Keliling Indonesia sebelum Keliling Dunia

Saya selalu bermimpi bisa keliling dunia, tapi tidak terlepas dari mimpi itu, Saya selalu berharap untuk bisa dan memprioritaskan untuk menjelajahi keindahan-keindahan di Indonesia Tanah Air saya sebelum negara manapun.

Sejauh ini, karena Saya tinggal di pulau Jawa lebih tepatnya DKI Jakarta, maka saya putuskan untuk memulainya dari pulau Jawa. Tema perjalanan Saya di Ibu Pertiwi adalah #MenujuKeTimur. Mulai dari Jakarta (Pulau Jawa) terus hingga ke timur (Pulau Bali, Lombok, NTB, NTT, Papua, Maluku, Kalimantan, Sumatera) sampai kembali lagi ke DKI Jakarta. Dari sekian banyak provinsi di pulau Jawa, ada banyak provinsi yang menyuguhkan berbagai keindahan di dalamnya dan mungkin meskipun saya berupaya untuk menyambanginya satu per satu, namun dalam perjalanan #MenujuKeTimur ini Saya targetkan minimal 65% kabupaten dari setiap provinsi tersinggahi.

Jangan tanya berapa kali kunjungan saya ke DKI Jakarta, anggaplah sudah 100% perjalanan Saya di DKI Jakarta, karena meski saya besar di DIY, namun saya lahir di DKI Jakarta dan mewarisi darah betawi sunda. Sejauh ini untuk Provinsi Jawa Barat, 14 dari 18 Kabupaten sudah Saya singgahi (77.78%). Sedangkan untuk Jawa Tengah, 12 dari 29 Kabupaten telah terlewati dengan baik perjalanannya (41.37%). Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, 4 dari 4 Kabupaten dan 1 dari 1 Kota sudah Saya simpan kenangannya dengan rapi, karena di kota ini lah Saya mengenyam pendidikan informal maupun formal (100%). Dan di DIY lah saya besar dan berkembang (meskipun 'saya' selalu imut dan tidak benar-benar berkembang :D ). Dari ke-enam provinsi, di pulau Jawa, saya baru 2 kali berkunjung ke daerah timur dari 29 kabupaten. Satu ketika saya hendak meneruskan administrasi pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Kelautan dan satu lagi ketika saya hendak menyebrang ke Pulau Dewata (ada program studi banding dari kampus). Jika di persentase, perjalanan saya baru 6.89% di provinsi Jawa Timur. Untuk itulah, kemungkinan besar, jika Tuhan berkehandak, Saya akan semakin banyak #MenujuKeTimur (benar-benar ke daerah timur :D) untuk menyambangi setiap keindahan di sana. Tujuan pertama mungkin Surabaya. Jika teman-teman backpacker sedang berada di sana, semoga kita bertemu dan bisa berbagi pengalaman lebih banyak.

Mungkin tidak semua perjalanan akan saya tulis maupun posting karena beberapa kendala. Tapi percayalah, saya mengingat detail setiap perjalanan saya dan ketika kita bertemu kita akan bertukar kisah :)

Bantu dan Support saya #MenujuKeTimur. Salam Indonesia!



Berikut di bawah ini adalah peta dari wilayah yang sudah saya kunjungi di Pulau Jawa.
Yang sudah dikunjungi yang saya beri tanda lingkaran :)

0 Comments:

Post a Comment