-->

Suntik Vaksin Dewasa: Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan

vaksin khusus dewasa

Suntik Vaksin Dewasa: Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu anugerah bagi setiap manusia apalagi di tengah pandemi seperti ini. Keberadaannya menjadi krusial dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu sebuah band dalam album religinya pernah membuat lirik sebagai berikut: "Kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit, sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, hidup sebelum mati". Dari lirik ini saja kita seharusnya sadar bahwa kesehatan haruslah disyukuri dan cara mensyukuri nikmat ini adalah dengan menjaganya.

Tips Menjaga Kesehatan

Menjaga yang seperti apa yang harus dilakukan oleh setiap individu? Berikut adalah tips secara umum menjaga kesehatan yaitu olahraga, mengonsumsi gizi seimbang secara teratur, pola hidup yang sehat, dan imunisasi serta vaksin.

Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki tujuan tertentu untuk menjaga kesehatan jasmani maupun rohani. Dikutip melalui situs Halodoc, sebaiknya olahraga tidak perlu dilakukan langsung dengan melakukan olahraga berat melainkan dilakukan secara rutin minimal selama 30 menit setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki di pagi hari maupun yoga.

Baca juga: Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

Olahraga menjadi penting dalam menjaga kesehatan karena kaya akan manfaat yaitu menjauhkan dari beragam penyakit, membuat tubuh lebih tegap, merangsang pertumbuhan secara optimal, meningkatkan daya pikir, meningkatkan nafsu makan, mencegah risiko cedera, memperlancar peredaran darah, menjaga kesehatan tulang dan persendian, membantu regenerasi kesehatan kulit, mengurangi asam laktat pada tubuh agar meminimalisir nyeri otot.

Gizi Seimbang

Gizi seimbang adalah susunan asupan gizi yang perlu dikonsumsi sehari-hari sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika melihat pengertian ini, tentu sekadar memenuhi rasa lapar tidak lah cukup, karena jika kita mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dengan makanan yang hanya sekadar mengganjal rasa lapar tentu dampaknya akan berbeda terhadap kesehatan.

Untuk dapat mengonsumsi gizi seimbang setiap hari, maka setiap indvidu dalam porsi santapannya haruslah terdiri dari karbohidrat, protein, lemak (sehat atau tak jenuh), vitamin dan mineral. Zat-zat tersebut bisa ditemukan pada nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, serta air putih yang disajikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Pola Hidup Sehat

Tentu pola hidup yang sehat akan mempengaruhi kesehatan yang optimal bagi setiap individu, oleh karena itu yang bisa kita lakukan agar kesehatan tetap terjaga adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat, misal istirahat yang teratur, tidak menjadi perokok aktif maupun pasif, meminimalisir stress, tidak mengonsumsi alkohol, junkfood atau caffein berlebih, rajin beribadah, serta aktif bersosialisasi di lingkungan tempat tinggal kita.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata

Imunisasi dan Vaksin

Dikutip dari Halodoc, Imunisasi adalah proses dalam tubuh agar seseorang mempunyai kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit baik pasif maupun aktif. Sedangkan vaksin adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan produksi antibodi sebagai penangkal suatu penyakit. Kedua hal ini sangat erat kaitannya dengan usaha setiap orang dalam menjaga kesehatan.

Sejak setiap individu terlahir, di Indonesia sudah menerapkan kebijakan untuk imunisasi dan vaksin. Di Indonesia sendiri ada lima vaksin yang wajib diberikan melalui imunisasi yaitu Hepatitis B, Polio, BCG, DPT, dan Campak. Namun jangan salah sangka. Ternyata meski sudah dewasa, kita juga bisa lho tetap melakukan vaksin. Apalagi ternyata ada vaksin dewasa yang dikhususkan untuk perempuan yaitu Vaksin Dewasa Flu Shot, Vaksin Dewasa Meningitis Shot, dan Vaksin Dewasa Pneumokokus.

Vaksin Flu Shot (Influenza HA), Vaksin Dewasa Meningitis Shot (Menactra 0.5), Vaksin Dewasa Pneumokokus (Prevenar PCV13)

Vaksin Flu Shot berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit pernafasan. Selanjutnya Vaksin Dewasa Meningitis Shot biasanya diberikan untuk mencegah inveksi virus atau bakteri penyebab peradangan pada selaput otak dan tulang belakang penyebab meningitis.

