Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Betapa Pentingnya Mencegah Tradisi Momshaming

Akan selalu ada pertanyaan-pertanyaan yang merundung hidup seseorang dari lingkungannya yang tidak akan pernah habis. Semasa sekolah ditanya kapan lulus? kok gak ngambil jurusan ipa aja? Setelah masuk dunia perkuliahan, ditanya bagaimana skripsinya? kok gak lulus-lulus sih? Begitu pula setelah lulus, kok gak kerja? mau nyobain cpns apa kerja di perusahaan swasta? Bahkan ketika sudah kerja dan akhirnya menikah pun masih juga mendapatkan pertanyaan yang tidak ada habisnya yang bisa saja membuat orang yang ditanya merasa dirundung.
Lebih parah lagi setelah menikah masih juga diberi pertanyaan tentang momongan. Setelah memiliki momongan pun masih saja diberi pertanyaan yang sebenarnya hanya basa-basi atau tidak perlu ditanyakan seperti kok anaknya hitam sih? dijahit berapa jahitan? lho kok baru lahir sudah diberi susu formula?

Mubaadalah News
Ilustration: Freepik.com

Tak ubahnya dengan perundungan atau bullying, Menurut Roslina Verauli seorang psikolog (CNN, 2018) momshaming adalah tindakan yang dilakukan seseorang atau sekelompok untuk membuat malu seorang ibu atas pola pengasuhan terhadap anaknya seolah-olah pola pengasuhan pelaku momshaming adalah pola pengasuhan yang lebih baik jika dibandingkan korban. Seseorang yang melakukan momshaming sering kali tak sadar bahwa yang ia lakukan adalah tindakan kekerasan psikis karena efek dari tindakannya mampu mempengaruhi kesehatan mental atau psikis korban.
Biasanya pelaku momshaming atau momshamer tidak begitu peduli dengan dampak yang diterima korban momshaming akibat perundungannya. Padahal menjadi seorang ibu saja sudah berat, apalagi jika diberi beban tambahan psikis oleh momshamer.  Namun sebaliknya, seorang ibu atau orang tua yang menjadi korban momshaming akan terjadi perubahan pada sarafnya dan mengakibatkan korban tersebut merasa insecure, tidak percaya diri bahkan depresi (Ika, 2018) terhadap pola parentingnya dan dapat memicu terjadinya baby blues syndrome hingga Post Partum Depression.
Selain beberapa langkah menghadapi momshaming untuk korban, yang tidak boleh dilupakan adalah konsep mubaadalah atau konsep kesalingan. Faktanya pelaku dan korban momshaming seringkali adalah sama-sama seorang perempuan. Oleh karena itu, untuk memutus budaya momshaming, perlu bagi siapapun untuk mengingat konsep kesalingan kepada pelaku maupun korban momshaming, yang mana jika tidak ingin disakiti maka jangan menyakiti.
Seperti hadits Rasulullah SAW berikut ini, “Dari Yahya al-Mazini ra, Rasulullah SAW bersabda: ‘Tidak diperbolehkan mencederai diri sendiri maupun mencederai orang lain’ Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam kitab Muwathta’nya (Nomor Hadits 1435)” (Kodir, 2017).
Baik pelaku atau pun korban momshaming diingatkan kembali kepada prinsip kemanusiaan yang paling dasar yaitu persaudaraan. Jika merendahkan, mencibir, menghina saja sudah masuk tindak kejahatan, apalagi tindakan momshaming yang akibatnya dapat mempengaruhi efek Baby Blues Syndrome hingga Post Partum Depression dan dampaknya dapat membuat depresi, gangguan kesehatan mental bahkan membahayakan nyawa ibu dan anaknya.
Menjadi seorang ibu tanpa dikritik saja sudah sulit, apalagi menjadi seorang ibu yang menjadi korban momshaming. Jika memang peduli terhadap pola pengasuhan yang diterapkan kepada si anak namun takut komentar kita menyakiti orang tua terutama ibunya, maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah menjadi baik atau diam (tidak berkomentar). Be kind please, because every single moms has her own battle.
Tulisan ini pernah dimuat di Mubaadalah News. Semoga bermanfaat dan tinggalkan jejak di kolom komentar ya :)
Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

6 komentar untuk "Betapa Pentingnya Mencegah Tradisi Momshaming"

  1. Sesama Ibu mesti saling mendukung. Karena peran ibu itu gak mudah untuk dijalani, semangat para ibu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kak, bener banget... setelah jadi ibu baru kerasa ya:)

      Hapus
  2. Bicara yang baik, atau diam. Mungkin seperti itu ya istilah yang sesuai.

    Kadang kita (nggak cuma momshaming) tanpa sadar merundung orang lain yang melakukan sesuatu dengan cara berbeda dari yang kita lakukan. Lupa bahwa si orang yang kita rundung itu mungkin udah jumpalitan ngerjain yang mereka kerjain.

    Dan, kita dengan mudahnya berkomentar, "Lho kok gitu sih?"

    Mana pakai memicingkan mata segala, mulut dimanyun-manyunin, udah kaya dirinya yang paling bener, dan orang lain yang paling salah.

    So what if people do things differently?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, bener bangeeettt... kalo kita diem ga jawab dianggap ga berani dan makin dibully padahal nahan sabar. kalo ditanggepin dianggap ngegas :D memang lebih baik berlatih untuk diam meski ingin berkomentar :D

      Hapus
  3. Harus jaga lisan dengan baik, kalo gak ya bikin orang lain tersinggung. Apalagi sesama wanita harusnya ya saling support

    BalasHapus
  4. beberapa temen juga pernah cerita nih tentang mom shamming, sebenernya cukup tutup mata tutup telinga aja sih ya supaya nggak terlalu masuk ke hati. Sabar-sabar lah jadi wanita memang.

    BalasHapus