Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Menu Rumahan Pencegah Penyakit Kanker

info untuk cegah penyakit kanker
Tiga Menu Rumahan Pencegah Penyakit Kanker

Penyakit Kanker

Artikel ini terdapat info untuk cegah penyakit kanker. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa kanker adalah penyakit yang berasal dari petumbuhan sel yang tidak normal dalam jangka waktu yang panjag dan terjadi di dalam tubuh.

Karena waktunya panjang, sehingga biasanya penyakit kanker baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut ketika tubuh menampakan ada kelainan pada bagian tertentu yang selnya telah bermutasi.

Meski tidak menular, tetapi penyakit kanker sendiri biasanya difaktori oleh pola hidup yang tidak sehat misalnya merokok, obesitas, kurang beraktivitas, sistem imun rendah, terpapar radiasi, zat kimia tertentu dalam waktu yang intens, terinfeksi virus seperti hepatitis B dan C, ataupun mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Biasanya penyakit ini akan terlihat ketika tubuh mengalami perubahan yang signifikan seperti muncul benjolan pada area tertentu, nyeri di salah satu bagian tubuh, pucat, lemas, dan cepat lelah, penurunan berat badan secara drastis, sering mengalami demam, ataupun mengalami gangguan pada tubuh lainnya.

Cara Mencegah Kanker

Karena penyakit kanker tidak memandang usia, oleh sebab itu, sejak dini kita harus membiasakan untuk menjaga pola hidup dengan cek kesehatan secara berkala, melakukan vaksintidak merokok dan mengonsumsi alkohol, rajin beraktivitas fisik, menggunakan pelindung tubuh ketika beraktivitas di luar rumah, istrirahat yang cukup, mengelola stress, serta mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung kalori yang seimbang untuk tubuh.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa makanan yang sehat sebenarnya tidak harus makanan mahal. Karena sebenarnya makanan sehat itu sangat dekat dengan keseharian kita. Bahkan kita bisa mengonsumsinya setiap hari di rumah. Berikut adalah tiga menu rumahan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker.

Menu Rumahan Pencegah Penyakit Kanker

Pertama, Ayam Goreng Sayur Bayam dan Buah Apel, serta Teh atau Kopi. Menu ini sangat sering dan bisa diolah di rumah kapanpun dan dapat mencegah kanker. Alasannya karena pada sayur bayam mengandung sulforaphane yang dapat berfungsi untuk mengecilkan tumor. Selain itu, apel merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi yang dapat menurunkan resiko kanker.

Kalau ayam goreng tentu teman-teman tahu bahwa ayam goreng khas di Indonesia sangat kaya akan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih yang mengandung zat allicin, kunyit yang manfaatnya tidak hanya dapat membuat masakan menjadi lebih nikmat tetapi juga dapat menurunkan risiko kanker. Jadi bersyukurlah kita warga negara Indonesia karena tidak sulit mencari rempah-rempah untuk kebutuhan masak sehari-hari yang bisa juga digunakan sebagai pencegah kanker.

Selanjutnya adalah teh dan kopi. Teh dan kopi ternyata juga dapat dikonsumsi untuk mencegah kanker lho karena mengandung antioksidan dan phytochemical yang dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas. Namun tentu konsumsi teh dan kopi pun perlu dibatasi secukupnya saja karena mengonsumsi sesuatu secara berlebihan pun tidak baik.

Menu kedua dan ketiga yang mengandung zat-zat serupa di atas dan bisa diolah di rumah yaitu Ikan Kembung, Lalapan Selada, dan juga buah Jeruk. Menu lainnya ada Telur Mata Sapi, Sayur Sop Brokoli, dan buah anggur.

Nah, itulah tiga menu rumahan yang dapat mencegah penyakit kanker. Ketiga menu di atas sangat mudah didapat bukan? Jadi tidak ada alasan lagi untuk sulit mengonsumsi makanan sehat, karena menu rumahan pun jika dikelola dengan baik dapat menjadi menu sehat untuk mencegah kanker. Tetapi tentu diiringi juga dengan pola hidup sehat lainnya yang sudah disebutkan di atas.

Sekian ulasan tentang menu rumahan pencegah penyakit kanker. Semoga informasi ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar.

Kata kunci: Cegah Penyakit Kanker, Makanan Sehat, Menu Rumahan

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

4 komentar untuk "Tiga Menu Rumahan Pencegah Penyakit Kanker"

  1. Setuju dengan kalimat makanan sehat belum tentu harus mahal. Semakin produknya lokal, semakin murah. Misal buah lokal.
    Btw kalau kunyitnya bubuk sama khasiatnya nggak sih? disini nggak ada yang jualan kunyit, tapi aku pernah bawa kunyit bubuk dari Indo.

    BalasHapus
  2. Kak Ifff, apakah tampilan hurufnya berubah? Hehehe.
    Btw dulu nenek ku meninggal karena kanker. Untuk soal makanan ibu dan ayahku jd aware bangett. Ini jadi referensi juga sih buat kami. Thankyou ka iff

    BalasHapus
  3. Ikan kembung ini favorit aku sama anak2. Selain mudah didapat dan diolah ternyata khasiatnya untuk mencegah kanker ya ya mbak iffia

    BalasHapus
  4. Bayam ini meski banyak dihindarin sama org yg kena rematik tp ternyata cocok jg utk mengobati kanker yaa..besok beli bayam ah

    BalasHapus

Berlangganan via Email