Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bersama English Academy by Ruangguru

dimana belajar bahasa inggris
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bersama English Academy by Ruangguru

Apakah belajar bahasa Inggris itu penting? Mungkin masih banyak orang yang beranggapan seperti ini. Tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa belajar bahasa Inggris adalah sesuatu yang saat ini bagaikan sebuah kewajiban mengingat bahasa Inggris menjadi bahasa internasional.

Apa Motivasi Belajar Bahasa Inggris?

Alasan “nggak bisa bahasa enggreeesss” sering diucapkan oleh sebagian individu yang merasa kesulitan dalam mencerna bahasa Inggris seharusnya menjadi penyemangat untuk mempelajari bahasa tersebut meski tidak lagi di usia muda. Karena tentu belajar bahasa Inggris sangat banyak manfaatnya.

Saya sendiri merasakan hal yang sama. Sewaktu masih sekolah, saya agak menyesal karena hanya mempelajari bahasa Inggris ala kadarnya. Hal ini sangat terasa ketika saya harus melengkapi persyaratan TOEFL atau IELTS untuk mendaftar beberapa lamaran kerja atau pun kegiatan lainnya. Hal yang paling saya sesali adalah ketika saya memutuskan melanjutkan S2.

Saat ini perkuliahan yang saya jalani menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Diawal-awal perkuliahan saya sempat menangis karena berbahasa Inggris saja jarang apalagi harus belajar daring dan mendengarkan para dosen yang bahasa Inggrisnya native. Gara-gara ini saya akhirnya memutuskan tidak mengambil banyak mata kuliah.

Sedih, tapi mau bagaimana lagi. Akhirnya saya konsultasi dengan bagian akademik. Dari bagian akademik meminta saya untuk tetap semangat mengikuti kegiatan perkuliahan dan mencoba meng-upgrade kemampuan bahasa Inggris dengan kursus.

Bagaimana Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Dari saran beliau, saya pun akhirnya mencoba mencari-cari cara mulai dari cara belajar bahasa Inggris dasar, cara belajar bahasa Inggris efektif, hingga cara belajar bahasa Inggris otodidak dengan cepat. Saya juga mencari-cari tempat untuk les belajar bahasa Inggris. Sampai akhirnya saya bertemu dengan English Academy – Kursus bahasa Inggris terbaik di Indonesia.

English Academy by Ruangguru


English Academy Ruangguru Review
English Academy by Ruangguru

English Academy adalah lembaga kursus bahasa Inggris terbesar di Indonesia by Ruangguru. English Academy menggunakan metode live teaching by online dengan kurikulum berstandar internasional. Pengajar merupakan native speakers dan pengajar lokal yang berpengalaman.

Jenjang kelas yang tersedia di English Academy terdiri dari Runner, Sprinter, Ranger, dan Explorer. Kelas Runner difungsikan untuk murid berusia 7-10 tahun dan pembelajarannya akan mencakup pengenalan grammar serta vocabulary yang terfokus pada kemampuan aktif siswa.

Selanjutnya kelas Sprinter dikhususkan untuk murid berusia 11-14 tahun dengan pembelajaran kemampuan lanjutan dengan konten pembelajaran seperti hasil riset agar murid terbiasa menulis dan berbicara.


Kelas Ranger diperuntukan murid berusia 15-18 tahun dengan kompetensi memaksimalkan keterampilan dan potensi murid dalam berbahasa Inggris. Terakhir di kelas Explorer adalah kelas yang disiapkan untuk murid berusia di atas 18 tahun dengan tujuan meningkatkan kepercayaan diri murid dalam berbahasa Inggris untuk menghadapi tantangan global dalam dunia kerja. Kelebihan lainnya dari English Academy adalah sebagai berikut:

Pengajar Profesional Berstandar Internasional

Setiap jenjang kelas pembelajaran yang dibuka oleh English Academy terdapat dua pengajar yang terdiri dari pengajar internasional dan lokal dengan pendekatan komunikatif sehingga murid akan lebih termotifasi untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam bahasa Inggris.

Kurikulum Internasional (Cambridge)

Kurikulum yang digunakan oleh English Academy merupakan kurikulum internasional dengan kompetensi listening (mendengarkan), reading (membaca), writing (menulis), dan speaking (berbicara). Fitur-fitur yang didapatkan dari kurikulum ini tentunya ada digital book, rekaman video pembelajaran yang dapat diakses kapanpun serta placement test yang disesuaikan berdasarkan level kemampuan.

Harga Terjangkau dengan Fasilitas yang Memadai


Banyak yang bertanya apakah English Academy gratis? English Academy by Ruangguru harga atau biaya kursusnya mulai dari 1.5 juta rupiah untuk paket 3 bulan dan 5 juta rupiah untuk paket 1 tahun. Jika dibandingkan dengan harga kursus bahasa Inggris konvensional, harga ini lebih hemat 50%. Selain itu, kelasnya juga sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan murid.

Nah itu dia ulasan tentang Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bersama English Academy by Ruangguru. Hal penting setelah saya akhirnya memberanikan diri mengikuti perkuliahan dengan bahasa pengantar berbahasa Inggris adalah berdamai dengan rasa insecure lalu percaya dirilah untuk mencoba berani mengutarakan pendapat ketika pembelajaran di kelas berlangsung. Salah tidak apa, karena pasti pengajar akan memaklumi dan membimbing kita untuk lebih baik. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.
Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

7 komentar untuk "Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bersama English Academy by Ruangguru"

  1. Bersyukur di zaman begini onlen-onlen kebantu banget sama aplikasi belajar kaya Ruangguru ini ya, buuu...

    BalasHapus
  2. Duh udah jadi emak emak kadang merasa gagal bab basa Inggris, dah lupa banget, pdhal lagu anak anak sekarang banyakan Inggris, bisa jadi pertimbangan nih les online gini. Makasih infonya yaa, super nice

    BalasHapus
  3. aku udah download applikasi ruangguru, karena keenan bentar lagi mau PJJ jadi aku pake program ruangbelajar. mungkin kedepannya aku mau pake paket runner di english academy nya ruangguru, biar nambah skill nya

    BalasHapus
  4. Jadi lebih mudah banget berhat adanya ruang guru ini ya kak.. selain pengajarnya benar² guru yang berpengalaman, proses belajarnya pun sungguh menyenangkan..

    BalasHapus
  5. Sekarang sudah gak jaman lagi ya kalau gak bisa bahasa inggris tu.. Semua media pasti ada bahasa inggrisnya, karna b. inggris memang bahasa internasional.. Harga segini juga terbisang murah ya buat setahun bisa jago b. inggris..

    BalasHapus
  6. woohoo.. english academy memang TOP BGT nih ya, bu. Bikin semangat belajar english.

    BalasHapus
  7. Sekarang belajar bahasa Inggris bisa lebih mudah ya. Dari rumah pun bisa, apalagi pakai English Academy, yang merupakan sub produk dari Ruangguru, dijamin pasti kualitasnya oke lah.

    BalasHapus