Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog yang Menarik di Blogger

blog untuk pemula
Cara Mudah Buat Blog dengan Platform Blogspot

Selama satu tahun saya mengoptimalkan blog ini dan menghasilkan pundi-pundi rupiah, akhirnya banyak teman yang bertanya, gimana sih cara bikinnya? Biasanya sih saya bilang searching aja... Tapi kali ini saya pandu ya. Sebenarnya mudah saja teman-teman, dari pada panjang lebar, ikuti tahapan-tahapan ini ya.

Punya Email

Ini mutlak ya, teman-teman harus buat email terlebih dahulu... Kalau bisa ada email yang belakangnya gmail ya. Yahoo dan lainnya boleh saja, tetapi karena blogspot ini ibarat kata anakannya google, maka saya sih lebih prefer menggunakan gmail untuk emailnya.

Baca juga: Pengalaman Mengurus Google Adsense

Masuk Ke Blogger.com

Setelah teman-teman masuk ke blogger.com dari situs pencarian, teman-teman akan ditampakan dengan layar kurang lebih seperti ini...

blog for newbie
Langkah Pertama

Seperti pada umumnya, teman-teman akan mengisi alamat email yang sudah dibuat sebelumnya, lalu mengisi password. Apabila sudah berhasil login, teman-teman akan mendapati layar dengan gambar seperti berikut ini:

blog untuk momblogger
Langkah Kedua

Di sini teman-teman bisa mulai mengatur apakah ingin menggunakan bahasa inggris atau bahasa indonesia. Teman-teman juga diminta untuk menuliskan nama blog, setelah selesai kemudian lanjut teman-teman akan diminta untuk menuliskan url blog teman-teman. Contoh url: https://www.iffiarahman.com nama blognya Hanya Tulisan Iseng di Waktu Senggang.

Baca juga: Cara Biar Blog Gak Bersarang Laba-Laba

Cara Membuat Postingan

Jika proses di atas sudah dilalui, maka teman-teman akan masuk di dashboard blog dengan tampilan seperti ini:

monetisasi blog
Tampilan Dashboard Blog yang Sudah Jadi

Nah, foto yang pertama di poin ketiga adalah tampilan dashboard Blogspot. Jika teman-teman ingin membuat tulisan klik menu bar di sebelah kiri pilih berita baru. Jika ingin melihat postingan, statistik pengunjung, komentar dari pembaca, bisa diklik sesuai judulnya pada menu bar. Begitu juga ketika ingin mengganti tema ataupun tata letak blog.

Jika teman-teman ingin melihat tampilan blog bisa langsung klik lihat blog pada menu bar atau mengetik url blog yang sudah teman-teman buat. Mudah bukan? Tentu mudah, tetapi yang penting dan kunci utama dari mengelola blog adalah konsisten dan harus selalu ingin terus belajar karena masih ada tahapan lainnya yang perlu teman-teman lalui jika ingin blognya dimonetisasi.

Baca juga: Tips Menulis di Mubadalah.id

Mungkin ulasan kali ini tentang cara mudah buat blog dengan platfrom blogspot sekian dulu ya, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar :)

Kata kunci: Cara Mudah Buat Blog, Cara Mudah Jadi Blogger, Bikin Blog dari Blogspot

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

6 komentar untuk "Cara Membuat Blog yang Menarik di Blogger"

  1. Jelas sekali kak penjelasannya, tts cara bisa biar dapatin pundi2 rupiah gimana ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti artikel berlabel blog ya kak, insya allah akan diupdate secara berkala :)

      Hapus
  2. Wah benar sekali, kalau membandingkan dengan platform sebelah, blogspot memang jauh lebih mudah. Toss dulu kakak.

    BalasHapus
  3. Membuat blog di blogspot ini memang mudah banget ya Mbak. Yang penting punya akun gmail aja kita sudah bisa bikin blog

    BalasHapus
  4. Suka suka... ini penting lho buat para oemula macam aku dulu. Menhenal hal kayak gini kalo ikut training bayarnya gak murah huhuhuu..... :(

    BalasHapus
  5. Selama nyobain blogspot dan wp, aku kayaknya lebih nyaman yg BP sihh.
    Mungkin karna uda terbiasa juga kali yaa, hehehe

    BalasHapus