-->

Inilah Keunggulan Sertifikasi Tier 3 dari Sebuah Data Center Indonesia

Inilah Keunggulan Sertifikasi Tier 3 dari Sebuah Data Center Indonesia. Setiap perusahaan besar di Indonesia pasti mempunyai data server yang perlu dijaga keamanannya. Di mana data server tersebut disimpan pada datacenter yang ada di perusahaan. Namun, sebagian besar perusahaan, apalagi perusahaan yang besar lebih menyerahkan penyimpanan data servernya ke datacenter Indonesia yang terkemuka, seperti NEX Datacenter.

sertifikasi tier 3
Keunggulan Sertifikasi Tier 3 dari NEX Datacenter

Kenapa harus menggunakan layanan jasa NEX Datacenter? Pertama, penyimpanan data server di NEX Datacenter dijamin aman karena, NEX Datacenter sudah memiliki sistem keamanan yang berkualitas. Kedua, NEX Datacenter menggunakan tenaga IT yang handal dan kompeten. Terakhir, NEX Datacenter memiliki sertifikat tier 3 yang membuat NEX Datacenter banyak dipercaya perusahaan besar.

Nah, Ingin tahu apa saja si keunggulan dari sertifikasi tier 3? Ayo simak empat Keunggulan dari Sertifikasi Tier 3 NEX Datacenter di bawah ini:

Downtime Cukup Singkat

Perusahaan besar pasti ingin memastikan data servernya bisa selalu diakses. Di mana jika tidak bisa diakses, meskipun dalam waktu singkat, karena adanya gangguan, maka perusahaan tersebut akan rugi. Untuk itu, perusahaan besar lebih memilih menggunakan jasa layanan datacenter yang terkemuka, terpercaya, serta berkualitas.

Nah, salah satu indikasi datacenter berkulitas adalah  datacenter yang memiliki sertifikat tier 3. Data center bersertifikat tier 3 minim akan gangguan, sehingga data servernya bisa diakses dengan mudah. Di mana minim gangguan akses terjadi karena waktu downtime yang cukup singkat. Di sini, downtimenya sekitar 1,5 jam per tahun.

Tier 3 dilengkapi Sistem Redundan yang Bagus

Keunggulan kedua dari sertifikasi Tier 3 adalah sistem redundan yang bagus. Dalam hal ini sistem redundan ini bisa diandalkan. Hal ini karena tier 3 sudah memiliki beberapa jalur distribusi kelistrikan dan pendingin.

Dengan demikian, tier 3 memiliki kapasitas yang cukup serta tambahan distribusi untuk menampung server. Di mana hal tersebut sangatlah berguna saat server sedang dimaintenance. Di mana saat server sedang dimaintenance, maka server masih bisa diakses, atau bisa dikatakan jika tier 3 syarat no shutdown terpenuhi.

Tier 3 Memiliki Tingkat Avabilitas yang Tinggi

Karena tier 3 sudah termasuk tingkat yang tinggi pada datacenter, maka secara otomatis tier 3 memiliki tingkat avabilitas yang tinggi dibandingkan dengan tier 1 dan tier 2. Dalam hal ini tier 3 memiliki tingkat avabilitas 99,982%.

Tingkat avabilitas 99,982% ini artinya server ang tersimpan pada datacenter memiliki uptime atau waktu online yang cukup tinggi. Di mana server tersebut hampir bisa diakses kapan saja. Hal ini terjadi karena tier 3 tidak rentan akan gangguan, khususnya gangguan yang telah direncanakan oleh pihak tertentu.

Tier 3 Bisa digunakan untuk Perusahaan Besar

Seperti yang telah kamu ketahui jika perusahaan berskala besar mempunyai data server yang besar atau banyak pula dan harus selalu bisa diakses. Jika data server tersebut tidak bisa diakses maka perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik, dan perusahaan akan menanggung kerugian yang cukup besar.

Untuk mencegah kerugian, maka perusahaan harus memilih layanan datacenter yang mempunyai paling tidak sertifikat tier 3. Dengan begitu, data server selalu bisa diakses karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tier 3 minin bahkan termasuk rentan gangguan. 

Nah, itulah keunggulan dari sertifikasi tier 3 pada datacenter, salah satunya NEX Datacenter, di mana keunggulan tersebut sangat menguntungkan perusahaan yang mempercayakan penyimpanan serta pengelolaan data server pada NEX Datacenter. Jadi, jika perusahaan besar dan tidak mampu untuk menyimpan dan mengelola data server, yuk serahkan saja ke NEX Datacenter.

Kata kunci: Sertifikasi Tier 3, Data Center, NEX Datacenter

Karimah Iffia Rahman
Seorang perempuan sagitarius yang hidup dalam peran ganda sebagai istri, ibu, dan penulis lepas. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter