Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Self Order Mulai Diterapkan, Ini Keuntungannya bagi Pengusaha Resto

Sistem Self Order Mulai Diterapkan, Ini Keuntungannya bagi Pengusaha Resto
Sistem Self Order Mulai Diterapkan, Ini Keuntungannya bagi Pengusaha Resto 

Self Service di Restoran Cepat Saji 

Pernah datang ke sebuah restoran cepat saji terdekat yang cukup terkenal di Indonesia? Ketika datang Anda disambut dengan alat elektronik berlayar besar untuk memesan makanan. Anda tinggal klik menu yang diinginkan dan langsung ke proses bayar. 

Sistem yang disebut dengan self order ini mulai banyak diterapkan di Indonesia. Khususnya untuk bisnis restoran cepat saji yang membutuhkan pelayanan cepat. Sistem ini dapat bekerja dengan aplikasi kasir khusus seperti Majoo. 

Melalui aplikasi ini konsumen bisa dengan leluasa memilih menu dan tahu apa saja menu yang disediakan. Proses pembayaran juga jadi lebih cepat, selain kedua hal tersebut masih ada kelebihan lain dari self order

Keunggulan Sistem Self Order dalam Bisnis Restoran  

Restoran yang menggunakan sistem self order dan self service mampu mengurangi tenaga kerja. Konsumen diajak untuk lebih mandiri ketika berada di restoran, mulai dari pemesanan, pengambilan makanan sampai dengan membersihkan area mejanya. 

Setiap restoran yang menerapkan sistem ini tentu harus mempersiapkan fasilitas dengan lengkap. Mulai dari perangkat elektronik untuk memesan sampai dengan tempat sampah untuk membuang tempat makan yang telah digunakan konsumen. 

Apabila dilihat dari sisi pemilik bisnis, restoran self order menyediakan banyak keuntungan selain menekan manpower. Berikut ini apa saja keunggulan sistem self order yang perlu dipertimbangkan. 

1. Meminimalisir Kesalahan dari Tenaga Kerja 

Human error adalah kesalahan yang paling sering dihindari oleh pebisnis karena bisa menghasilkan kerugian yang cukup besar. Misalnya saja ketika karyawan mengantarkan makanan yang salah ke meja. 

Bisa juga karena pesanan yang diberikan tidak sesuai dengan urutannya. Hal-hal ini akan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap restoran. Namun dengan sistem self order semua akan masuk secara berurutan. 

Konsumen pun akan mendapatkan nomor dari struk pembayaran dan bisa mengambil makanan sesuai urutannya. Tingkat kepercayaan kepada restoran pun akan meningkat. 

2. Menghindari Kecurangan dari Karyawan

Tidak sedikit pemilik usaha yang salah merekrut karyawan yang melakukan kecurangan. Terutama karyawan yang bekerja pada bagian kasir bisa menyalahgunakan kepercayaan dengan tidak menekan menu dan mengambil uang dari konsumen. 

Hadirnya sistem self order ini meniadakan kecurangan dari kasir, karena yang bertanggung jawab akan pesanan adalah konsumen. Mereka yang akan memilih dan pembayaran biasanya lebih sering menggunakan kartu. 

Semua menu yang dipesan akan langsung tercatat ke dalam sistem dan tidak akan ada yang terlewatkan. Hal ini tentu akan membawa keuntungan bagi restoran. 

3. Membebaskan Konsumen dari Antrian

Pemesanan yang dilakukan di masing-masing meja konsumen akan menghindari adanya antrian terlalu panjang. Antrian ini bisa terjadi jika kasir kurang cepat dalam menggunakan perangkat kasir. 

Sedangkan jika konsumen memesan makanan dari meja masing-masing tidak ada antrian yang terlihat. Karena antrian yang terlalu panjang membuat calon konsumen akhirnya tidak berkunjung karena malas untuk menunggu lama. 

4. Meningkatkan Citra Restoran Anda 

Pemilik usaha manakah yang tidak ingin memiliki restoran terkenal karena konsep atau pelayanan yang baik? Citra restoran akan meningkat dengan sistem self order yang notabene belum terlalu banyak di Indonesia. 

Usaha Anda ini akan dinilai memiliki hal unik dan pasti menarik perhatian. Citra yang baik tentu akan menjaring lebih banyak konsumen lagi. Dampaknya ada pada peningkatan omset. Tentu saja hal ini harus dibarengi dengan kualitas makanan yang terjamin. 

5. Metode Pembayaran Cashless semakin Meningkat

Metode pembayaran dengan uang tunai yang selama ini dikenal mulai beralih pada sistem cashless. Sistem ini ternyata cukup bagus untuk berbagai jenis bisnis termasuk restoran. Alasannya Anda tidak perlu setor uang dan semua pemasukan langsung ke rekening. 

Hal ini akan menghindari masalah kurangnya uang kembalian, harus mempersiapkan uang receh dan masih banyak lagi. Konsumen pun tidak perlu khawatir soal pembayaran yang terlalu lebih atau kurang karena nominal akan ditulis dengan pasti. 

Menerapkan sistem self order pada sebuah usaha adalah trik baru untuk menarik banyak pengunjung. Namun ada juga sisi kekurangannya yaitu masih banyak yang belum teredukasi dengan penggunaannya. 

Di awal mungkin Anda masih membutuhkan karyawan sebagai server untuk menjelaskan kepada konsumen bagaimana cara menggunakan sistem ini. Nah, itu dia ulasan tentang sistem self order yang mulai diterapkan di berbagai resto yang dapat menguntungkan bagi pengusaha. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Sistem Self Order Mulai Diterapkan, Ini Keuntungannya bagi Pengusaha Resto "