-->

Afiliasi Domainesia

hosting indonesia

4 HAL PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBUKA USAHA KULINER

Tips memilih supplier untuk usaha kuliner, tips menjalankan usaha kuliner dengan praktis. GoFresh, marketplace untuk supplier bahan baku restoran
Design by Canva


Sebelum bahkan ketika pandemi Covid 19 hadir, tidak sedikit masyarakat yang mencoba peruntungan dengan berwirausaha di bidang kuliner. Saya pun termasuk menjadi salah satu masyarakat ini. Dulu sebelum Kafa lahir, setelah menikah dan memutuskan untuk resign, berbekal sering bertemu dengan klien pelaku usaha kuliner dan saya juga sangat hobi kulineran, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba peruntungan di bidang kuliner.

Menu homemade yang pertama kali saya buat untuk usaha ini adalah jajanan kekinian seperti Takoyaki dan Taiwan Chicken Snack. Alasannya karena saya suka sekali dengan kedua jajanan ini. Setiap kali ke mall saya selalu membeli cemilan-cemilan ini. Tetapi mengingat waktu itu di Magelang belum ada yang menjualnya, maka saya harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 30-45 menit ke Yogyakarta untuk membelinya. Karena merasa terlalu jauh, jadi saya memutuskan untuk mencoba membuatnya.

Ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Setelah membeli peralatan memasak dan bahan baku, saya mencoba membaca resep-resep best recook yang beredar di internet. Setelah yakin resep mana yang akan saya gunakan, saya pun mulai mencoba membuat Takoyaki dan Taiwan Chicken Snack. Alhamdulillah, diluar dugaan, pertama kali membuat, orang rumah langsung berkomentar "ENAK". Setelah beberapa kali mencoba dan merasa konsisten dengan racikannya, akhirnya saya memutuskan untuk membuka usaha kuliner.

Tetapi tidak semudah membuat menu homemade yang hanya disajikan untuk keluarga. Dalam berbisnis termasuk usaha kuliner, tentu saya harus mempertimbangkan beberapa hal. Diantaranya adalah tempat usaha, analisa modal, analisa harga jual dengan harga bahan baku dan produksi, mencari dan bekerja sama dengan supplier sembako, teknik marketing, serta membangun hubungan dengan konsumen. Saya bahas satu persatu dibawah ini ya.

Tempat Usaha

Ketika memulai niat ini, saya dan suami sudah memutuskan untuk berjualan via online. Oleh karena itu kami tidak terlalu memikirkan tempat membuka usaha, karena bisa menggunakan ruangan yang ada di rumah dan hanya perlu sedikit perbaikan.

Teknik Marketing dan Membangun Hubungan dengan Konsumen

Karena berniat membuka usaha kuliner online dengan sistem preorder, maka tentu teknik marketing yang saya lakukan adalah melempar bola terlebih dahulu dan memperkenalkan produk ke siapa lagi jika bukan ke teman-teman dan keluarga terdekat. Teknik marketing ini tentu berkaitan dengan hubungan kita dengan konsumen.

Saya mencoba untuk membangun kepercayaan dimulai dari lingkaran pertemanan terdekat. Jika ada transaksi yang berhasil, seperti penjual pada umumnya, saya meminta masukan, kritik, dan saran. Testimoni mereka tentang jajanan kekinian yang saya promosikan juga saya bagikan di berbagai sosial media dengan harapan dapat menjangkau pembeli lebih banyak.

Saya berusaha membangun hubungan yang baik terhadap konsumen lama maupun baru baik teman sendiri ataupun pembeli yang sama sekali tidak saya kenal sebelumnya. Saya mencoba untuk melayani mereka dengan ramah, fast respon, serta memperbaiki kualitas dan mempertahankan citarasa. Memang tidak selalu mulus jalannya. Istilahnya, namanya juga baru mbabat hutan. 

Analisa Modal; Harga Bahan Baku, Harga Produksi, dan Harga Jual

Poin ini penting sekali agar tidak terjadi pembengkakan dalam membeli bahan-bahan baku. Apalagi mengingat beberapa bahan baku makanan memiliki masa simpan yang tidak lama. Survei harga baik bahan baku maupun peralatan memasak menjadi langkah tepat untuk menganalisa modal yang nantinya akan mempengaruhi harga jual menu yang akan dipasarkan.

Harga produksi juga sebenarnya sangat penting dalam analisa modal. Masa iya usaha kita memasaknya tidak diperhitungkan. Kan sedih ya, tetapi kadang poin ini tidak begitu diperhitungkan oleh pegiat usaha mikro apalagi jika mengingat harga jual dengan pesaing dan kisaran daya harga beli masyarakat. Kalau terlalu mahal juga orang pasti berfikir dua kali. Maka yang sering terjadi adalah harga produksi dianggap sedekah si pelaku usaha agar usahanya "jalan dulu".

Bekerja sama dengan Supplier

Poin ini sangat berkaitan dengan analisa modal yang sebelumnya sudah sedikit saya jabarkan di atas. Agar usaha kuliner bisa berjalan, lakukanlah kerja sama dengan supplier bahan baku. Hal ini bertujuan agar kita memiliki pemasok bahan baku tetap dan mempermudah dalam penyediaan stok bahan baku. Selain itu kita juga tidak perlu lagi bersusah payah mencari ke sana ke mari, tidak perlu lagi bernegosiasi, dan tidak perlu lagi khawatir terhadap kualitas bahan baku karena sudah pernah mengetahui kualitasnya pada pembelian pertama.

Saya sangat belajar pada pengalaman saya mencari supplier bahan baku, terutama supplier sembako untuk usaha jajanan kekinian ini. Saya tidak bisa bilang mudah dalam hal ini, apalagi mengingat tidak semua bahan baku ada di Magelang, sehingga lagi-lagi saya harus ke Jogja untuk membeli bahan baku. Kalau dihitung-hitung perjalanannya sudah menghabiskan keuntungan penjualan kali ya, hihi.

Untuk mencari supplier yang kredibel, sangat penting untuk memperhatikan beberapa poin berikut ini yaitu:
1. Kredibelitas supplier
2. Kualitas produk yang ditawarkan supplier
3. Menyesuaikan dengan kebutuhan
4. Analisis kapasitas supplier
5. Perhatikan track record supplier
6. Konsistensi layanan
7. Garansi dan pengembalian
8. Memberikan produk sampel
9. Harga terbaik dengan kualitas terbaik

GoFresh, Supplier Sembako dan Restoran

GoFresh marketplace terbaik untuk supplier sembako dan bahan baku restoran
Dok. Moka x GoFresh

Kalau sekarang sih enak ya sudah ada GoFresh, supplier sembako dan supplier restoran online terpercaya. Supplier sembako dan restoran yang terdaftar di dalam GoFresh menyediakan aneka produk bahan baku seperti sembako, daging sapi dan ayam, sayuran, telur dan lainnya. 

Sekali tap tap bahan baku yang dibutuhkan bisa didapatkan tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi lagi. Mengapa? Karena GoFresh menyediakan layanan gratis ongkos kirim secara cuma-cuma hanya dengan berbelanja minimal Rp  300.000,-. Bayangkan saja usaha kuliner yang harga total bahan bakunya pasti melebihi angka Rp 300.000,- setiap kali restock, tentu biaya ini sangatlah murah.

Tips memilih supplier sembako untuk usaha kuliner
Salah satu keunggulan GoFresh


Selain itu, proses pembayarannya juga mudah. Pengguna GoFresh bisa membayar bahan baku yang dibeli melalui virtual account, alfamart, kartu kredit, serta GoPay. Tidak hanya diuntungkan dari segi harga murah, tetapi juga dapat menikmati layanan lainnya seperti penjadwalan pemesanan dari supplier, kemudahan proses pemesanan, jaminan ketersediaan dan kualitas bahan, serta pilihan waktu pengiriman yang fleksibel.

