Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seo Moms Community Tempat Belajar SEO Para Momblogger

 Seo Moms Community Tempat Belajar SEO Para Momblogger

Seo Moms Community

Meskipun saya sudah memiliki blog bertahun-tahun. Tetapi jujur saja, kalau ditanya tentang SEO duh rasanya mau sembunyi saja. Eh, apa sih SEO itu? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Search Engine Optimizer. Penggunaan SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs yang kita kelola dan menghemat waktu, tetapi juga memiliki resiko tentunya baik On Page maupun Off Page.

Karena dengar SEO disebut saja saya sudah merasa tidak mampu. Jadi selama bertahun-tahun ngeblog, saya hanya ngeblog tanpa mengikuti kaidah SEO. Mengapa? Ya karena itu tadi, menurut saya sudah susah duluan, jadi saya merasa harus belajar dulu bersama suhunya.

Baca juga: Cara Membuat Blog di Platform Wordpress

Alhamdulillah impian ini menjadi nyata. Setelah 2018 saya mencoba untuk serius dalam mengelola blog pribadi saya, akhirnya di tahun 2020 saya diberi kesempatan untuk mengikuti kelas SEO gratis untuk para ibu yang memiliki blog berdomain TLD dan dikelola pribadi dari SEO Moms Community (SEMOC).

Info ini saya dapatkan dari salah satu teman momblogger yang belum pernah sama sekali bertemu di dunia nyata yaitu Kak Tri pemilik blog pohontomat(dot)com. Waktu itu karena infonya boleh di share, jadi saya reshare di komunitas yang saya kelola yaitu Ibuku Content Creator (ICC) dan alhamdulillah banyak dari member ICC yang join di kelas SEO MOMS Basic Batch 3 seperti owner blognya Kyndaerim(dot)com, Jeyjingga(dot)com, Jarigendut(dot)com, Artjoka(dot)com, Rennovrainbow(dot)com, Alifkiky(dot)com, Siskadwyta(dot)com. Amazingputri(dot)com dan Catatanatiqoh(dot)com serta Ibukafa tentunya iffiarahman.com.

Proses Belajar di SEO Moms Community (SEMOC)

Singkat cerita, setelah melalui proses seleksi, akhirnya sebanyak kurang lebih 20-30 blogger (agak lupa), kami belajar bersama Founder SEMOC yaitu Bang Qbenk yang bernama asli M.Sahlan. Usut punya usut, sebelum belajar, tentu dong ada pembukaannya. Nah, ini nih yang bikin semua anggota SEMOC di batch berapapun selalu trenyuh.

Pasalnya, SEMOC didirikan oleh Bang Qbenk pada tanggal 25 Januari 2020 sebagai bentuk amal jariyah yang ingin Bang Qbenk berikan untuk almarhumah ibundanya yaitu Ibu Mudiyah binti Sangaran yang telah berpulang pada 25 November 2019 lalu. Oleh sebab itu member SEO Moms pun di khususkan untuk para moms agar tidak hanya ngeblog untuk healing, tetapi lulusan SEMOC minimal bisa memahami materi pembelajaran SEO Basic.

Khususon ila ruhi Ibu Mudiyah binti Sangaran, lahal faatihah...

Mengapa Harus Belajar SEO Basic?

Waktu itu Bang Qbenk pernah bilang, kenapa sih momblogger ini harus belajar SEO? Karena ketika para moms membuat sebuah tulisan di blog yang dikelola secara personal, di sanalah kita akan menentukan siapa pembaca yang ingin kita bidik agar bisa membaca tulisan yang kita buat.

Dengan bantuan SEO, hal ini akan lebih mudah tercapai karena tulisan yang kita buat akan jauh lebih mudah terindeks oleh mesin pencari Google yang bisa mendatangkan trafik pengunjung secara organik karena mencari langsung di mesin pencari.

Baca juga: Agar Berhasil Monetisasi Blog Lewat Google Adsense

Apabila SEO pada artikel kita bagus, tentu mesin pencari pun akan merekomendasikan artikel kita untuk pengunjung sehingga artikel kita bisa selalu nangkring di halaman pencarian pertama pada Google. Oleh sebab itu Bang Qbenk mengajarkan para moms ilmu-ilmu dasar SEO yang sederhana dan mudah dipahami secara bertahap dan kontinyu agar dapat menerapkan ilmunya di webnya masing-masing.

Materi dan Konsep Belajar SEO Moms Community

Ada tiga materi pembelajaran utama yang diberikan oleh Bang Qbenk yaitu SEO On Page, SEO Off Page, dan Practice. Nah, waktu di Batch 3, kami diberi praktik ujian akhir (ciye) lomba SEO ala SEMOC. Bang Qbenk meminta kami untuk membuat artikel tentang cara memasak nasi dengan kompor.

Seru sekali, walau pun tidak ada yang menang dan kalah, tetapi dalam SEO tentu ada dong artikel mana yang nangkring di halaman pencarian pertama mbah Google. Dan semuanya adalah pemenang bagi Bang Qbenk.

Seneng kan ya kalau gurunya baik sekali. Tetapi jujur, kalau saya boleh menuliskannya, bagi saya yang pernah mengikuti kelas blogger gratis di beberapa tempat, kelas SEO Moms Basic Batch 3 adalah kelas SEO yang Mom friendly bagi saya. Karena jamnya menyesuaikan para ibu, meski ada waktu pembagian materi, tetapi kami diperkenankan bertanya dan mengerjakan tugas semampunya ketika pekerjaan domestik atau pun pekerjaan utama lainnya telah selesai.

Selain itu, memang ada momen di mana Bang Qbenk harus mengeluarkan peserta yang tidak aktif, tetapi kami juga diperkenankan untuk ijin tidak mengikuti kelas atau telat mengerjakan tugas jika memang ada keadaan mendesak. Apalagi waktu saya mengikuti kelas SEMOC Batch 3 ini saya pun dalam keadaan baru saja ditinggalkan oleh Ayah saya. Jadi, sedari awal saya sudah meminta kelonggaran ketika sewaktu-waktu belum bisa fokus. Alhamdulillah sekali Bang Qbenk dan Mba Sari saat itu responnya sangat baik.

Setelah kami lulus dari SEMOC Batch 3, Bang Qbenk pun menyampaikan bahwa kedepan SEMOC akan terbagi menjadi beberapa regional sesuai wilayahnya. Salah satu member dari ICC alhamdulillah mendapatkan kepercayaan dari Bang Qbenk untuk menjadi ketua regional Nusra-Bali yaitu Mamanya Abang Rasyid alias Ibu Rizky M. Ananda.

Terakhir dan yang paling saya salut dari SEMOC adalah meskipun kami semua sudah pada lulus dari kelas Basic, tetapi Bang Qbenk masih tetap memberikan kami ilmu SEO secara bertahap ketika ada kesempatan.

Beliau juga yang menjadi pelatih ketika para member SEMOC mengikuti lomba SEO. Walau pun waktu itu saya belum bisa mengikuti lomba SEO yang diadakan oleh berbagai penyelenggara karena keadaan dan kondisi saya belum memungkinkan, tetapi saya ikut senang menyimak keseruan teman-teman yang mengikuti lomba tersebut di grup apalagi ketika pengumuman pemenang lomba. Semoga jika ada kesempatan, saya bisa mencoba mengikuti lomba SEO jika waktunya tepat. Aamiin...

Nah itu dia pengalaman saya selama belajar dan menjadi member di SEMOC. Semoga ulasan tentang Seo Moms Community Tempat Belajar SEO Para Momblogger ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk " Seo Moms Community Tempat Belajar SEO Para Momblogger"

  1. belajar SEO ternyata seru yaaa.
    saya pun juga akhirnya jadi melirik dan melek SEO karena ikut kelas di SEO Moms Community ini.
    asyiknya itu karena Coachnya santai tapi serius, tiap akhir kelas selalu ada kompetisi antar sesama ini seru. saya pun juga dulu berani ikutan :D

    BalasHapus

Berlangganan via Email