Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Google Ads untuk Bisnis UMKM Meraih Untung Fantastis

Iklan Google Ads untuk Bisnis UMKM Meraih Untung Fantastis
Iklan Google Ads untuk Bisnis UMKM Meraih Untung Fantastis

Iklan Google Ads

Menjalankan iklan Google adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mendatangkan lebih banyak calon konsumen baru untuk bisnis online kamu. Menurut data riset Google, 74% pengguna internet menggunakan Google untuk mencari informasi dari produk yang mereka ingin beli. 

Artinya, dengan beriklan di Google kamu berkesempatan untuk menjangkau lebih dari 200 juta penduduk Indonesia yang tentunya sebagian dari mereka adalah calon konsumenmu!

Dengan angka pengguna sebesar itu, maka tidak heran jika saat ini Google Ads menjadi salah satu platform beriklan online paling popular yang digunakan oleh bisnis untuk memasarkan produk atau jasa dari bisnis mereka.

Nah, tidak hanya untuk bisnis skala besar saja, Anda yang baru saja merintis bisnis online juga bisa mendapatkan keuntungan dari menjalankan iklan di Google lho! Salah satu kelebihan dari iklan online seperti Google Ads dengan jenis iklan yang lebih konvensional seperti televisi atau radio adalah kamu bisa mengatur budget beriklanmu sendiri  dengan minimal budget mulai dari ratusan ribu saja. 

Keuntungan Menjalankan Iklan Google untuk Bisnis Kecil 

Hal itu merupakan salah satu alasan mengapa beriklan online lebih ramah bisnis kecil dibandingkan dengan jenis iklan lainnya. Jika kamu masih belum yakin mengapa kamu perlu menjalankan iklan online di Google. Artikel ini akan melampirkan beberapa poin keuntungan yang bisa bisnis kecil dapatkan dari beriklan di Google untuk kamu.

1. Menyasar audience yang sedang mencari produkmu

Google memungkinkan pengiklan mereka untuk menentukan sendiri pada hasil pencarian dari kata kunci apa iklan mereka ingin ditampilkan. 

Misalnya, kamu merupakan pemilik dari bisnis bakery yang produk andalannya adalah roti buaya. Maka, kamu bisa menargetkan kata kunci ‘roti buaya’ atau ‘roti buaya paling enak’ sehingga iklanmu akan muncul ketika pengguna Google mencari informasi dengan kata kunci tersebut. 

2. Menyasar audience berdasarkan lokasi 

Selain penargetan bedasarkan kata kunci, kamu juga bisa memilih di daerah mana saja iklanmu akan ditampilkan. Sebagai contoh sederhana, bisnis toko roti yang kamu miliki, berada di dua cabang yaitu di Jakarta dan Bogor. 

Dengan iklan Google, kamu bisa membatasi hanya audience yang berada atau tinggal di Jakarta atau Bogor saja yang akan mendapatkan iklan kamu. Kamu juga bisa merancang dua iklan yang berbeda untuk menyasar audience iklan mu yang berada di di Jakarta dan Bogor.

3. Performa iklan yang terukur 

Keterbukaan dan akses data yang sangat detail juga menjadi salah satu keunggulan dari menjalankan iklan online. Dengan membuat akun beriklan di Google dan menjalankan campaign iklan online pada platform tersebut seperti Facebook misalnya, kamu dapat memilki akses data berbagai metrik penting seperti jumlah tayangm jumlah klik, sampai jumlah penjualan yang berhasil didapatkan dari iklan yang kamu jalankan.

Metrik-metrik ini tentunya sangat berguna bagi kamu untuk menentukan iklan seperti apa yang paling mendatangkan keuntungan bagi bisnis kamu, sehingga strategi iklan online yang kamu kelola menjadi lebih efektif.

4. Membantu meningkatkan brand awareness 

Bagi kamu yang baru saja memulai bisnis, menjalankan iklan di Google bisa membantu bisnis mu untuk mendapatkan brand awareness yang lebih baik dengan waktu yang relatif singkat. 

Dengan memunculkan iklan tentang bisnismu di Google, maka orang akan lebih mudah menemukan bisnis kamu secara online yang tentunya akan semakin semakin banyak juga orang yang mengenal bisnismu.

5. Budget yang terjangkau 

Seperti yang telah disinggung di atas, Google memungkinkan kamu untuk mengatur budget beriklanmu sendiri. Kamu dapat menentukan berapa budget maksimal yang kamu ingin keluarkan dalam satu bulan atau satu hari. Jika biaya iklan sudah mencapai jumlah maksimum tersebut, maka Google akan secara otomatis menggentikan penayangan iklanmu. 

Nah, sekian pembahasan singkat tentang keuntungan menjalankan iklan Google untuk bisnis dengan skala kecil. Lewat pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa menjalankan iklan di Google Ads merupakan salah satu teknik terbaik yang bisa dilakukan untuk menggapai lebih banyak calon konsumen dari bisnis kamu secara online.

Jika kamu masih ragu dalam menjalankan strategi iklan Google mu sendiri, kamu bisa menggunakan jasa agency digital marketing di daerahmu, misalnya digital marketing agency Jakarta. Saat ini telah banyak tersedia agency digital yang menawarkan jasa pengelolaan strategi iklan online dengan efektif.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Iklan Google Ads untuk Bisnis UMKM Meraih Untung Fantastis"

  1. Jujur aku belum pernah nyobain Google Ads ini, tahunya cuma IG Ads. Padahal kalau dimaksimalin lumayan. Tapi kalau gak mau repot dan terima beres emang pake jasa aja sih lebih aman, cepet dan tertarget

    BalasHapus
  2. Google Ads bisa banget ya Buk bantu UMKM dengan cara iklan gini, jangkauannya lebih luas dan bisa tepat sasaran juga ya, biaya iklannya pun lebih hemat sih ya.

    BalasHapus
  3. Uda banyak nih yang mengagungkan iklan google ads. Tapi ku belum memahami banyak tentang seluk beluk iklan ini dan bagaimana prosesnya. Masih belajar2 juga..
    Smeoga kesampaian deh bisa punya iklan di google

    BalasHapus