Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Alasan Menulis di Buku Catatan Unik

buku catatan custom
Tiga Alasan Menulis di Buku Catatan Unik

Sejak kecil, menulis menjadi salah satu kegiatan yang sangat menarik bagi saya. Meski zaman sudah banyak mengalami perubahan, tetapi menulis di buku harian apalagi jika bukunya unik dan cantik, menjadi sesuatu yang tak lekang oleh waktu dan tetap memiliki peminatnya tersendiri seperti saya. Ada alasan-alasan lain yang tetap membuat saya menulis dalam sebuah buku catatan unik. Yuk simak selengkapnya di artikel ini.

Meluapkan Perasaan

Pertama, tentu menulis menjadi healing soul tersendiri yang bisa menenangkan jiwa dan meringankan beban pikiran. Kalau saya ingat-ingat, dulu biasanya saya menulis seperti ini sejak duduk di sekolah dasar. Mungkin kalian juga kenal yah dengan istilah buku diary yang berisi tentang catatan harian. Hihi...

Pelengkap Pekerjaan

Kedua, Tidak afdhol rasanya jika seorang penulis tidak membawa buku untuk mencatat. Yah, walau pun saat ini kita bisa menulis catatan apapun di mana saja, tetapi bagi saya menulis di buku memiliki ketertarikan tersendiri baik ketika menulisnya maupun saat membaca ulang tulisan tersebut. Rasanya lebih melekat meski pun dalam keadaan lelah saya sendiri terkadang kesulitan membaca tulisan latin yang saya buat, hihi.

Baca juga: Sebuah Perjalanan Menulis

Kadang-kadang juga masih ada narasumber bahan tulisan yang tidak bersedia di rekam secara audio dan visual, sehingga sebagai penulis, saya pun harus merekamnya dengan menulis di buku. Multitasking dalam satu waktu. Menjadi pendengar dan penulis yang baik di waktu yang bersamaan.

Mengukir Impian

Konon katanya harapan yang kita tulis kelak akan menjadi sebuah kenyataan. Apakah kalian pernah mengalami ini? Mungkin tidak sedikit ya yang mengalaminya. Saya pun kerap mengalami hal ini. Saya menuliskan banyak cita-cita, harapan, impian dan juga target yang ternyata suatu hari menjadi sebuah kenyataan pada sebuah buku. Ketika hari itu tiba, perasaan saya sangat senang mana kala bucket list tersebut bisa dengan sangat mudah saya bubuhkan tanda ceklis di sampingnya.

Desain Buku Catatan Unik

Biasanya saya menuliskan harapan-harapan ini di buku catatan custom, sebuah buku catatan unik yang desainnya bisa dipesan sesuai keinginan kita. Biasanya desain yang paling mencolok adalah cover atau sampul buku. Ada banyak jenis desain buku catatan custom yang bisa kita temukan seperti sampul kulit, sampul cardboard with rubber strap, atau pun sampul dari bahan khas daerah tertentu.

Baca juga: Terbitkan Ceritamu Menjadi Buku

Cara membuat buku catatan unik tentu tidak mudah, oleh sebab itu saya sendiri sering kali lebih suka memesan dari pada bikin buku catatan unik sendiri. Salah satu tempat pembuatan yang memproduksi buku catatan unik dengan desain yang manis dan elegan ada di Hibrkraft Indonesia.

Hibrkraft Indonesia

Hibrkraft adalah sebuah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berlokasi di Bojonggede, Bogor yang bergerak sejak 2013 di bidang pembuatan handcrafting, jurnal atau agenda kulit dan paket branding. Didirikan oleh Ibrahim Anwar tahun 2011 dengan berbagai macam produk yang bisa diproduksi dengan mendaur ulang kertas dan majalah bekas dengan teknik binding.

Umumnya, Hibrkraft menggunakan teknik binding dengan gaya old-world binding yang mana tepian kertas disobek secara manual kecuali sisi yang bersentuhan dengan tangan. Teknik ini sering kali disebut dengan istilah single thread longstitch binding. Meski begitu, Hiberkraft juga memproduksi notebook fine edge atau jurnal dengan tepian dipotong mesin.

jual buku catatan unik
Hibrkraft Indonesia

Asal usul nama Hibrkraft berasal dari kata hiber (Bahasa Sunda) yang artinya terbang. Namun nama Hibr sendiri merupakan kata akronim yang artinya H. Ibrahim (Hibr) sebuah cita-cita dari pendiri Hibrkraft untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yaitu Ibadah Haji.

Handmade Journal Hibrkraft

Hibrkraft sangat bercita-cita untuk mengembalikan kecintaan siapapun terhadap dunia tulis-menulis sehingga selalu melahirkan produk-produk yang bisa menuangkan gagasan dan ide, menemani perjalanan hidup, dan juga  menunjukkan identitas pemilik buku dengan empat prinsip Hibrkraft yaitu we took our time (memproduksi produk berkualitas), constant improvement (peningkatan mutu), handmade, and community development.

Saat ini Hibrkraft terus berimprovisasi dan berkreasi memproduksi berbagai jenis paket merchandise and souvenir mulai dari gantungan kunci, pouch, totebag, buku catatan, pulpen, box exclusive sesuai dengan kebutuhan customer. Tidak hanya itu, Hibrkraft juga melayani konsultasi, pelatihan, dan reparasi atau repurpose buku. Customer Hibrkraft juga tidak hanya di seluruh penjuru Indonesia melainkan di berbagai manca negara seperti Jerman, Belanda, Kanada, Australia dan Uni Emirat Arab.

DIY Buku Catatan

Project terbaru Hiberkraft yaitu pembuatan travel journal, jurnal Tenun, weekly planner, leather pouch custom, binder with cover leather. Nah, kebetulan yang saya punya adalah jurnal Tenun dan jurnal Trevi dari Hibrkraft. Kain tenun yang digunakan khas sekali dengan kain tenun yang ada di Indonesia. Ada pula seri lainnya seperti jurnal Amabilis dan jurnal Plain. Kalau teman-teman mau mencoba membuat buku catatan sendiri juga bisa lho berkunjung ke markas Hibrkraft.

Karena sepanjang perjalanannya, dengan prinsip community development, Hibrkraft banyak membantu sekitar untuk mendorong masyarakat dengan memberikan pendampingan secara gratis agar kelak dapat menumbuhkan industri kreatif di bidang pembuatan handcrafting.

diy jurnal
Jurnal Trevi (Orange) dan Jurnal Tenun (Navy) custom di Hibrkraft

Nah, itu dia ulasan Tiga Alasan Menulis di Buku Catatan Unik. Jika teman-teman berminat mengadakan kunjungan, pelatihan, atau pun memesan produk souvenir apapun di Hibrkraft, teman-teman bisa langsung berkunjung di Kp. Parakan Jati RT 02/03 N0. 08A, Ds. Susukan, Kecamatan Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16920. Atau dapat menghubungi di instagram @hibrkraft, WA (081511190336) dan juga email: hibrkraft@gmail.com. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

15 komentar untuk "Tiga Alasan Menulis di Buku Catatan Unik"

  1. Saya juga sama kak, seneng banget menulis sebagai self healing dan merangkum apa2 saja yang diimpikan, ingin diraih. Wah keren nih desain buku catatan unik dari Hibrkraft Indonesia. UMKM produknya bagus2 ya, pasti makin semangat nih nulisnya kalau pake DIY buku catatan ini

    BalasHapus
  2. wahh keren yaa buku catatannya, sampulnya juga kece dari kain. Waktu masih sekolah saya juga suka nulis di buku catatan. Apa yang ditulis? Sembarang, tapi banyakan pasti tentang curhat, hehehe

    BalasHapus
  3. Aku penasaran sama jurnal dari hibrkraft. Pengen pake juga ahhh 😍

    BalasHapus
  4. Beuh cakep banget sih. Kalau saya mah jadinya malah sayang ditulisin. Bagus dikoleksi aja 😆

    BalasHapus
  5. Indonesia banget ya buku jurnalnya, warna navy bkin makin kece serasi bgt liat fotonya

    BalasHapus
  6. gemes juga ya bukunyaaa, gak sabar punyaku pengen segera datang hihiii

    BalasHapus
  7. Kece banget buku catatannya sampulnya dari kain.

    Aku pun nggak tenang kalo kemana mana nggak bawa buku catatan. Seperti ada yang terlupa.

    Paket lengkap sama alat tulis atau botol air minum biasanya.

    BalasHapus
  8. Aku salah satu orang yg hobi ngoleksi buku notes gt ;) hehe. Nulis dari mulai to do list sampai mimpi2, rencana ke depan dll. Ini notesnya unik bgt ya covernya etnik. Produk lokal pula. Perlu bgt di promote & disupport biar lebih maju.

    BalasHapus
  9. Kalau aku waktu SMA menulis untuk meluapkan perasaan. Rasanya plong aja hehhe. Makanya sejak itu suka nyari-nyari jurnal book yang lucu-lucu. Produk dari hirbrkraft bagus juga nih, karena ada kertas yang daur ulang.

    BalasHapus
  10. Sukak dong sama warnanyaaa.. duh..

    Bakal sering nulis nih kalo ada jurnal tenun dari Hibrkraft, hihi..

    BalasHapus
  11. Daridulu aku suka banget ngumpulin model jurnal kek gini. tapi yaaaa, gitu deh akhirnya cuma penuh di awal aja wkwkw astaghfirullaah ngga konsisten. Btw jurnalnya lucuuu

    BalasHapus
  12. Ternyata sama ya ... Akupun sering kemana² bawa note mbaa.. selain untuk nyatet pengeluaran kadang nyatet buat bahan tulisan.. hehehehe

    BalasHapus
  13. Makin semangat nulisnya ya mba bikin catatan unik keren dibuku ini
    aku belum puya sih, pernah beberapa kali liat

    BalasHapus
  14. Kalau aku masih semangat ngumpulin jurnal doang. Nulisnya masih males2an. Saking udah lama nggak pegang bolpoin.

    Sekarang lagi belajar lagi nih. Biar tulisan tangannya rapi. Kan nggak lucu kalau jurnalnya cakep, isinya kek cakar ayam hehe

    BalasHapus
  15. penasaran sama dalamnya diary bentuknya gimana. kalo dulu kan banyak bentuk lucu2 gitu..

    BalasHapus

Berlangganan via Email