Pesanan juga dikirim dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Apabila pembayaran sudah diselesaikan sebelum pukul 15.00 WIB, maka pesanan akan dikirim H+1. Sedangkan pembayaran yang diselesaikan setelah pukul 15.00 WIB, maka akan dikirimkan H+2. Pesanan berupa produk segar seperti daging dan sayuran akan tiba maksimum sebelum jam 12.00 WIB dan untuk produk sembako (groceries) maksimum tiba sebelum pukul 17.00 WIB.

Jangan khawatir jika terjadi kemungkinan terburuk pada pesanan yang sampai di rumah. Karena pelaporan masalah pesanan dapat dilakukan langsung melalui aplikasi dan pilih opsi sesuai dengan kendala, pilih "kirim email ke Gojek" serta lengkapi data yang dibutuhkan. Semudah itu untuk mengatasi kendala terkait pesanan.

Jadi tunggu apalagi? gunakan kemudahan dalam revolusi industri 4.0 ini untuk mempermudah mencari supplier sembako dan restoran, meningkatkan omset penjualan, serta menjalankan usaha kuliner dengan praktis bersama GoFresh. Sekian ulasan ini, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar ya :)












Karimah Iffia Rahman
Seorang perempuan sagitarius yang hidup dalam peran ganda sebagai istri, ibu, dan penulis lepas. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0

Related Posts

101 komentar

  1. Memang sekarang serba praktis yaa, Kota Solo udah bisa belum yah?

    BalasHapus
  2. Apriliyantini15 Juli 2020 09.20

    Bener juga ya, Usaha kuliner via online lebih menjanjikan sekarang, apalagi kita tidak perlu tempat usaha yang luas. Cukup jualan lewat rumah bisa. Makasih tipsnya

    BalasHapus
  3. Drngan adanya suplier sembako melalui Go Fresh auto makin dipermudah usaha yang dimiliki ya keren inovasinya

    BalasHapus
  4. Jaman sekarang bisnis online sedang naik baget karena banyak keuntungan dan kemudahan bagi penjual dan pembeli.

    BalasHapus
  5. Aku lagi pengen ngerintis usaha kuliner juga nih mbak. Masih tahap bikin logo tapi hanya khusus online.

    BalasHapus
  6. wah ini info yang sangat bermanfaat banget buat saya, yang kebetulan istri juga mau mulai berjualan.
    terimakasih kak untuk sharingnya

    BalasHapus
  7. Saat pandemi ini. . Sudah banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya.. piliham berikutnya untuk terus berdltahan hidup adalah mencoba berwirausaha.. ayo berwirausaha..

    BalasHapus
  8. Lalu kangen makan cemilan pedesnya yg legend huhah bgt itu meh. Aku sempetin ketemu di ss sendirian ya pdhl ku lg hamil kayaknya pas itu.

    Jasanya Gofresh nih Bagus. Semoga makin bnyk supplier yg daftar ya. Apalagi pandemi gini, biar butuh apa2 tinggal kirim aja.

    BalasHapus
  9. Sekarang mau usaha nggak lagi repot ya. Tinggal klik, semua beres. Nggak perlu berlelah-lelah kelapangan, hehe..

    BalasHapus
  10. ini produk dari gojek kah? hebat ya, diversifikasinya banyak setelag gopay dan lain lain lalu sekarang gofresh. klo buat usaha sih oke ya, apalagi gratis ongkir min. belanja 300rb. apalagi dimasa pandemi begini yang mau ke pasar mikirnya miliaran menit, hehehe.

    BalasHapus
  11. Wah baru tau aku ternyata go fresh bisa jadi supplier ya. Aku kira untuk kita beli produk sayur san buah aja. Bisa di coba nih. Sekarang Semua terasa mudah ya hanya lewat gadget .

    BalasHapus
  12. Nah kalau ada gratis ongkir gitu enak kak. Yang suka sebel kan belanja kalo ongkirnya hmm lumayan. Malah bisa lebih mahal dari yg dibeli hehe

    BalasHapus
  13. Selalu ada kemudahan kalau seperti ini ya kak. Semoga bisa dipesan di seluruh Indonesia nantinya

    BalasHapus
  14. Selalu ada kemudahan kalau seperti ini ya kak. Semoga bisa dipesan di seluruh Indonesia nantinya

    BalasHapus
  15. Banyak manfaat memudahkan produknya bagi pembeli dan penjual karena serba online

    BalasHapus
  16. Cocok buat yang mau usaha kuliner deh infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget. Sangat ngebantu ya mba. Sekarang memang butuh yang mudah kaya gini sistemnya.

