-->

10 Manfaat Susu Kurma Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Susu Kurma As-Sunnah
10 Manfaat Susu Kurma Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

10 Manfaat Susu Kurma Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kali ini saya ingin berbagi salah satu asupan yang sering saya konsumsi selama hamil Kafa yaitu Susu Kurma. Awalnya saya hanya mengonsumsi Kurma karena seperti yang teman-teman ketahui bahwa kurma mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti karbohidrat, lemak, serat, glukosa, protein, vitamin B6, zat besi, magnesium, tinggi antioksidan dan pottasium dengan jumlah ganjil sesuai sunnah nabi minimal 1 butir buah kurma, tetapi biasanya saya mengonsumsi 5 sampai 7 butir buah kurma.

Lalu menjelang puasa ramadhan, ketika mengetahui saya akan berpuasa selama hamil, banyak sekali teman-teman saya yang merekomendasikan untuk mengonsumsi susu kurma. Katanya sih bisa membuat ibu hamil tidak lemas selama berpuasa. Begitu pula untuk ibu menyusui. Saya jadi penasaran, lalu saya coba cari manfaat susu kurma dan cara membuatnya.

Segudang Manfaat Susu Kurma

Ternyata manfaat susu kurma bagi ibu hamil dan menyusui sangat banyak. Pertama, menambah kebutuhan kalori dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa kurma mengandung karbohidrat dan glukosa serta zat lainnya, tentu zat-zat tersebut yang membuat kalori tercukupi apabila mengonsumsi susu kurma.

Kurmanya saja sudah bernutrisi apalagi ditambah dengan kandungan susu? Iya kan? Pantas saja ibu hamil dan menyusui tetap segar selama menjalankan ibadah puasa apabila mengonsumsi susu kurma ketika sahur dan waktu berbuka puasa.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Kedua, melancarkan sistem pencernaan. Ketiga, mencegah penyakit kronis seperti alzhaimer, jantung, kanker, anemia, diabetes. Hal ini disebabkan kurma mengandung zat antioksidan yang tinggi. Keempat, membantu menstabilkan gula darah dan menguatkan tulang. Sewaktu hamil, ketika Hb saya rendah, dokter dan bidan menyarankan saya untuk mengonsumsi kurma karena kurma mengandung zat besi.

Kelima, meningkatkan daya tahan tubuh. Keenam, melindungi tubuh dari peradangan. Ketujuh, mengganti elektrolit tubuh yang hilang. Kedelapan, memudahkan proses persalinan. Kurma menjadi salah satu buah yang wajib di konsumsi di trimester ketiga sebagai ikhtiar ibu hamil melakukan induksi alami karena dapat melebarkan leher rahim sehingga memudahkan persalinan.

Kesembilan, meningkatkan produksi ASI. Tidak heran banyak ibu hamil trimester tiga dan ibu menyusui yang mengonsumsi susu kurma karena kurma mengandung zat tryptophan yang diyakini dapat meningkatkan rasa bahagia pada seseorang. Apabila ibu hamil dan menyusui bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah.

Kesepuluh, meningkatkan kesuburan. Ternyata kurma banyak sekali manfaatnya untuk sistem reproduksi karena mengandung zat amino, afrodisiak alami, dan flavonoid yang dapat meningkatkan kesuburan, merangsang daya seksualitas, serta meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Manfaat lainnya kurma juga mampu menjaga kesehatan sistem saraf dan otak serta membuat kulit lebih sehat.

Cara Membuat Susu Kurma

Akhirnya manfaat-manfaat susu kurma inilah yang membuat saya penasaran untuk mencoba membuat susu kurma. Mudah sekali cara membuatnya, teman-teman hanya perlu menyiapkan buah kurma (jumlah disesuaikan selera), susu cair, dan kayu manis secukupnya. Tetapi kadang-kadang saya tidak sempat membuatnya. Jadi saya pun sering kali membeli susu kurma.

Susu Kurma As-Sunnah

Nah, susu kurma yang saya pernah coba adalah susu kurma dari Susu Kurma As-sunnah. Susu kurma As-Sunnah ini diproduksi sejak tahun 2017 dan bisa teman-teman dapatkan di wilayah Jabodetabek. Mengapa saya memilih mengonsumsi Susu Kurma As-Sunnah? Karena Susu Kurma As-Sunnah diproduksi menggunakan kurma dan susu dengan kualitas terbaik serta telah terdaftar BPOM (MD 200928001539).

Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan
Susu Kurma As-Sunnah

Yang paling penting lagi, Susu Kurma As-Sunnah tidak hanya mengedepankan bisnis, jadi manajemen Susu Kurma As-Sunnah fokus pada konsep sociopreneur atau berupaya untuk konsisten hadir memberikan produk susu kurma yang berkualitas tetapi dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan.

Contohnya waktu itu seperti yang Bu Dewi sampaikan di zoom yang pernah saya ikuti, model bisnis Susu Kurma As-Sunnah mengedepankan jaringan, sehingga siapapun bisa turut andil dalam memasarkan Susu Kurma As-Sunnah, mulai dari ibu-ibu pengajian, berbagai macam komunitas seperti komunitas Alzhaimer, hingga donasi kemanusiaan selama pandemi.

Susu Kurma Recommended
Susu Kurma As-Sunnah untuk donasi kemanusiaan yang diadakan oleh Lazisna

Harga Susu Kurma As-Sunnah

Karena konsepnya sociopreneur, maka ketika Susu Kurma As-Sunnah dipasarkan dimasyarakat untuk tujuan sosial, pihak manajemen memberikan harga khusus kepada para jaringannya agar bisa saling membantu satu sama lain. Harga pada umumnya untuk ukuran 200 ml hanya Rp 15.000,- per botol. Sedangkan untuk ukuran 1 liter berkisar antara Rp 40.000,- sampai dengan Rp. 60.000,-.

Susu Kurma Jabodetabek
Harga Susu Kurma As-Sunnah

Varian Rasa Susu Kurma As-Sunnah

Susu Kurma As-Sunnah juga memiliki beberapa varian yaitu Original, Almond Segar, Milo, Cappuccino, Rempah Safron. Paling disukai yang rasa original, saya sendiri juga menyukai rasa original rasanya pas tidak terlalu manis dan rasa kurmanya asli bukan perasa. Selain itu, Susu Kurma As-Sunnah juga terbuat dari bahan alami tanpa pengawet tambahan.

Jadi kalau teman-teman berminat membeli Susu Kurma As-Sunnah ketika produk tiba, sebaiknya langsung disimpan di freezer agar awet sampai satu bulan. Jika disimpan di dalam chiller kulkas, maka hanya bertahan selama tiga hari. Dan jika disimpan di dalam suhu ruang, maka hanya bertahan 3-8 jam setelah kemasan dibuka.

Untuk info selengkapnya, jika teman-teman tertarik untun mencoba produknya atau bahkan berminat menjadi reseller, bisa kunjungi web resminya atau instagram Susu Kurma As-Sunnah di @susukurmaassunnah. Sekian, semoga ulasan 10 manfaat susu kurma bagi ibu hamil dan menyusui ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Kata kunci: Manfaat Susu Kurma, Kandungan Buah Kurma, Susu Kurma As-Sunnah

Karimah Iffia Rahman
Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Related Posts

28 komentar

  1. Wahh kek gimana ya rasanya susu kurmaa. Ngga terlalu manis ya untungnyaa. Mau nyoba tapi takut wkwkw maklum ga suka banget susu. Tp penasaraan ahaha

    BalasHapus
  2. rasanya kaya gimana bu? manis - manis kaya susu atau emang kurma 100%? hehe. tapi emang kurma bagus banget buat ibu hamil. aku dulu nyaplok langsung buahnya, belum ada susunya soalnya

    BalasHapus
  3. Pernah dengar sih produk ini, kayaknya enak. Ini semua orang bisa minum kan mbak ? Karena diliat dari manfaatnya keren banget bisa untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit.

    BalasHapus
  4. wih susu kurma assunah ini mulia banget juga ikut dalam kegiatan berbagi ke sesama ya. masyaallah

    BalasHapus
  5. akuu sukaa yang almond :) enaak banet kaya minuman susu kekinian yaa :) porsinya juga pas gak terlalu bikin kenyang kalo segitu :)

    BalasHapus
  6. kurma campur sama susu lengkap banget untuk memenuhi nutrisi ibu menyusui nih.. Ada susu kurma assunnah nggak ya ini di jogja? programnya mulia banget

    BalasHapus
  7. Bagus ya namanya SYUKUR. Syusyu Kurma, hehe. Aku dulu awal kenalan sama susu kurma agak kurang pas di lidah, tapi lama-lama enak juga. Apalagi kalau minum Syukur yang dishare mbak Iffia ini, keknya bakal nagih deh. Variannya beragam.

    BalasHapus
  8. baru tau aku tuh kalo ada susu kurma. taunya sari kurma, buat melancarkan ASI, hihi..
    boleh dicoba nih buat adek bang Rasyiid, InsyAllah :D

    BalasHapus
  9. kebetulan ini istri lagi hamil...... dapat artikel informatif seperti ini bersyukur banget lah. cocok dengan nama produknya SUKUR (susu kurma). hehehe

    BalasHapus
  10. Aku penasaran sama syukur yang variant rempah, enak nggak ya? Hihi.. Tapi kalau soal manfaat sih nggak diragukan lagi

    BalasHapus
  11. If only pas masa menyusui saya dah tahu soal susu kurma ini, mungkin gabakal lepas asi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bukan untuk asi tetap bermanfaat untuk tubuh ya kakak?

      Hapus
  12. aku suka banget susu kurma, rasa manisnya asli ya dari kurma dan kita dapat dua manfaat dari kurma juga susu. pas ya manisnya

    BalasHapus
  13. Saya belum pernah sama sekali nyoba makan kurma mbak, ternyata banyak sekali ya manfaat susu kurma ini.

    BalasHapus
  14. Sungguh banyak manfaat dari kurma itu sendiri apalagi ditambah susu. Ditambah jaringamnya yg sociopreneur memudahkan kita menambah penghasilan bila ingin reseller susu kurma as sunnah. Tetima kasih infonya mom

    BalasHapus
  15. Aku juga suka sama sukur (susu kurma) mba. Rasanya pas menurutku (ketimbang minum susu doang). Nah aku pernahnya coba yang ORI. Aku penasaran banget dong sama yang Almond. Secara tanya susu almond. Ini susu kurma rasa Almond. Menarik ;)

    BalasHapus
  16. Aku pun suka banget, kemaren nyoba bikin sendiri pake susu segar makin mantap. Ide bagus juga ya jadi reseller syukur. Apalagi ada aplikasi go food mantap deh, cukup di rumah aja udah bisa berpenghasilan ..

    BalasHapus
  17. Aku paling suka bih minun susu kurma

    BalasHapus
  18. Susu kurma ternyata memiliki manfaat yang banyak
    khususnya untuk bumil dan ibu menyusui
    rasanya pasti unik, belum pernah nyoba

    BalasHapus
  19. Aku juga suka minum susu kurma ini mbaa.. apalagi untuk busuii bermanfaat banget..

    BalasHapus
  20. Ngebayangin kesegarannya, biasanya konsumsinya sendiri-sendiri, kalau disatuin kurma dan susu belum alhamdulillah ya kak

    BalasHapus
  21. Wah boleh dicoba ni, sebentar lagi ramadhan, bisa jadi alternatif olahan kurma dijadikan susu. Nice info kak👍

    BalasHapus
  22. Dulu sempat berjuang hamil salah satu upayanya minum tamar chochoa. Kurma dan coklat ada susunya juga tapi kemasannya bubuk. Biidznillah, hamil . Alhamdulillah.nah, sekarang lagi menyusui nih. Bisa dicoba ya buat susukurma homemade kayak di atas. Hehehe.. simple bahannya. Kurma, susu dan kayu manis. . Sip deh. Apalagi mau puasa gini

    BalasHapus
  23. wah mba saya suka banget dengan susu kurma. kombinasi rasanya itu pas banget kalau kurma sama susu digabung. dulu sebelum ada kemasan ini, selalu bikin sendiri di rumah terus diblender gitu. eh sekarang praktis banget ya udah tinggal beli dna minum minum aja deh

    BalasHapus
  24. Nggak pernah bayangin sih kurma jadi susu haha, etapi boleh nih aku rekomen ke kakak sepupu yang busui

    BalasHapus
  25. Enak ya susu kurma memang...Aku pun suka buat sahur, gak perlu makan banyak tapi lebih berenergi perasaan :)

    BalasHapus
  26. Wah ini susu kurmanya cocok banget buat persiapan puasa ya .... kandungannya juga bagus pula ya

    BalasHapus
  27. saya juga suka banget mba sama kurma. eh ternyata ada juga ya susu kurma? duh jadi penasaran saya sama rasanyaa hihii

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon berkomentar yang bijak dan tidak menyisipkan link apapun ke dalam komentar karena dianggap spam. Terima kasih, ditunggu kembali kunjungannya :)

Subscribe Our Newsletter