Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masya Allah, Ini Dia Daftar Pondok Pesantren Gratis di Tangerang

pondok pesantren murah dan bagus
Daftar Pondok Pesantren Gratis di Tangerang

Mengingat tidak sedikit barokah dan keutamaan penghafal al-Qur’an, maka tidak sedikit pula orang yang ingin menghafalkan al-Qur’an. Namun terkadang kesempatan ini terkendala waktu dan biaya. Oleh sebab itu ada beberapa pendiri pondok pesantren yang membuka kesempatan untuk mondok secara cuma-cuma alias gratis.

Berikut adalah daftar pesantren tahfidz gratis di Tangerang. Simak informasi pesantren gratis ini ya teman-teman, siapa tau bermanfaat untuk sanak saudara dan juga kerabat.

Pondok Tahfidz Wadil Qur’an (PTWQ)

Pondok Tahfidz Wadil Qur’an (PTWQ) adalah sebuah pondok pesantren yang berdiri di atas tanah wakaf Bapak H. Suharsono dan Ibu Hj. Siti Hawa yang berkomitmen untuk menyediakan pondok pesantren untuk para penghafal al-Qur’an secara gratis demi terbentuknya generasi Qurani yang kelak akan memimpin negeri ini dengan visi rahmatan lil ‘alamin. Sebetulnya pondok ini memiliki beberapa cabang seperti di Sragen, Bogor, dan Tasikmalaya. Tetapi salah satunya berlokasi di Tangerang.

PTWQ memiliki beberapa program yaitu Ziyadah, Muroja’ah dan Mutqin. Program Ziyadah dikhususkan untuk santri yang baru menghafal dan berniat untuk menghafalkan al-Qur’an 30 Juz. Sedangkan program Muroja’ah adalah program untuk santri yang sebelumnya pernah memiliki hafalan. Terakhir ada program Mutqin yaitu program untuk santri yang ingin menyetorkan hafalan 1 Juz – 30 Juz.

Dengan suasana yang asri dan kapasitas tersedia kurang lebih 150 santri, tentu menghafal akan lebih fokus. Meskipun visi misinya yakni 1 masjid 1 penghafal al-Qur’an, namun PTWQ terbuka untuk santri putri maupun putra. Informasi lebih lanjut bisa berkunjung ke wadilquran.com.

Pondok Pesantren Al-Aminiyah

Informasi pesantren gratis selanjutnya adalah Pondok Pesantren Al-Aminiyah ini memiliki visi misi menjadikan pondok sebagai pusat pengembangan dakwah dan kajian ilmu serta budaya islam. Oleh sebab itu, santri yang bermukim di pondok ini tidak diberikan tanggung jawab untuk membayar biaya bulanan agar ilmu-ilmu kepesantrenan dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Usia santri yang diperkenankan mendaftar di pondok ini mulai dari rentang usia remaja minimal 13 tahun. Selain program pondok pesantren gratis, pondok pesantren ini juga memiliki program berbayar untuk santri Madrasah al-Qur’an rentang usia anak-anak dan remaja (6-18 tahun). Waktu belajarnya pun setiap Senin-Jum’at setelah salat Maghrib hingga Isya’.

Program di pondok pesantren ini bervariasi mulai dari kelas Tahfidzul Qur’an sampai dengan Klub Hiking. Jika teman-teman berminat untuk survei ke pondok ini, teman-teman bisa langsung berkunjung di Jl. Masjid Baitul Makmur No. 116 RT 001/RW 004, Sudimara Pinang Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15145.

Baca juga: Pondok Pesantren di Jakarta

Jangan lupa sebelum berkunjung untuk konfirmasi dulu ke nomor telepon 021-73454040 dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku ya. Informasi selengkapnya dapat dilihat di alaminiyah.wordpress.com.

Yayasan Majelis Zikir Pesantren al-Ikhlas

Pondok pesantren gratis tanpa biaya lainnya adalah Pesantren al-Ikhlas yang terletak di Jambe Kabupaten Tangerang dan berdiri sejak 13 November 2013. Santri yang bermukim di pondok pesantren ini dibebaskan dari biaya apapun alias gratis. Santrinya terdiri dari usia TK sampai Kuliah. Sejak tahun 2019, sudah ada 70 santri yang bermukim di pondok pesantren ini.

Pemiliknya yaitu Ustadz Endang Haryana Tajuddin Syarif sengaja membuat pondok pesantren ini secara gratis karena dulu kedelapan anaknya pun pernah mendapatkan hal serupa, Yakni disekolahkan oleh orang lain secara cuma-cuma ketika ia sedang mendalami ilmu agama. 

Pondok Pesantren an-Nawawi Tanara

Ada pula pondok pesantren lainnya yang hanya memberikan tanggung jawab berupa biaya bulanan dan memberikan fasilitas yang ada di pondok secara gratis seperti Pondok Pesantren an-Nawawi Tanara milik KH. Ma’ruf Amin. Di pondok pesantren salafi gratis ini, santri hanya diberi tanggung jawab untuk membayar biaya makan sebulan sebanyak Rp 300.000,-

Baca juga: Tips Sukses Mondok dan Kuliah di Waktu yang Bersamaan

Nah itu dia ulasan tentang Pondok Pesantren Gratis di Tangerang. Jika ada kesalahan dalam penulisan mohon untuk menginformasikannya di kolom komentar. Namun jika ada pula pondok pesantren atau pun lembaga lainnya yang ingin di review di blog ini, dipersilahkan menghubungi admin di iffiarahman@gmail.com. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Masya Allah, Ini Dia Daftar Pondok Pesantren Gratis di Tangerang"

  1. Assalamu Alaikum.Warahmatullahi Wabarakatuh .. Mohon Maaf Ustadz /Ustadzah . Kalo boleh Saya Tanya Apa persyaratan pendaftaran Ulang buat anak pindahan di pesantren .. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam, bapak, atau ibu, untuk pendaftaran ulang anak pindah pesantren sebaiknya langsung bertanya pada bagian TU pesantren yang dituju, semoga ananda kerasan di pesantren yang baru, aamiin...

      Hapus
  2. Ternyata banyak juga ya pondok pesantren gratis di tangerang

    BalasHapus