Baca juga: Obat Herbal Penyakit Liver

Biasanya vaksin ini identik diberikan pada jamaah haji maupun umroh, meskipun sebenarnya penting dilakukan oleh setiap individu untuk meminimalisir resiko meningitis yang bisa tertular melalui bersin, batuk dan sejenisnya. Sedangkan Vaksin Dewasa Pneumokokus berperan untuk mencegah penyakit pneumonia akibat bakteri. Ketiga vaksin tersebut bisa didapat melalui Halodoc.

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan. Fitur yang disediakan mulai dari Cek Covid-19, Tanya Dokter, Beli Obat, Rumah Sakit, hingga Cari Dokter. Baik dalam keadaan normal maupun ditengah pandemi seperti saat ini, aplikasi ini sangat penting untuk tersedia di gawai setiap individu untuk keadaan darurat terkait kesehatan.

Begitu juga halnya apabila teman-teman ingin menjalani proses ketiga vaksin yang sudah disebutkan di atas. Halodoc menyediakan layanan vaksin tersebut. Apabila domisili teman-teman berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, langsung saja tanyakan pada dokter seputar vaksin yogyakarta melalui aplikasi Halodoc tanpa perlu ribet dan antri. Oleh karena itu, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Kata kunci: Vaksin, Vaksin Yogyakarta, Vaksin Dewasa, Kesehatan, HalodocSekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar dan berkunjung kembali ya :)

 


Karimah Iffia Rahman
Seorang perempuan sagitarius yang hidup dalam peran ganda sebagai istri, ibu, dan penulis lepas. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0

Related Posts

69 komentar

  1. Wah hebat halodoc bisa buat vaksin dewasa juga. Bisa coba nih kapan-kapan. Thx infonyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lho saya baru tahu jugaa, sebelumnya ngga pernah vaksin juga soalnya di umur segini

      Hapus
  2. Ternyata wanita dewasa masih butuh di vaksin ya kak supaya kesehatan tetap terjaga. Makasih banyak infonya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku juga baru tahu loh, selama ini santay santay aja. kudu cek vaksin kalo gitu ya

      Hapus
  3. Bener nih lagi psbb gini butuh bgt aplikasi yg bs reservasi untuk mencari layanan rumah sakit meskipun di rumaj saja ya mbak iffa

    BalasHapus
  4. Tahun ini sebenarnya saya sudah rencana di vaksin buat flu. Penting banget buat saya yang alergi dingin dan punya sinus. Tapi keburu corona, mudah-mudahan sesudah corona bisa buat janji divaksin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aq dulu ga kepikiran buat vaksin2. Tapi sejak corona mulai mikir deh.. semoga kita semua sehat2 ya mbak..

      Hapus
  5. Trims infonya kak, dulu kupikir setelah dewasa kita nggak butuh vaksin lagi. Tapi ternyata salah ya, makin dewasa makin butuh proteksi diri kita

    BalasHapus
  6. Aku kemarin abis vaksin juga tapi influenza hehe. Seneng yah Pake aplikasi Halodoc ini lebih praktis dan menghemat waktu biar enggak antri di klinik atau dokter spt yang biasa kita alami. Keren deh Halodoc!

    BalasHapus
  7. Saya dari dulu penasaran pengen vaksin flu, secara ini mudah banget kena flu kalau kondisi cuaca mulai panas-ujan. Boleh nih, entar coba cek Halodoc

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalau ada vaksin dewasa khusus wanita selama ini sih cuma tahu vaksin lengkap pas balita dan meningitis sih.

    BalasHapus
  9. Pas banget kemarin ada temen yang nanya soal vaksin. Apakah bisa lewat halodoc gittu yaa. Eh ternyata layanannya lengkap. Udah terjawab di sini.

