Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog yang Menarik dengan Biaya Hosting Terjangkau

cara membuat blog yang menarik untuk pemula
Cara Membuat Blog yang Menarik

Sebelumnya sebagai blogger, saya pernah membuat postingan tentang cara mudah membuat blogbaik dari platform wordpress maupun blogspot sendiri. Pada dasarnya cara tersebut sama halnya dengan cara membuat blog di hp.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang cara membaut blog yang menarik sehingga kita bisa mengetahui cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang.

Kalau sudah mendengar uang pasti melek deh ini mah. Nah, setelah cara membuat blog di wordpress ataupun cara membuat blog keren di blogspot sudah kita laksanakan, maka tentu yang menjadi tantangan selanjutnya adalah membuat cara membuat blog yang menarik.

Hmmm, menarik siapa nih? Ya tentu menarik untuk dilihat kita, dilihat pengunjung dan juga dilihat klien dong.

Menetapkan Tujuan Ngeblog dan Konsisten pada Konten

Jujur, kalau dulu sih saya belum tau ya blog saya akan saya gunakan untuk apa karena pada dasarnya pembuatan blog ini adalah tugas sewaktu sekolah.

Namun setelah saya paham bahwa content is the key, maka tujuan ngeblog pun harus kita pahami sejak kita memutuskan untuk membuat blog tersebut. Karena tujuan tersebut yang nantinya akan mengantarkan kita pada konten-konten yang kita produksi.

Contoh ketika kita tahu kita akan membuat blog untuk berbagi seputar kecantikan, maka tentu konten yang akan kita produksi tidak akan jauh-jauh dari hal-hal seperti perawatan tubuh, skincare, make up dan sejenisnya. Gak mungkin dong kalau kontennya tiba-tiba melenceng ke otomotif.

Nah karena blog ini awalnya dibuat untuk tugas, maka saya pun mengisinya secara gado-gado sepemahaman saya waktu itu. Tetapi setelah saya meng-upgrade ilmu dibidang blogging, yah anggap saja lah blog ini kategorinya lifestyle, apa aja bisa dibahas. Hehe..

Cara Membuat Tampilan Blog Seperti Website

Untuk cara yang satu ini agar tampilan blog kita tidak monoton, tentu saya menyarankan teman-teman untuk menggunakan template custom yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kita.

Biasanya tema ini sudah dilengkapi dengan fitur seo friendly, kecepatan loading yang baik, memiliki ruang yang banyak untuk iklan Google Adsense dan sebagainya.

Saya pribadi menggunakan template custom dengan fitur-fitur di atas. Jika teman-teman ingin memiliki template yang sama, teman-teman bisa mengklik kode referalnya di sini.

Struktur blog juga perlu diperhatikan agar artikel kita lebih mudah di index oleh Google. Kapan-kapan akan kita bahas lebih detail untuk yang satu ini ya.

Membuat Gambar dan Judul Blog yang Menarik

Yap, ini penting sekali agar orang-orang merasa tertarik untuk berkunjung ke blog kita. Selain artikel yang kita tulis, tidak sedikit lho orang yang mencari kata kunci tertentu dengan menggunakan penelusuran gambar.

Oleh sebab itu, artikel yang kita buat judulnya harus lah menarik, yang banyak dicari orang. Selain itu, artikel yang kita buat sebaiknya dimasukan gambar berupa ilustrasi, infografis, ataupun gambar yang sesuai dengan tulisan yang dibuat.

Tunjukan Dirimu Melalui Menu dan Sidebar

Ya, selain template yang cantik, sidebar blog juga harus kita kelola agar pengunjung atau pun klien setidaknya mengenal siapa penulis artikel yang sedang mereka baca.

Oleh sebab itu, pada sidebar bisa kita tampilkan beberapa icon seperti deskripsi profil dan selayang pandang tentang deskripsi blog yang kita kelola, artikel yang paling sering dikunjungi, sosial media, kategori apa saja yang ada di blog tersebut, serta berbagai banner komunitas blogger jika ada.

Menu di halaman beranda juga perlu diperhatikan, sehingga apabila di blog kita kategorinya banyak alias gado-gado, pengunjung dapat langsung melihatnya melalui menu yang kita sediakan.

Eyes and Mobile Friendly

Karena mata pembaca juga perlu kita sejahterakan, maka sebaiknya pilihlah warna-warna yang tidak mencolok sehingga pembaca betah berlama-lama berkunjung di blog kita.

Pastikan juga untuk memperhatikan pengaturan blog agar mobile friendly karena sudah menjadi rahasia umum bahwa blog yang kita kelola pembaca terbesarnya di era saat ini berasal dari pembaca yang menggunakan gawai. Begitu pun pada blog yang saya kelola ini.

Gunakan Domain TLD dan Hosting yang Memadai

Terakhir, Sebenarnya tidak masalah sih jika kita menggunakan domain blogspot.com, tetapi faktanya setelah saya memutuskan untuk menggunakan domain berbayar atau TLD (Top Level Domain), alhamdulillah, impian saya memiliki blog untuk cuanisasi terwujud.

Harga domain juga kalau saat ini banyak sekali yang terjangkau. Kalau lagi diskon bisa mulai dari harga 10 ribu aja lho.

Nah kalau teman-teman membuat blog melalui melalui platform selain blogspot, tentu teman-teman memerlukan hosting. Ibarat sebuah lahan, domain adalah lahan dan hosting adalah rumah untuk web yang kita kelola.

Ada beberapa tipe hosting yang perlu kita ketahui mulai dari shared hosting, cloud hosting hingga VPS Hosting.

Hosting Murah dari Rumahweb

Kebetulan nih, saat ini Rumahweb sedang menyediakan promo hosting murah untuk UKM. Meski murah, namun penawaran paket hosting dari Rumahweb banyak pilihannya mulai dari Entry, Small, Medium (hosting terlaris di Rumahweb), Large tentunya dengan fitur keunggulan tersendiri seperti Turbo Booster (membuat website menjadi lebih cepat jika dibandingkan menggunakan Apache).

Ada juga fitur Optimized PHP yaitu fitur yang digunakan untuk mengeksekusi script dengan lebih cepat menggunakan LSAPI.

Fitur selanjutnya Rumahweb memiliki DNS yang tersebar di 8 lokasi baik di Asia, Eropa dan juga US. Fitur lainnya hosting dari Rumahweb memiliki Google PageSpeed yang dapat mengoptimalkan cache, image, serta kecepatan web.

Fitur berikutnya hosting Rumahweb memiliki Data Compression yang dapat mengecilkan file sehingga lebih hemat bandwidth. Terakhir server Hosting Rumahweb memiliki SSD/NVME storage dengan IOPS dan bandwith tercepat untuk mengakses file and query database.

Nah itu dia ulasan tentang cara membuat blog yang menarik dengan biaya hosting terjangkau. Semoga ulasan ini bermanfaat. Sekian, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

6 komentar untuk "Cara Membuat Blog yang Menarik dengan Biaya Hosting Terjangkau"

  1. Sekarang jadi makin mudah ya, karena sudah banyak tutorial juga, banyak kelas juga yang dibuka gratis, asal kita rajin belajar hehe

    BalasHapus
  2. Rumahweb memang cukup terkenal ya mba. Biaya hostingnya terjangkau. Pengen deh pindah ke wp tapi masih galau haha

    BalasHapus
  3. Lihat kata "murah" langsung "maktring" sinyal di kepala. wkwkwkwk.
    perlu banyak belajar nih seputar hosting dan printilan WP. makasih insight-nya Mbak ;)

    BalasHapus
  4. Rumahweb ini juga masuk rekomendasi 10 hosting terbaik deh kayaknya, harganya juga mayan yahh, ngga terlalu mahal juga sih

    BalasHapus
  5. Nah informasinya bermanfaat banget nih buat yang mau bangun blog atau web dan lagi cari hosting murah dan terjangkau gitu bisa langsung melipir ke rumahweb aja

    BalasHapus
  6. Dulu ga pake wp krena hostingnya lumayan bgt harganya, ternyata di rumah web bisa dapetin harga yg terjangkau yaa

    BalasHapus