      Hapus
  17. Kebetulan banget saya lagi butuh bacaan tentang usaha kuliner eh nemu artikel ini

    BalasHapus
  18. Terimakasih banyak Kak sudah berbagi tips sebelum buka usaha kuliner. Semangat untuk yang mau mulai usaha!

    BalasHapus
  19. Bisnis kuliner memang menjanjikan, tapi kalo gak pinter strategi, bisa ketinggalan jauh dari saingan yg lain. Artikel yg menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Strategi itu penting dalam dunia usaha, termasuk bidang kuliner kak

      Hapus
    2. Auto jadi bekel ya mbak put. Kali aja nanti abis nikah lgsg buka usaha. Hihi

      Hapus
  20. Wah aku baru tau ada go fresh ini buka usaha supplier...sebenernya jadi tantangan buat usaha bapak njh, krn supolier ke restoranπŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru GoFresh ini marketplace untuk bertemu dengan para supplier kak

      Hapus
    2. Oh gitu Mbak..jadi kita bisa daftar jadi supplier ya di gofresh. Wah menarik

      Hapus
  21. Bagus banget ini buat bagi yanh usaha kuliner

    BalasHapus
  22. aku udak klik link go greshnya, tampilan web nya clean dan simple, mudah jika kita pengen tau soal belanja di go fresh kaya gimana. penjelasan per point nya cukup jelas. bisa nih di pake kalo usaha kuliner saya suatu hari jalan lagi, sekarang off dulu nih, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga udah instal aplikasinya mbaa. Hihi. Emang keren banget jadi praktis.

      Hapus
    2. Wahh, Mbak Eka pernah punya usaha kuliner yaa... Bikin lagi dong, Mbak, hehehe.

      Hapus
  23. Kalau sudah ketemu supplier yang cocok memang enak ya, jadinya bisa mengatur perhitungan keuntungan dengan lebih baik dan juga kelangsungan produksi lebih terjamin.

    BalasHapus
  24. Gojek emang makin variatif ya. Jadi gofresh ini bisa buat beli sembako buat usaha kuliner gitu ya. Semoga nanti bisa buka usaha kuliner, pengen banget hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gojek banyak cabang aplikasinya ya, lengkap bener. kaya yang gak kehabisan ide gitu, selalu ada aja inovasi aplikasi

      Hapus
    2. Aku aminin yaa Kak Tri, hehehe. Bisnis kuliner cukup menjanjikan yaa sepertinya, asal ulet dan jangan lupa berdoa juga tentunya.

      Hapus
  25. Jaman sekarang apa apa dipermudah ya, mau buka usaha aja bisa langsung klik hihihi, btw thanks infonya sangat membantu buat adikku yg lagi merintis usaha kuliner

    BalasHapus
  26. baru tahu ada gofresh. jadi menguntungkan penjual bisa jualan online dan pembeli juga untuk belanja online. aku tuh suka nggak pegang uang cash, jadi kalau pakai virtual account gampang belanja. tinggal pakai banking.

    BalasHapus
  27. Zaman now kita mau berwisausaha udah semakin dimudahkan ya. Kini ada GoFresh yang bisa kita usaha kuliner :) Kita dimudahkan banget ya kalau berbelanja tinggal pesan GoFresh trus delivery deh. Sampe deh pesanan kita.

    BalasHapus
  28. Inspirasi banget nii.. jadi pengen bikin usaha online jugaa

    BalasHapus
  29. Kayaknya pernah denger itu GoFresh, etapi belum pernah menggunakannya. Enak kali ya belanja di GoFresh. Makasih Kak infonya

    BalasHapus
  30. Dimasa pandemi ini hampir semua bidang usaha beradaptasi untuk bisa menjangkau pasar mereka. Keren sih kalau menurut saya. Kita jadi lebih mudah mencari supplier sembako.sehingga waktu lebih efisien dan tidak perlu bolak-balik keluar rumah.

    BalasHapus
  31. Wah enak ya ada Go Fresh, di sini belum begitu hits sih. Semoga ke depannya di sini bisa terjangkau. Thx info tips buka usaha kulinernya kak.

    BalasHapus
  32. saya termasuk yang kepikiran ingin bikin usaha kuliner sistem ini mbak. Saya suka coba2 resep, dan tinggal agak jauh dari kota. Tapi sistem online memang solusi sekali, ya. TFS ya Mbak.

    BalasHapus
  33. Asyik juga ya pake GoBiz, bisa mempermudah buat mereka yang bisnis kuliner. Soalnya salah satu keribetan memang pada jalur distribusi bahan makanan dalam kualitas besar, kita mesti mikir lagi nih. Kalo pake Gobiz bisa dipangkas proses ini.

    BalasHapus
  34. Ternyata banyak ya yg mesti diperhatikan saat ingin usaha kuliner, temen ada nih yg usaha sperti ini...thanks sharenya ya

    BalasHapus
  35. usaha makanan mudah jika ditekuni dan dijalani dengan konsisten dengan mempertahankan kualitas bukan hanya rasanya saja.. usaha on line lebih mudah di jalankan karena menghemat biaya sewa tempat dan promosi pasar nya bisa melalui sosmed..

    BalasHapus
  36. artikel nya membantu banget buat aku yg lagi mau coba bisnis kuliner rumahan

    BalasHapus
  37. Iya ne bener bgt mom, aku jg punya rencana mau buat usaha kulineran. Thank you ya mom untuk sharingnya❤

    BalasHapus
  38. Devi ariyani18 Juli 2020 16.33

    betul bgt ini mom, aku jg ada usaha kuliner. Thank you ya mom buat sharingnya

    BalasHapus
  39. Wah serius aku baru tahu gofresh ini kak. Kayaknya di aplikasiku belum ada nih, eh belum update maksudnya 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update dong kak Ji.. Aku aja udah udah, soalnya baru dowload kemaren, hehe..

      Hapus
  40. Wah sekarang jika kita ingin membuka usaha kuliner lebih enak. Ada GoFresh, supplier sembako dan supplier restoran online terpercaya menyediakan aneka produk bahan baku seperti sembako dan lain sebagainya

    BalasHapus
  41. Mantap bener sangat bermanfaat

    BalasHapus
  42. Mantap bener sangat bermanfaat

    BalasHapus
  43. Patut dicoba yaa go freshnya, nice info πŸ˜€πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  44. Masukan bget buat aku yg baru buka usaha kuliner, thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tambah laris manis yaa bel. Semoga nanti Go Fresh tambah meluas jangkauan pemasarannnya biar tempat2 lain juga mudah diakses

      Hapus
  45. Sekarang memulai usaha memang yg diperlukan adalah networking ya mba jafi kita mulai jualannya kepada org terdekat dulu. Go fresh sepertinya bisa aku install nih. Lebih praktis

    BalasHapus
  46. Kalau ada supplier, emang stok bahan jadi semakin mudah. Semoga lancar bagi yang menjalankan usahanya. Aamiin

    BalasHapus
  47. Keren nih inovasinya, bisa memudahkan semua apalagi saat pandemi seperti ini

    BalasHapus
  48. Sekarang apa yg bisa dijadikan ladang bisnis dijabanin deh ya, asalkan halal mah, apalagi saat pandemi ini huff

    BalasHapus
  49. GoFresh sangat simple banget ini, tak infoin sama temenku yang lagi usaha sembako juga.

    Ternyata, GoFresh ini salah satu solusi dimasa pandemic, jika segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah dan serba teknologi canggih.

    BalasHapus
  50. Untuk buka usaha memang perlu perhitungan dr segi tempat yg utama strategis atau tdk itu mempengaruhi banget dah gitu supplier lbih memudahkn kyk GoFresh ini y

    BalasHapus
  51. Ana Maghfiroh20 Juli 2020 16.00

    info yang menarik, thanks

    BalasHapus
  52. nyari suplier ini yg gampang2 susah, pengennya sih nt klo dah resign mau buka usaha jual makanan...cmn lagi nyari2 yg pas takut udh buka tpi gak fokus

    BalasHapus
  53. Asik sekarang ada GoFresh. Saya juga suka mager kalau harus belanja keluar. Mending online aja

    BalasHapus
  54. Harus benar - benar diperhatikan ya mba solanya sekarang banyak vangeet yang buka bisnis kuliner

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba apalagi saat wfh ini banyak org yang berinovasi dalam usaha khususnya di bidang kuliner

      Hapus
  55. Praktis sekali GoFresh ini terutama utk yg bisnis kuliner ya.. Apakah sdh ada di semua kota atau batu di kota2 besar saja ya?

    BalasHapus
  56. aku dulu pernah usaha kuliner tapi cuma bertahan setaun.. hehe.. enak ya sekarang ada go fresh jadi lebih mudah cari bahan2

    BalasHapus
  57. Salut sama yg pada pinter masak dan bisa punya usaha kuliner, keren euy soalnya aku ga pinter masak. Btw, baru tahu nih ada GoFresh dari GoJek. Makin mempermudah para pengusaha kuliner buat dapetin bahan baku usaha mereka.

    BalasHapus
  58. Selama pandemic ini lagi banyak banget temen temen yang punya usaha kuliner jugaaa, terima kasih info dan sharingnya yA

    BalasHapus
  59. Dimana ada keinginan, pasti ada jalan ya Mbak. Sekarang semua serba mudah, banyak pilihan pula, tinggal kitanya aja yang mau memanfaatkan peluang dan mau berusaha apa tidak.
    Duduk manis di rumah, tinggal tap tap, bahan baku yang kita inginkan udah bisa datang sesuai pesanan, semudah itu memulai usaha :)

    BalasHapus
  60. GOFresh merupakan solusi bagi usaha yang mau mendapatkan barang berkualitas dan free ongkir.

    BalasHapus
  61. Usaha kuliner memang sangat menjanjikan. Di masa seperti ini, menjualnya secara online adalah keputusan yang sangat tepat. Untung sekarang jamannya serba online ya.., untuk mendapatkan bahan baku pun tidak lagi sulit, karena GoFresh bisa jadi solusinya.

    BalasHapus
  62. Kalo bisnis kuliner menurutku kita pertama-tama harus konsisten di rasa, itu yang akan bikin konsumen mau order dan order lagi, jadi penting banget sih untuk cari vendor supplier bahan-bahan yang oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak... Dan adanya sistem yang udah dirancang jadi satu begini tentu jadi memudahkan ya buat yang mau usaha kuliner maupun yang udah mulai jalan.

      Hapus
  63. Sekarang usaha makanan rumahan semakin dimudahkan dengan fitur dari GO-JEK ya mbak

    BalasHapus
  64. makasih banget infonya, aku emg lagi mau buat usaha kulinerπŸ‘πŸ½

    BalasHapus
  65. Pas banget pengen mulai usaha kuliner tapi kyknya gak perlu tempat, pengennya yang food delivery aja sementara ini krn modalnya msh cekak hehe. Wah manteb nih Go Fresh buat yang udah mulai bikin usaha kuliner.

    Eh, tapi kira2 buat skala rumah tangga yang blm ada bisnis kuliner gtu boleh juga gak ya beli di sana?

    BalasHapus
  66. Dulu aku pernah usaha kuliner ayam goreng...tapi berhenti karena uang sewa yang mahal dan naik tiap tahun nya...dengan baca artikel kakak jadi tau trik gimana kita usaha dirumah aja ya kak...apalagi dimudahkan dengan adanya go fresh sekarang disaat Pandemi seperti ini dan bahan yang diperoleh fresh semuanya...menguntungkan sekali buat kita

    BalasHapus
  67. memang sekarang bisnis kuliner memang makin oke ya mba. Sepanjang kita perhatikan batas - batasnyaaa

    BalasHapus
  68. Mulai usaha restoran dan sulit mendapat produk yang fresh dari pasar, langsung mudah dengan Go Fresh ini ya mbak jadi dapat bahan yang langsung dapat diantar. Sangat memudahkan pelaku usaha.

    BalasHapus
  69. Penasaran sama Taiwan Chicken Snack itu kaya gimana, kak?
    Senang yaaa...walau dirumahaja tetap bisa menghasilkan dan bisa lebih ramai kalau bekerjasama dengan GoFresh, dan GoBiz.

    BalasHapus
  70. wah jadi gampang ya buat usaha kuliner , bisa beli bahannya melalui go fresh aman dan terpercaya lagi .

    BalasHapus
  71. Jadi inget kata temen kalau bisnis yg selalu banyak peminatnya itu ada 3 fashion, food dan teknologi. Dan di makanan ini asal bisa berinovasi aja. Dan kemudahan pengiriman online bisa mempermudah di tengah pandemi seperti ini

    BalasHapus
  72. Betul, buka usaha itu butuh effort yang besar dan kecerdikan agar sukses dlm menjalani semua langkah2nya

    BalasHapus
  73. sharingnya bermanfaatmba, karena penting banget buat para calon entrepeneur biar makin sukses

    BalasHapus
  74. Sekarng jamannya serba online. Pembeli dan penjual sama2 untung. Prakktisss..terutma buat yg g smpat masak heeww

    BalasHapus
  75. artikel yang bagus untuk aku baca, kebetulan setelah aku tidak bekerja nanti aku kepikiran untuk buka usaha, bisa jadi masukan untuk ilmu buka usaha nantinya

    BalasHapus
  76. bagus mba artikelnya jadi nambah ilmu bisa buat referensi yang mau buka bisnis online bisnis kuliner atau juga yang mau belanja praktis

    BalasHapus
  77. Gojek emang penuh inovasi ya, sekarang dengan adanya gofresh sudah gak perlu repot lagi survey dan cari supplier bahan makanan yang fresh dengan harga hemat dan dengan kemudahan nya tanpa repot keluar rumah. Thanks loh udah berbagi info tentang go fresh 😍

    BalasHapus
  78. Keren banget aku suka takoyaki jd pengen beli rasanya tapi jauh ���� sukses usahanya ya mba

    BalasHapus
  79. Ophie Hell Angel29 Juli 2020 11.57

    Paasss banget inii buu... Aku baru bangkit lagi dari usaha kecil² akuuu... Makasih yaaa sharing nyaa 😚

    BalasHapus
  80. aku belum pernah belanja di gofresh tapi tertarik banget untuk coba karena pasti praktis dan sehat :D terimakasih infonya ya kak

    BalasHapus
  81. Baru tahu banget nih mom Kafa.. hehe sukses dan semoga dipermudah dengan menggunakannya yaaa

    BalasHapus
  82. Pas banget aku juga lagi mau buka usaha kuliner. Lagi merancang semuanya. Ya Ampun. Ilmu banget. ❤❤❤❤

    BalasHapus
  83. Pas banget aku juga lagi mau buka usaha kuliner. Lagi merancang semuanya. Ya Ampun. Ilmu banget. ❤❤❤❤

    BalasHapus
  84. Kebetulan banget lagi nyari supplier sembako. Cuss lah langsung ke Gofresh

    BalasHapus
  85. Wah sama mom aku pun pernah nyoba usaha cemilan Takoyaki, tp karena beberapa faktor akhirnya usahanya berhenti di tengah jln, semoga adanya Go Fresh sangat membantu untuk usahanya ya.. Sukses dan semangat selalu..aamiin..

    BalasHapus
  86. Makasi mom infonya, jadi tercerahkan untuk buka usaha. Semoga segera bs terealisasi. Aamiin

    BalasHapus
  87. Terima kasih info'y sangat membantu untuk saya walaupun sudah memiliki usaha kuliner.

    BalasHapus
  88. Ooh jdi go fresh ini segmentednya ke resto dan usaha kuliner ya, wah jdi terbantu sekali

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter