Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pondok Pesantren Terpopuler di Jakarta

Pondok Pesantren Darunnajah
5 Pondok Pesantren Terpopuler di Jakarta

Pondok Pesantren Darunnajah

Siapa yang tidak mengenal Pondok Pesantren Darunnajah? Pondok pesantren yang telah mencetak generasi santri yang mampu bersaing dan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Pondok Pesantren Darunnajah adalah sebuah pondok pesantren modern yang telah memiliki 17 cabang salah satunya berlokasi di Jakarta tepatnya Alamat Pondok Pesantren Darunnajah berada di Jl. Ulujami Raya No. 86 Pesanggarahan Jakarta Selatan 12250, Indonesia

Sejarah, Pendiri dan Pemilik Pesantren Darunnajah

Sejarah Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah sebuah pondok yang berdiri di atas tanah wakaf seluas 7,41 hektare. Saat ini jenjang pendidikannya lengkap mulai dari paud, TK, SD, TMI atau setingkat SMP hingga SMA, juga ada Perguruan Tinggi.

Kegiatan di Pondok Pesantren Darunnajah

Mengingat Pondok Pesantren Darunnajah merupakan pondok pesantren dengan kurikulum perpaduan yakni pondok modern, nasional, dan salafiah, maka tentu ada banyak sekali kegiatan belajar mengajar di pondok ini. Pondok pesantren modern identik dengan percakapan bilingual dalam keseharian, oleh sebab itu bahasa arab dan bahasa inggris menjadi bahasa wajib yang biasa dipakai oleh santri selama berada di pesantren.

Selain itu, Pondok Pesantren Darunnajah juga menjadwalkan kegiatan ekstrakulikuler yang menunjang aktivitas belajar mengajar para santri selama di dalam pondok pesantren. Tentu kegiatan ini ditunjang pula oleh fasilitas yang memadai seperti kolam renang, sarana olahraga yang lengkap, lahan luas, dan juga tersedia puluhan kamar wisma dengan fasilitas AC serta kamar mandi dalam.

Pendaftaran Pondok Pesantren Darunnajah

Bagi teman-teman yang ingin mendaftarkan adik, anak ataupun keluarganya untuk belajar di pondok pesantren Darunnajah, teman-teman bisa datang ke pondok pesantren mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan ya. Pondok Pesantren Darunnajah juga memiliki e-pamflet yang bisa diakses di website resmi yang dikelola oleh pihak pondok pesantren.

Biaya Masuk Pondok Pesantren Darunnajah

Tentu ada biaya pendaftaran bagi setiap santri yang ingin masuk ke pondok pesantren Darunnajah. Biaya yang dibutuhkan meliputi uang pangkal, uang bulanan, buku pelajaran, seragam sekolah dan juga peralatan yang dibutuhkan oleh santri selama di pondok pesantren.

Uang pangkal yang diberikan sudah termasuk iuran bulanan di bulan pertama, kasur, lemari, ranjang, buku pelajaran pesantren, dana tour, dana ekstrakulikuler, dan seragam sekolah. Sedangkan uang bulanan sudah termasuk makan tiga kali sehari, uang sekolah, dan dana kesehatan di klinik Darunnajah.

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Sejarah dan Pendiri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Pada Juli 1985. Saat ini Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah memiliki 11 cabang pesantren yang tersebar di beberapa daerah salah satunya di Jakarta yang beralamatkan di Jl. Panjang No. 6c Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11520.

Pendaftaran Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Dengan berbagai program pendidikan dan ektrakurikuler yang telah disiapkan, tentu bagi teman-teman yang tertarik untuk memasukan anak, adik, atau saudaranya ke Pondok Pesantren Asshiddiqiyah ingin mendapatkan informasi terkait pendaftaran Pondok Pesantren Asshiddiqiyah. Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman bisa langsung mengunjungi beberapa website resmi yang dikelola oleh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah.

Pondok Pesantren al Itqon

Pondok Pesantren al Itqon didirikan pada tahun yang sama seperti Pondok Pesantren Asshiddiqiyah yaitu tahun 1985 tetapi mulai dikembangkan menjadi Pondok Pesantren al Itqon sejak tahun 1993. Awalnya Pondok Pesantren al Itqon hanya berupa majelis ta’lim tetapi kini selain pondok pesantren, disediakan juga wadah pendidikan lainnya seperti kelompok PAUD, RA/TK, Madrasah Diniyah, MTs dan MA yang lulusannya mampu menembus perguruan tinggi baik lokal maupun internasional.

Biaya Masuk Pondok Pesantren al Itqon

Alamat lengkap Pondok Pesantren al Itqon berada di Jl. H. Selong, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Apabila teman-teman berminat untuk mendaftarkan anak atau saudaranya ke Pondok Pesantren al Itqon, maka teman-teman bisa langsung mengunjungi beberapa media sosial resmi yang dikelola oleh pihak Pondok Pesantren al Itqon seperti website, instagram, ataupun youtube untuk mengetahui info terkini terkait biaya pendaftaran di Pondok Pesantren al Itqon.

Alhamdulillah sewaktu saya menikah, pernikahan saya dan suami dihadiri oleh KH. Mahfudz Asirun yang saat ini menjadi pemimpin dan pengasuh Pondok Pesantren al Itqon wasilah dari ayahanda dan gurunda kami KH. Oo Suyitno Abdurrahman Mahmud, MA.

Pondok Pesantren al-Hidayah Basmol

Pondok Pesantren al-Hidayah Basmol didirikan pada tahun 1983 berlokasi di Jl. Al Hidayah Basmol No.146 A RT 006/06 Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat 11610. Saat ini pendidikan yang disediakan di Pondok Pesantren al-Hidayah Basmol mulai dari RA, MTs, MA, dan Madrasah Diniyah.

Alhamdulillah sewaktu bekerja di Jakarta, saya pernah bekerja dalam program Kawasan Halal MUI DKI Jakarta yang saat itu MUI DKI Jakarta juga dipimpin oleh KH. A. Syarifuddin Abdul Ghani yang juga pengasuh di Pondok Pesantren al-Hidayah Basmol. Menurut saya beliau sangat arif dan ilmu agamanya sangat dalam.

Beberapa kali saya sempat menjadi ma’mum beliau ketika jam istirahat di kantor tiba. Pun beliau juga berkenan hadir ketika saya melangsungkan syukuran pernikahan. Inipun berkat wasilah dari ayahanda dan gurunda kami KH. Oo Suyitno Abdurrahman Mahmud, MA.

Biaya masuk Pondok Pesantren al-Hidayah Basmol

Jika teman-teman berkenan untuk mendaftarkan anak ataupun saudaranya masuk ke Pondok Pesantren al-Hidayah Basmol, teman-teman bisa langsung ke website resmi madrasah aliyah yang dikelola oleh Pondok Pesantren al-Hidayah Basmol untuk mendapatkan informasi terkini terkait biaya masuk Pondok Pesantren al-Hidayah Basmol. Di website tersebut teman-teman akan mendapatkan kontak person yang dapat dihubungi. Jika berkesempatan berkunjung langsung ke pondok juga bisa saja, tetapi jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan ya :)

Pondok Pesantren Khairul Bariyyah al-Mahmudiyyah

Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH. OoSuyitno Abdurrahman Mahmud, MA. khusus untuk para pekerja urban (khusus laki-laki) yang bekerja di Jakarta namun tetap ingin mengaji. Pondok Pesantren Khairul Bariyyah al-Mahmudiyyah berlokasi dan beralamatkan di alamat yang sama dengan Masjid al-Mahallie yaitu Jl. KH. Moch. Mansyur Jembatan 5 RT 10/RW 05 Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat 11210.

Saat ini Pondok Pesantren Khairul Bariyyah al-Mahmudiyyah juga menyediakan asrama untuk anak-anak usia TK-SD (perempuan) yang ingin belajar mengaji di PP. Tahfidzul Qur’an Rahmatul Ummah Li Tahfidzi Kitabirrahmah. Untuk informasi lebih lengkapnya, teman-teman bisa menghubungi Ustadz Alfath di 0856-48-444-333. Nah, itu dia 5 Pondok Pesantren Terpopuler diJakarta. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Untuk mendukung konten-konten yang di produksi oleh website ini, sangat senang jika teman-teman memfollow blog ini ataupun melihat tayangan video berikut ini:

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

7 komentar untuk "5 Pondok Pesantren Terpopuler di Jakarta"

  1. Pondok pesantren yang baru saya dengar pondok pesantren untuk pekerja laki-laki. Keren ya, tidak hanya anak sekolahan yg bisa mondok, ketika bekerja juga bisa mondok. Nice info kak👍

    BalasHapus
  2. Wah kayaknya pada bagus2 tuh ya.. tapi lokasinya di Jakarta sih ya..

    BalasHapus
  3. Masya Allah.. ya. Sejak TK sudah mondok gimana ngelepasnya. Keren nih para pengasuh pondoknya

    BalasHapus
  4. Semoga nanti besar anakku bisa masuk pesantren, walaupun kok udah baper duluan ya hihi

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak pesantren bagus ya di Jakarta. Bisa jadi alternatif buat anak Jakarta yang ingin nyantri

    BalasHapus
  6. Keluarga mertua juga mengelola pesantren di Kebon Jeruk. Santrinya baru beberapa saja sih.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah nemu artikel ini. Gak perlu cari-cari info kalau teman ada yang mau mondok di Jakarta

    BalasHapus