    BalasHapus
  10. Sudah install Halodoc juga. Baru tau ada vaksin dewasa. Vaksin terakhir dulu waktu SMA yaitu vaksin hepatitis

    BalasHapus
  11. Penting Banget nih emang. Vaksin flu misalnya ni kalo d US bisa banget mengurangi pjumlah pengidap flu yg biasanya muncul saat musim dingin. Di kita nih vaksin dewasa memang blm terdengar umum yaa, lebih paham ya ya imunisasi itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku aja baru tau kak, mungkin harus lebih di giatkan lagi ya soal vaksin dewasa

      Hapus
  12. Senang ya mbak sekarang ada aplikasi halodoc yang bikin semua urusan yang berhubungan dengan kesehatan bisa diakses dari rumah. Gakperlu keluar rumah jadinya

    BalasHapus
  13. Oh ternyata dewasa juga butuh vaksin ya, kirain pas kecil aja. Nanti ada tambah vaksin corona juga kali ya, mudah-mudahan cepat jadi hehe.

    BalasHapus
  14. Saya baru tahu kalau ada vaksin dewasa ini. Seingat saya belum ada himbauan dari Petugas kesehatan untuk melakukan ini. Sharingnya bermanfaat banget, saya jadi tahu kalau orang dewasa juga butuh vaksin.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah udah divaksin dua kali saat dewasa, vaksin influenza dan pneumokokus. Buat manten baru, apalagi yg mau nikah ama bule nih, wajib banget lengkapi vaksin untuk dewasa. Bisa difasilitasi Halodoc ya ternyata.

    BalasHapus
  16. Sejak kemunculan aplikasi Halodoc membantu banget ya mba, karena aplikasi ini dapat membantu masyarakat untuk berkonsultasi maupun ingin berobat tanpa datang ke rumah sakit.
    Dan ternyata juga bisa cari info seputar vaksin di aplikasi ini, pasti nya penasaran dong bagi yang belum tau.

    BalasHapus
  17. baru tau kalo orang dewasa juga perlu vaksin flu berulang. kirain kalo mau naik haji atau ke luar negeri aja

    BalasHapus
  18. terimakasih untuk artikel nya sangat membantu
    https://bit.ly/2YEnaRy

    BalasHapus
  19. Halodoc jadi teman kesehatan dimanapun dan kapanpun yaaaa.

    BalasHapus
  20. Bersyukur banget di jaman digital ini kita dimudahkan oleh beragam aplikasi seperti halodoc ini ya mba. Jadi kalau mau vaksin untuk dewasa nggak repot sana sini. Mantab dah

    BalasHapus
  21. Kalau aku sendiri sebagai wanita, lebih prefer buat vaksin HPV untuk serviks mba, saat sebelum menikah.. . Zaman sekarang semakin dimudahkan yaa ternyata kita buat dapatkan vaksin.

    BalasHapus
  22. Sayangnya di sini sulit mencari klinik vaksin dewasa seperti itu. Padahal saya juga mau demi mencegah hal-hal yang nggak diinginkan kedepannya. Tapi nanti coba saya tanya di aplikasi halodoc, siapa tahu bisa bantu carikan yang paling dekat dari tempat saya.

    BalasHapus
  23. Setuju kalo vaksin perlu sampe dewasa, terutama HPV nih kalo perempuan. Halodoc emang lengkap deh buat yg kuatir ke rumah sakit saat kondisi begini.

    BalasHapus
  24. Wah praktis ya mbak tuk yang domisili di Yogyakarta bisa tanya-tanya seputar vaksin yang ada di daerahnya melalui Halodoc. Jadi tidak ribet antri dan menunggu.

    BalasHapus
  25. Banyak juga rupanya vaksin untuk wanita dewasa ya, sebelumnya saya taunya HPV saja lho. Perlu ngecek lagi ini berarti

    BalasHapus
  26. Sebenarnya aku paling takut di suntik. Memberanikan diri untuk disuntik saat mau melahirkan. Hehe. Tapi kalau keperluannya memang vaksin dan urgent mau nggak mau kudu berani ya

    BalasHapus
  27. Aplikasi halodoc memang banyak membantu di saat pandemi seperti sekarang ya kk. Gak was-was berada di layanan kesehatan. Cukup konsultasi dengan dokter di halodoc. Bisa juga beli obat. vaksin juga tentunya.

    BalasHapus
  28. Saya sudah pernah vaksin Flu, dan Meningitis, Tapi karena sebagai persyaratan untuk melakukan perjalanan bukan karena kesadaran. Kalau Pneumokokus itu belum.

    BalasHapus
  29. Kalau mau vaksin biar gak antre n ribet tinggal buka aplikasi Halodoc aja yaa Mba Iffia... Noted. Semakin mudah dg adanya Halodoc nih, sy sudah install.

    BalasHapus
  30. Bagus banget yaa aplikasi Halodoc ini. Komplit. Gak hanya menyediakan artikel tentang kesehatan, tetapi juga info lokasi praktik dokter dan tempat untuk mendapatkan vaksin pun ada di sana.

    BalasHapus
  31. Sebenernya dari dulu paling males urusan vaksinasi. Tp sejak pandemi kayanya aku udah ga bs males lagi deh. Persiapan dr dalam perlu banget utk cegah penyakit datang

    BalasHapus
  32. Pemberian vaksin juga termasuk salah satu cara menjaga daya tahan tubuh yang perlu dilakukan ya Mbak. Dan sekarang mencari tahunya mudah, melalui aplikasi Halodoc bisa.

    BalasHapus
  33. Orang dewasa juga memang sesekali butuh vaksin dalam jangka waktu tertentu, secara virus dan bakteri kan selalu bermutasi kan ya..

    Sekarang mencari vaksin jadi lebih mudah lewat HaloDoc ya.. gak perlu keluar rumah. Jadi lebih praktis dan aman.

    BalasHapus
  34. iyah, sebetulnya kebutuhan vaksin untuk dewasa juga sama kayak anak-anak. ada yang wajib, ada yang sesuai kebutuhan ya.. kalau memang butuh, ya vaksin aja. nggak ada salahnya juga :D

    BalasHapus
  35. Penting banget vaksin namun musti diimbangi pola makan teratur, asupan nutrisi seimbang dan aktivitas fisik juga.
    Terima kasih Mba insight dan informasinya :)

    BalasHapus
  36. Indeed ngga hanya anak anak dan bayi, orang dewasa pun butuh vaksin juga yah Mbak. Aku belum pernah nih vaksin lagi setelah SMP hehe

    BalasHapus
  37. Vaksin-vaksin ini meski harganya lumayan tapi memang jaminan kesehatannya lumayan yaa. Semoga tetap sehat selalu yaa

    BalasHapus
  38. paling males nih klo berurusan dengan vaksin, yang adanya ditunda-tunda. Meningitis dewasa udah pernah. Flu belom nih.

    BalasHapus
  39. kalau bisa sih saya pengennya vaksin juga mbak :( sayangnya saya phobia jarum jadi nggak bisa liat jarum huhuuuu tapi anak saya sih lengkap vaksinnya

    BalasHapus
  40. Vaksin flu penting bagi keluargaku, kami usahakan disiplin vaksin flu tiap tahun

    BalasHapus
  41. Teman aku baru aja vaksin untuk daya tahan tubuhnya minggu lalu.. dan sekarang baca tulisan mbak, jadi semakin yakin banget bahwa vaksin khusus wanita seperti kita ini memang penting banget ya

    BalasHapus
  42. Harus banyak olahraga ni, apalagi karena WFH. Jangan sampe rebahan mendominasi, walaupun memang itu yang sulit dihindari

    BalasHapus
  43. Agar menjaga kesehatan, tidak hanya anak kecil yang butuh vaksin tapi orang dewasa juga perlu ya😊

    BalasHapus
  44. Alhamdulillahaku udah vaksin, mba. Mulai vaksin hpv, vaksin influenza,vaksin meningitis juga. InsyaAllah sehat sehat ya mba

    BalasHapus
  45. Dari ketiga vaksin dewasa yg disebutkan ini baru yg meningitis pernah suntik dua tahun lalu. Saat itu sempat kesel karena ngantrinya lama. Eh ternyata dg Halodoc bisa pesan juga ya..

    BalasHapus
  46. Saya juga termasuk yang pro vaksin. Semoga nanti ada kesempatan buat vaksin lainnya.

    Ngomong-ngomong halodoc, saya juga sudah unduh di smartphone saya. Ngebantu banget untuk cari info dan konsultasi kesehatan.

    BalasHapus
  47. Ternyata banyak juga ya vaksin untuk orang dewasa. Saya selama ini tahunya vaksin untuk persyaratan berangkat haji/umroh saja.

    BalasHapus
  48. Saya lupa sih, tapi sepertinya bahkan waktu kecil saya enggak di vaksin, hahaha.
    Tapi saya pro vaksin banget dong, anak-anak lengkap vaksinnya.
    Setelah dewasa, kayaknya vaksin yang pernah saya ambil tuh tetanus deh.
    Lainnya belom, masih ngumpulin keberanian, atuh maaahhh kutakut banget ama jarum suntik, hiks

    BalasHapus
  49. Iya nih, mau anak-anak maupun dewasa penting banget buat vaksin ya

    BalasHapus
  50. Masih banyak yg keliru nih termasuk saya. Jadi imunisasi itu prosesnya, kalau vaksin itu adalah kegiatannya ya...
    Baru mendapatkan penjelasan detailnya nih hehehe

    BalasHapus
  51. Vaksin gak cuma penting buat anak-anak aja ya tapi juga dewasa. Vaksin influenza juga ternyata harus dilakukan tiap tahun apalagi yang sudah umurnya banyak

    BalasHapus
  52. Melihat kondisi yang tak menentu gini, emang paling bener deh menjaga ketahanan tubuh. Untuk dewasa pun tak ada salahnya melakukan vaksin agar tidak mudah terserang virus suatu penyakit tertentu, terutama yang berkaitan dengan saluran pernapasan.

    BalasHapus
  53. Setelah dewasa saya sudah pernah vaksin mbak salah satunya influenza, apalagi di masa pandemi gini jadi kudu waspada ya mbak.

    BalasHapus
  54. Komplit banget sih aplikasi Halodoc ini. Jadi nggak repot cari info lokasi vaksin yaa, udah tersedia di sana.

    BalasHapus
  55. Ternyata ada juga ya vaksinasi untuk orang dewasa selain vaksin TT waktu hamil. Kalau ini mandiri ya mbak dan bisa dilakukan di Halodoc. Makasih mbak infonya

    BalasHapus
  56. Iya lo..kemarin aku vaksin Flu.
    Rasanya seperti menjadi doa, semoga ini akan menjadi ikhtiar terbaik di masa pandemi, terutama.
    Halodoc aplikasi terbaik yang harus banget diinstal di HP karena informasinya super lengkap.

    BalasHapus
  57. Aku pernah vaksin tapi pas sebelum menikah itu, mbk
    Ternyata aplikasi Halodoc juga menunjang untuk vaksin untuk orang dewasa ya mbak. Aplikasi ini emang perlu terpasang di smartphone deh. Banyak manfaatnya utk kesehatan

    BalasHapus
  58. Terbantu sekali dengan hadirnya aplikasi Halodoc ini, apalagi di masa pandemi seperti ini jadi bisa meminimalkan datang ke faskes, cukup konsultasi online saja dengan dokter spesialis di Halodoc

    BalasHapus
  59. Bagaimana cara taunya kita sudah divaksin suatu vaksin A misal. Soalnya kan kalau mau vaksin gitu gmn kalau sebenarnya kita udah vaksin A sebelumnya

    BalasHapus
  60. Jadi vaksin dewasa emang beneran ada ya. kirain buat anak anak aja vaksinnya. haduh, aku takut suntik nih. kalau udah emak emak, disuntik.lagi gak ya?

    BalasHapus
  61. Nah penting nih vaksin buat perempuan dewasa ya, agar terhindar dari macam2 penyakit yg hype di zaman now nih, next kl vaksi Coronce udah ada boleh juga deh ikutan, nice share yaa Mba Iffia

    BalasHapus
  62. Beberapa waktu lalu, perusahaan tempat istri saya bekerja meminta karyawannya untuk ikut vaksinasi flu, saat itu lah saya baru tahu kalau ada vaksin untuk orang dewasa. Ternyata ada banyak juga ya jenisnya

    BalasHapus
  63. Saya baru ikut vaksin dewasa yg flu sama pneumokokus. Ini ada lagi kalo bagus mau ikutan vaksin corona, tapi belum general ya. Kali aja someday bisa diperoleh via Halodoc.

    BalasHapus
  64. Layanan Halodoc semakin lengkap ya, Mbak. Aku baru tau nih, kalo wanita dewasa juga ada vaksinnya. Ngeri juga ngebayangin kalau penyakit semacam meningitis juga bisa menular lewat semburan bersin.

    BalasHapus
  65. Makin lengkap ya mom layanan halodoc ini, di masa pandemi emang perlu jaga kesehatan terutama vaksin untuk orang dewasa

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter