-->

Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas Anti Gagal

Nasi Cepat Matang
Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Cara memasak nasi dengan kompor gas
anti gagal setiap orang tentu berbeda-beda ya. Saya sendiri pernah punya pengalaman yang selalu terkenang kalau sudah urusan memasak nasi langsung dengan dandang. Pasalnya waktu itu saya belum tahu caranya tetapi sok-sokan siapa tahu berhasilkan. Tetapi ternyata zonk!

Pengalaman Memasak Nasi Langsung dengan Dandang

Jadi waktu itu saya ingat sekali, hari pertama kali saya memasak nasi langsung dengan dandang adalah ketika bulan di mana ayah dan ibu bersama-sama berangkat menunaikan ibadah haji. Otomatis saya dan kelima saudara saya hanya di rumah seorang diri, walaupun kami tetap dipantau dan dijaga oleh nenek dan saudara lainnya yang rumahnya berdekatan.

Ketika itu kami ingin makan tetapi listrik di rumah sedang mati. Akhirnya saya berinisiatif untuk memasak nasi pakai kompor gas alias menanak nasi manual karena keadaan tidak memungkinkan menggunakan rice cooker. Apalagi pada masa-masa itu belum ada ojol. Sebenarnya sih bisa saja pergi ke rumah nenek, tapi entah kenapa waktu itu saya ingin mencoba memasak nasi dengan kompor.

Cara Menanak Nasi Manual

Singkat cerita, setelah beras dicuci sampai bersih, saya pun memasukan beras ke dalam ketel dan memberi air ke dalam ketel tersebut sebanyak 2 ruas buku jari. Belajar dari ibu, takaran air memasak nasi memang seperti itu katanya. Nah setelah ditunggu-tunggu, saya merasa air sudah asat tetapi nasi tak kunjung matang.

Akhirya saya beri lagi air ke dalam nasi tersebut. Eh, bukannya matang, nasi saya malah jadi seperti bubur! Belajar dari pengalaman tersebut, akhirnya saya tahu bahwa ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika memasak nasi langsung dengan dandang.

Agar Nasi Cepat Matang

Pertama, nyalakan api pada kompor dengan tingkat kepanasan yang sedang, karena kalau api terlalu kecil, memasak nasi dengan kompor akan lama sekali. Namun jika api terlalu besar, waktu memasak akan singkat tetapi belum tentu nasi matang dengan sempurna. Bisa jadi gosong atau setengah matang. Oleh karena itu idealnya memasak dengan api sedang selama 30-45 menit dalam keadaaan panci atau ketel tertutup dan dicek setiap 20 menit sekali.

Cara Memasak Nasi Liwet Pakai Kompor Gas

Apabila terjadi kematangan nasi yang belum sempurna, maka yang perlu dilakukan adalah mengukus nasi dengan dandang atau pengukus selama 15-20 menit. Cara ini juga biasanya bisa dilakukan ketika hendak memasak nasi liwet pakai kompor gas.

Kedua, agar nasi cepat matang, sebaiknya gunakan air panas untuk memasak nasi pakai kompor gas. Kalau sudah seperti ini, maka selain nasi cepat matang dengan tingkat kematangan yang merata dengan sempurna, biasanya waktu memasaknya juga bisa lebih singkat. 

Ketiga, jangan lupa untuk mengecek nasi yang sedang dimasak dan diaduk secara berkala agar nasi yang matang tidak benyek karena terlalu padat sehingga dapat mekar sempurna setiap bulirnya. Duh, jadi ngebayangin nasi pulen kan!

Nah begitulah pengalaman pribadi saya mencoba memasak nasi dengan kompor gas. Trial error memang ya, tetapi akhirnya saya tau triknya agar memasak nasi dengan kompor gas anti gagal. Sekian dulu ya ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan berhasil mencoba. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Kata kunci: Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas, Nasi Cepat Matang, Memasak Nasi Langsung dengan Dandang, Cara Menanak Nasi Manual, Takaran Air Memasak Nasi.

Karimah Iffia Rahman
Seorang perempuan sagitarius yang hidup dalam peran ganda sebagai istri, ibu, dan penulis lepas. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0

Related Posts

3 komentar

  1. Untuk anak rantau macem aku, memasak nasi dengan kompor gas mah udah biasa, biasa gosong, haha..

    BalasHapus
  2. anak pondokan can relate, haha, pondok yang bener2 salaf sih tapi, dulu kita mondok dimasakin dan udah masak pake magic com juga ya

    BalasHapus
  3. Susah ya masak nasi pakai kompor, kebiasaan tinggal cetek magic com atau pesen nasi onlen sih kak, hahaha. Tapi aku jadi ingin menguji adrenalin dengan mencoba masak nasi di kompor nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter