Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Komunitas Blogger Indonesia untuk Blogger Pemula

halaman blogger
Rekomendasi Komunitas Blogger Indonesia untuk Blogger Pemula

Komunitas Blogger

Yey! Akhirnya setelah sekian lama ngeblog maju mundur gayanya mau ODOP (One Day One Post) tapi kok gak jadi-jadi malah jadi panitia ODOP ICC. Bulan ini ternyata saya sanggup menantang diri saya untuk level up menulis di blog selama 30 Hari Nonstop.

Ada 10 artikel kerjasama di bulan ini, beberapa draft yang menunggu persetujuan klien, dan juga artikel tantangan riset keyword yang akhirnya menghiasi blog pribadi yang saya kelola ini selama 30 hari. Masya Allah, Alhamdulillah...

So, karena bagi saya ini adalah sebuah pencapaian, maka postingan terakhir di bulan ini saya ingin menuliskan tentang sekilas perjalanan ngeblog yang sudah saya ikuti selama beberapa tahun aktif ngeblog termasuk bercerita tentang komunitas blogger yang saya ikuti.

Tanggal 31 nya gak perlu dihitung ya, plis jujur cape banget asli nulis 30 hari gak henti-henti, anggap aja itu bonus buat saya istirahat sejenak.  Ditambah bulan ini saya harus menyelesaikan tugas menulis saya dalam project Ensiklopedia Fiqh Mubadalah (untungnya saya hanya kebagian 1 artikel minimal 1000 kata) dan juga project Kupipedia (mewawancara dan menulis 5 biografi Ulama Perempuan minimal 1000 kata).

Alhamdulillah Pokoknya!

Sebelumnya boleh disclaimer dulu ya, tulisan ini adalah murni pendapat saya tanpa ada paksaan atau permintaan dari siapapun dan berdasarkan pengalaman pribadi. Jika ada komunitas yang tidak saya tulis, bukan berarti tidak “recommended” ya, hanya saja barang kali saya belum join di komunitas itu atau belum merasakan benefit baik secara personal maupun yang lainnya selama bergabung di komunitas.

Kisah pertama kali ngeblog saya sudah saya tulis ya. Malu ah kalo diulang-ulang mulu, nanti kaya radio rusak. Nah, ternyata setelah saya alami secara personal, ngeblog tanpa komunitas tuh kaya apa yah, kaya orang hilang rombongan aja gitu. Jadi, peran komunitas itu sangat penting dalam mengelola blog biar orang tuh seneng mampir ke blog kita karena tampilannya menarik.

1 Minggu 1 Cerita

Akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke komunitas blogger. Ada beberapa selain ini, tetapi karena saya tidak aktif dan belum menemukan chemistry yang pas, jadi kesannya kaya register aja gitu terus udah.

Nah di Komunitas 1 Minggu 1 Cerita ini akhirnya saya terbiasa memiliki habbit baru yaitu menulis minimal 1 minggu 1 cerita. Biar apa? Tentu biar blognya gak bersarang dong.

Masuk di komunitas ini memberikan saya peluang untuk bertemu dengan buanyak sekali blogger dan komunitas blogger Indonesia. Kunci agar tetap stay di komunitas ini adalah rajin menulis di blog yang kita kelola lalu submit linknya ke web komunitas. Ada reward juga untuk member yang rajin setor tulisan baik di minggu tema atau bukan.

Sesimpel itu, tapi kadang ada saja member yang lalai, termasuk saya, karena ada kelonggaran waktu 6 minggu setor link, maka saya pun suka memanfaatkan injury time (tidak setiap minggu setor link tetapi setiap 6 minggu sekali baru setor link) biar tidak terkena tendangan Tsubatsa alias di keluarkan dari grup.

BRT Network

Setelah habbit menulis itu hadir, akhirnya saya bertemu dengan BRT Network. Komunitas Blogger Ruang Tunggu ini seperti yang saya bilang, awal mula saya mendapat info komunitas ini dari Mba Siska alumni Kelas Naik DA. Karena jujur saya dulu juga ngeblog gak ngerti apa itu DA dan sejenisnya.

Setelah dengar cerita seru dari Mba Siska belajar naikin DA di grup komunitas 1 Minggu 1 Cerita dan baca ulasan Mba Siska, akhirnya pas ada kesempatan open class saya diberi linknya dan diberi kesempatan untuk ikut belajar di Kelas Naik DA batch berikutnya.

Sayang, waktu saya belajar hanya sebentar karena baru mendapat materi pertama DA blog ini langsung mencapai DA minimal di kelas tersebut dan akhirnya saya pun jadi alumni. Kelasnya sangat bermanfaat apalagi di era saat ini DA atau domain authority kerap menjadi salah satu penilaian brand untuk bekerjasama.

Menurut saya banyak sekali ilmu dan tawaran kerjasama serta teman sesama blogger yang sudah level suhu di komunitas ini. Yang paling penting foundernya, Kak Monica Anggen dan Kak Pewe kerap memberikan informasi seputar blogging di grup dan juga kelas blogging via zoom atau google meet untuk member komunitas baik secara umum maupun selektif.

Komunitas ISB

ISB adalah kepanjangan dari Indonesian Social Blogpreneur. Saya lupa dari mana asal muasal saya bertemu Komunitas ISB, tetapi seingat saya waktu itu foundernya, yaitu Teh Ani Berta membuka kelas blogging secara cuma-cuma. Banyak insight yang saya dapat dari kelas Teh Ani terkait attitude seorang Blogger dan yang sangat bermanfaat sampai saat ini adalah materi kelas Canva-nya.

Dulu blog saya gak kenal apa itu Canva jadi kadang artikel pun gak ada gambarnya kalo males submit gambar. Sekarang alhamdulillah tampilannya lebih cantik walaupun saya jarang banget bikin infografis, baru konsisten dipembuatan cover artikel blog aja.

Di komunitas ini juga sering ada sharing antar member biar saling menginspirasi. Seru, tapi karena bertepatan banget saya masuk di sini pas ayah saya baru saja berpulang, jadi saya lebih banyak jadi silent reader.

Ditambah saya akhirnya memutuskan untuk menyibukkan diri dengan kembali melanjutkan studi lanjut. Karena kesibukan ini, akhirnya saya pun ijin sama Teh Ani jangan kick saya ya Teh, one day setelah saya selesai belajar, insya Allah saya kembali lagi untuk berpartisipasi di grup.

Tidak hanya di komunitas ini sih, tetapi memang karena sekolah lagi, jadi saya banyak menjadi silent reader di banyak grup. Karena membaca grup sekolah aja rasanya udah spaneng. Belum lagi kalo ujian bikin artikel dengan tenggat waktu 2-3 jam maksimal 750 kata in english dan masih banyak tugas lainnya.

SEO Moms Community (SEMOC)

Untuk komunitas ini, spesial kaya martabak udah saya tulis ulasan detailnya sendiri tentang SEO Moms Community di sini. Kalau kamu adalah seorang momblogger, kamu wajib ikut komunitas ini ketika sedang ada open member yah!

Baca juga: Tutorial Blog untuk Platform WordPress

Karena di sini membernya khusus perempuan (terutama seorang ibu karena memang komunitas ini digagas oleh Bang Qbenk selaku founder sebagai amal jariyah yang dihadiahkan untuk almarhumah ibunya) dan juga pastikan blog kamu harus sudah ber-TLD ya agar bisa menjadi member di komunitas ini.

Blogger Nusantara

Nah, kalau yang satu ini saya sangat sarankan untuk teman-teman yang mau berguru terkait Google Adsense, Mas atau Bang Alex sangat concern dibidang Google Adsense. Waktu itu saya di japri oleh Kak Reskia, minta izin untuk share di Komunitas Ibuku Content Creator kalo ada open class adsense batch 2.

Baca juga: Daftar Blogger Langsung Jadi, Inilah Cara Membuat Blog di Platform Blogspot

Kak Reskia sebagai alumni batch 1 nya kini membantu Mas Alex di berbagai batch yang saat ini sudah ada 5 batch. Dari kelas ini saya banyak sekali mendapatkan ilmu tentang riset keyword yang berkaitan dengan optimasi iklan biar kita bisa gajian dari Google Adsense sebulan sekali, wohoo gak tuh.

Jakarta Beauty Blogger

Masih ada banyak, tetapi yang terakhir saya ulas di postingan kali ini adalah Komunitas Jakarta Beauty Blogger. Kalau kamu mau mendapatkan insight plus campaign seputar make up dan skincare, di sini tempatnya.

Setiap bulannya juga ada challenge make up bertema untuk para member yang mendaftar di challenge ini. Kalau yang seperti saya gini belum bisa painting face ya mundur teratur aja, hehe. Meskipun namanya Jakarta, tetapi member komunitasnya dari berbagai wilayah di Indonesia kok.

Nah, itu dia ulasan tentang komunitas blogger rekomendasi dari saya. At least, meski saya belum bisa memberikan apa-apa, tetapi saya ingin berterima kasih banyak atas apa yang telah saya pelajari dan banyak insight yang saya dapatkan selama bergabung di komunitas-komunitas tersebut khususnya untuk setiap diskusi yang dibangun oleh teman-teman komunitas, terutama untuk founder dan tim komunitas tersebut.

Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat untuk teman-teman yang masih kebingungan mau masuk di komunitas blogger yang mana. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

14 komentar untuk "Rekomendasi Komunitas Blogger Indonesia untuk Blogger Pemula"

  1. Pas banget aku lagi kepikiran, mau masuk komunita blogger yang mana ya, yang sesuai dengan lever beginner ku, hehe, mau masuk suka takut kalo gak bisa ngikutin yang udah pada jago. Thanks banget rekomendnya mbak

    BalasHapus
  2. Ikut komunitas-komunitas memang jd salah satu pintu rekeki jg y kak, dpt banyaaaaaaak bgt ilmu cuma-cuma yg dagiing semua ;)

    BalasHapus
  3. Banyak sekali komunitas blogger tempat belajar ya Mbak. Saya kalau pas ada waktu juga nyimaknyimak di instagram. ISB sering ngasih talkshow itu. SEoMom baru bergabung tahun ini juga saya.

    BalasHapus
  4. Buanyak yaaa komunitas Blogger jaman sekarang sebenarnya. Dari yang Mba Iffia tulis, aku hanya bergabung di 2 komunitasnya.

    Kirain bakalan masuk ICC juga lho tadinya. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslinya udah mau nulis ICC di paragraf terakhir, eh tapi karena ICC bukan komunitas blogger tapi lebih ke komunitas content creator, jadi aku kembalikan ke draft, soon insya allah aku post :)

      Hapus
  5. Waaaahhh lengkap. ISB aku blm gabung huhu. Pengin ikutan. Gimana caranya jadi anggota ISB yaa. Otw meluncur ke sosmednya deh

    BalasHapus
  6. Isb sama blogger nusantara belum mom. Isb ini agak susah ya maduknya, dah dm admin tapi no respon masih

    BalasHapus
  7. Terimakasih kak, artikelnya sangat membantu, apalagi emang aku lagi cari cari komunitas blogger yang cocok sih. Dan btw, untuk gabung di komunitas blogger nusantara gimana ya kak? apa komunitasnya masih ada? aku cari2 di google kebanyakan tahun 2011 an dan gak nemu websitenya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, dia ada telegramnya juga mba, kalo mau linknya boleh chat by email ya mba nanti aku share

      Hapus
  8. Gabung dalam komunitas yang mendukung ngeblog memang penting adanya. Dapat banyak ilmu dan relasi juga bikin kita tambah semangat ngeblog.

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat infonya mengenai komunitas blogger.untuk forum blooger klu saya rekemendasikan ads.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baru tau nih saya mas, ini forumnya ada dimana mas?

      Hapus
  10. Yang kedua terakhir ini aku belum ikutan nih. Emang senang bgt ya ikutan grup blogger tuh. Selain nambah relasi jg bisa dapat rejeki juga

    BalasHapus