Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Teknologi 5G dan Contoh Penerapannya di Indonesia

bahaya jaringan 5g
Manfaat Teknologi 5G dan Contoh Penerapannya di Indonesia

Teknologi akan terus berkembang dan berinovasi. Dulu kita hanya bisa menggunakan sinyal 3G, namun akhirnya ditemukan lah teknologi terbaru dengan kecepatan internet jaringan 4G dan ditemukan pula oleh penemu teknologi 5G jaringan internet terbaru yaitu 5G.

Mengenal Teknologi 5G

Seperti halnya kita mengenal 4G ketika jaringan internet 3G masih kita gunakan, maka sebelum kita menjadi salah satu pengguna jaringan 5G, ada baiknya kita mengenal teknologi 5G yang akhir-akhir ini juga kerap dijadikan tugas oleh para guru untuk siswa-siswi membuat makalah tentang teknologi 5G.

Jaringan 5G tentu memiliki keepatan berkali lipat lebih cepat daripada kecepatan internet 4G. Oleh sebab itu manfaatnya tentu akan banyak sekali dirasakan tidak hanya secara personal tetapi juga secara luas oleh masyarakat umum dan segmen industri.

Ternyata perkembangan teknologi 5G memiliki kecepatan yang sangat jauh berbeda dengan teknologi 4G. Jika teknologi 4G hanya memiliki kecepatan 49-50 Mbps, teknologi 5G memiliki jaringan 100x lebih cepat lho yaitu dapat mencapai 10 Gbps.

Latensi teknologi 5G juga berbeda dengan teknologi 4G. Latensi adalah perlambatan dalam perjalanan jaringan secara bolak balik yang dialami oleh pengguna jaringan. Semakin tinggi latensi jaringan yang digunakan, maka akan semakin lambat proses kita dalam mengakses suatu informasi.

Dalam hal ini, latensi atau ultra-reliable, low-latency connection (URLLC) pada teknologi 5G diberitakan mencapai hampir nol dari berbagai sumber. Apakah ini menjadi bahaya jaringan 5G atau kerugian 5G? Seharusnya justru ini menjadi kebermanfaatan untuk kecepatan akses infomasi kedepannya.

Manfaat dan Fungsi Internet 5G

Karena di Indonesia sendiri sudah hadir teknologi 5G, maka akan sangat penting bagi kita mengetahui manfaat jaringan teknologi 5G yaitu latensi lebih rendah daripada 4G seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kedua koneksi lebih cepat, ketiga meningkatkan teknologi VR(Virtual Reality), keempat kecepatan transmisi jauh lebih baik, kelima dapat mengoperasikan berbagai teknologi secara jarak jauh.

Keenam dapat menghubungkan perangkat lebih banyak, ketujuh cloud gaming yaitu gamer dapat bermain dimanapun mereka memiliki konektivitas yang baik dan tidak perlu berinvestasi dalam salinan fisik dari game yang mereka ingin mainkan serta tidak perlu membeli konsol game karena dapat bermain cukup di gawai saja.

Kedelapan peningkatan kapasitas internet. Contoh penerapan teknologi 5G sendiri adalah bisa mengendalikan drone karena mampu mengoperasikan berbagai teknologi secara jarak jauh dan juga dapat menjalani mobil tanpa pengemudi.

Teknologi 5G di Indonesia

Saat ini di Indonesia perusahaan dibidang komunikasi dan informasi yang secara resmi memenangkan lelang pita frekeunsi 2,3 GHz berdasarkan pemaparan Kementerian komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) adalah PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT. Smartfren Telecom Tbk. (FREN). Dengan kemenangan yang diraih, kedua perusahaan tersebut mendapatkan tambahan spektrum frekuensi sebesar 20 MHz dan 10 MHz.

Uji coba jaringan 5G tersebut dilakukan di sejumlah lokasi di Jakarta dan Tangerang seperti Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Widya Chandra dan Alam Sutera. Kota-kota lain juga menjadi lokasi uji coba seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar Denpasar, dan Balikpapan.

Nah itu dia ulasan tentang manfaat teknologi 5G dan contoh penerapannya di Indonesia. Sekian, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Inilah Manfaat Teknologi 5G dan Contoh Penerapannya di Indonesia"

  1. Zaman makin canggih bener dah ya, bu.. semoga aja bisa diterapkan dengan baik di negara +62, hihi..

    BalasHapus