Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Membuat VPS di Google Cloud Untuk Pemula

cara menggunakan google cloud
Cara Membuat VPS di Google Cloud

Cara Membuat VPS di Google Cloud - Apakah Anda akrab dengan Google Cloud Platform? Google Cloud Platform adalah salah satu layanan cloud yang disediakan oleh raksasa teknologi Google.

Ada banyak jenis produk dan layanan. Yang termasuk IoT, Machine Learning, Big Data, Networking, Storage, dan Compute. Cara membuat VPS (Virtual Private Server) di Google Cloud harus dimulai dengan membuat SSH Key.

Membuat VPS di platform cloud google dimungkinkan dengan layanan mesin google. Cara membuat Virtual Private Server (Cloud server VPS) di Google Cloud sangat mudah. Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan semuanya. Salah satunya Anda harus memiliki akun google cloud. Ada biaya untuk menggunakan layanan ini.

Macam-Macam Perusahaan Cloud

Berbagai perusahaan bergerak di bidang layanan cloud. Misalnya Alibaba, Microsoft Azure, Amazon Web Services dan Google. Setiap layanan yang diberikan oleh mereka memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahuinya, mari kita mulai dengan penjelasan tentang Alibaba Cloud.

Alibaba Cloud

Bukan hanya Google yang menyediakan layanan cloud. Tetapi juga perusahaan besar lainnya menyediakan layanan cloud seperti Alibaba yang diberi nama Alibaba Cloud. Produk layanan cloud ini menggunakan teknologi yang sangat canggih berupa cloud computing yang lengkap dan sangat aman.

Pengguna akan mendapatkan kemudahan dengan layanan ini. Sehingga mereka dapat menjalankan usahanya tanpa kendala ruang dan tempat. Dia bisa berbisnis di mana saja dan kapan saja dan dengan siapa saja di dunia.

Alibaba Cloud memiliki beberapa keunggulan. Seperti memiliki data center di dalam negeri, tepatnya di Jakarta. Alibaba Cloud tidak memiliki fitur dan menu yang sangat membingungkan terutama untuk pemula. Selain itu, kebijakan dan harga cloud sering berfluktuasi.

Layanan Web Amazon

Amazon Web Services adalah salah satu layanan yang disediakan oleh perusahaan Amazon untuk kebutuhan cloud. Anda dapat mempertimbangkan layanan ini karena menjamin kualitas yang lebih baik daripada pesaingnya.

Baca juga: Teknologi Ghost Kitchen Semakin Diminati, Apa itu Ghost Kitchen?

Beberapa perusahaan startup telah menggunakan Amazon Web Service. Mereka terbantu oleh penghematan biaya dan inovasi yang disediakan AWS. Amazon Web Service memberikan layanan yang lebih lengkap. Setidaknya ada 175 layanan dari AWS.

Yang mencakup Internet of Things atau IoT, kecerdasan buatan atau AI, penyimpanan database, dan penyimpanan data dalam jumlah besar. Ada banyak jenis dan variasi AWS. Yang membuat Anda lebih leluasa memilih cloud yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa layanan yang disediakan oleh Amazon Web Services, antara lain:

- Cloud Computing. Anda dapat memilih jenis cloud AWS Lambda, EKS, Elastic Beanstalk, LightSail, dan EC2

- Migrasi data. Yang termasuk Bola Salju, SMS dan DMS

- Penyimpanan data. Ini termasuk: AWS Storage Gateway, Amazon Elastic Block Store, dan Amazon Glacier.

Baca juga : tips membuat website gratis

Google Cloud Platform

Untuk cara membuat VPS di Google Cloud, Anda perlu mengetahui apa itu layanan Google Cloud Platform. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi situs resminya di: cloud.google.com. Setelah Anda mengunjungi situs resminya akan ada penjelasan lengkap tentang Google Cloud.

Silakan baca lebih lanjut sampai Anda menggulir ke bawah. Anda akan melihat sejumlah perusahaan besar dan internasional yang telah menggunakan layanan Google Cloud. Seperti Paypal, Nintendo, Twitter, Spotify, Discovery, dan perusahaan besar lainnya.

Bagaimana Cara Membuat VPS di Google Cloud?

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini cara membuat VPS di Google Cloud, antara lain:

Silakan buka browser web di komputer Anda. Kemudian ketik kata kunci: Google Cloud. Kemudian tekan Enter Buka halaman Google Cloud Platform dengan mengkliknya. Kemudian anda login atau login ke akun google cloud platform anda.

Biasanya secara otomatis akan terhubung langsung ke akun google cloud platform menggunakan akun gmail. Jika Anda belum login, yang harus Anda lakukan adalah login menggunakan akun gmail Anda.

Setelah login ke akun Google Cloud Platform Anda, Anda hanya perlu mengklik tombol Console yang terletak di pojok kanan atas layar. Langkah ini merupakan langkah penting untuk cara membuat VPS di Google Cloud. Pastikan Anda telah mendaftar ke google cloud. Jika layar tidak muncul, biasanya Anda belum mendaftarkan cara membuat VPS di Google Cloud.

Silahkan mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi nama negara. Pilih saja Indonesia. Kemudian centang opsi Saya telah membaca dan menyetujui Persyaratan Layanan Uji Coba Gratis Google Cloud Platform. Tekan tombol Lanjutkan.

Selanjutnya isikan Account Type dengan pilihan perorangan atau bisnis. Kemudian isi informasi Pajak, nama, alamat, provinsi, kode pos, dan cara pembayaran. Anda diminta memasukkan nomor kartu kredit.

Pada menu Home, silahkan scroll ke bawah hingga menemukan menu Compute Engine. Kemudian pilih opsi VM Instances. Kemudian tekan tombol Buat. Akan muncul berbagai pilihan sistem operasi yang dapat Anda gunakan. Anda tinggal memilih sistem operasi CentOS. Anda akan melihat berbagai opsi CentOS.

Anda dapat memilih CentOS6. Kemudian klik tombol Pilih di bawah ini. Kemudian anda diharuskan memberi nama VM tersebut. Misalnya: Server atau Pengujian. Di bagian wilayah, Anda dapat memilih server yang diinginkan berdasarkan wilayah. Misalnya: Asia Tenggara1 (Singapura).

Pada kolom zona, pilih Southeast Asia1b. Pada jenis mesin, silakan pilih yang Anda inginkan. Pada menu Boot Disk, pilih Debian GNU atau sesuai keinginan. Di bagian Firewall, centang kotak Izinkan lalu lintas http dan https. Kemudian tekan tombol Buat atau Buat.

Selamat, Anda telah berhasil membuat VPS di Google Cloud. Anda telah berhasil membuat Instans VM VPS. Selanjutnya, Anda dapat login menggunakan SSH Console. Demikianlah ulasan tentang cara membuat vps di google cloud semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Inilah Cara Membuat VPS di Google Cloud Untuk Pemula"

  1. Sebagai seorang guru alu sering haris membuat laporan dengan menggunakan vps. Dulu tuh bisa pake vps kayak wow banget. Maklum aku ngajar di desa, mbak. Eh, sekarang zamannya daring akhirnya mau gak mau teman2 yg dulu gak mau belajar terpaksa harus ngutek2 vps nih. Hihi..

    BalasHapus