nak yang bisa Mama ceritakan. Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang. Sehat selalu ya anakku sayang, muridnya Habib Umar, Gus Baha', Kyai Tashim.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Kegiatan Montessori Anak 4 Tahun untuk Melatih Fokus Si Kecil"