Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Tes untuk Mengetahui Bakat dan Minat Anak Melalui Yupi’s Got Talent

yupi's got talent
Tes untuk Mengetahui Bakat dan Minat Anak Melalui Yupi’s Got Talent

Tes untuk Mengetahui Bakat dan Minat Anak

Berbicara tentang minat dan bakat, tentu hal tersebut berkaitan dengan kemampuan secara genetik maupun suatu keterampilan yang diasah secara konsisten. Berbakat dan berminat tentu adalah dua hal yang berbeda. Oleh sebab itu penting bagi orang tua melakukan tes untuk mengetahui bakat dan minat anak.

Sebelum berbicara tentang melakukan tes untuk mengetahui bakat dan minat anak, ada baiknya untuk kita menyamakan persepsi tentang apa yang dimaksud dengan bakat dan apa itu minat?

Bakat dan Minat

Bakat adalah kemampuan genetik atau kemampuan dasar seseorang yang apabila dilatih secara konsisten dapat membuahkan hasil yang optimal karena telah mempunyai potensi untuk melakukan hal tersebut bahkan sebelum adanya latihan yang terus-menerus.

Sedangkan minat adalah keinginan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas yang ia sukai meskipun bukan bakat bawaan secara genetik. Namun tentu, minat dan bakat seseorang dapat berkesinambungan atau bertolak sama sekali tergantung pada pilihan dan kesempatan setiap individu.

Bakat Umum dan Khusus

Bakat seseorang sendiri dibagi menjadi dua yaitu bakat umum dan khusus. Untuk bakat khusus umumnya dibagi menjadi 7 kategori yaitu bakat verbal, bakat numerikal, bakat skolastik, bakat abstrak, bakat mekanik, bakat relasi ruang, bakat kecepatan ketelitian klerikal, dan bakat linguistik (menyukai literasi) yang dapat kita ketahui melalui tes kepribadian.

Bakat Berdasarkan Tipologi Buckingham

Menurut Novi Harap berdasarkan Tipologi Buckingham, terdapat 34 bakat yang ada dalam diri manusia yaitu Achiever (manusia prestasi), Activator (suka mengaktifkan), Adaptability (manusia penyesuai diri), Analytical (suka menganalisa), Arranger (suka mengorganisir).

Belief (teguh dalam keyakinan), Command (naluri mengomando), Communication (komunikasi), Competition (kompetisi), Connectedness (sambung batin), Consistensy/Fairness (ajeg dan adil), Context (suka menghubungkan masa lalu dengan yang akan datang).

Deliberative (hati-hati penuh perhitungan), Developer (suka membantu seseorang yang sedang berkembang), Dicipline (disiplin), Emphaty (dapat merasakan perasaan orang lain), Focus (fokus), Futuristic (memandang masa depan).

Harmony (selaras), Ideation (penggagas), Includer/Inclusiveness (merangkul semua potensi), Individuatization (suka orang per orang), Input (masukan), Intellection (pemikir), Learner (pembelajar), Maximizer (suka menjadi yang ter...).

Positivity (selalu melihat dengan/dari sisi positif), Relator (hubungan baik), Responsibility (tanggung jawab), Restorative (memperbaiki), Self Assurance (yakin diri), Significance (suka menonjol), Strategic (ahli siasat), Winning Others Over (WOO) (menang dari orang lain).

Salah satu cara untuk dapat mengetahui ketigapuluh empat bakat ini adalah dengan mengikuti kompetisi, terutama bagi setiap individu yang sedari dasar di dalam dirinya memiliki bakat suka berkompetisi, pembelajar, menonjol, dan selalu ingin menang.

Yupi’s Got Talent

Yupi's Got Talent
Yupi's Got Talent

Kompetisi ini dapat dilatih sejak anak berusia dini terutama untuk anak-anak yang memiliki bakat khusus. Berbicara tentang Kompetisi, saat ini Yupi sedang mengadakan kontes Yupi’s Got Talent untuk anak-anak yang memiliki bakat apapun termasuk menyanyi, menari, modelling atau bakat apa saja.

Kontes ini dapat diikuti oleh kategori kids dan teens. Untuk kategori talent junior, kontes yang dapat diikuti adalah kontes menyanyi dengan genre musik apapun, dancing (baik individu maupun grup), music performance, sport performance, photo contest, modelling, hingga kontes membaca puisi maupun bercerita dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Sedangkan untuk kategori dewasa, kontes yang dapat diikuti adalah kontes menyanyi dengan genre musik apapun, dancing (baik individu maupun grup), music performance, sport performance, hingga kontes stand-up comedy, vlogging, dan bakat unik lainnya yang dapat ditampilkan di atas panggung.

Cara Ikutan Yupi’s Got Talent 2022

Untuk teman-teman yang ingin berpartisipasi, teman-teman bisa mendaftar dengan alur sebagai berikut:

1. Membeli paket produk Yupi’s Got Talent versi Shine atau Bright di Tokopedia atau Shopee dan marketplace lainnya seperti Bukalapak, JD.ID, Lazada, Tiktok Shop, maupun di Yupi Gummy Store via website seharga Rp 15.000,-

2. Registrasi di website Yupiland di halaman pendaftaran

3. Mengisi data-data yang dibutuhkan termasuk kode unik yang ada di dalam produk Yupi’s Got Talent

4. Mengunggah link video atau upload foto yang akan dilombakan sebagai syarat utama mengikuti perlombaan

5. Menyiapkan identitas diri yang berlaku (KTP/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga)

Nah, itu dia ulasan tentang Tes untuk Mengetahui Bakat dan Minat Anak Melalui Yupi’s Got Talent.  So, untuk teman-teman yang mau mengikuti kontes ini segera memenuhi persyaratannya ya. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

7 komentar untuk "Tes untuk Mengetahui Bakat dan Minat Anak Melalui Yupi’s Got Talent"

  1. Ajang bakat gini emang ngebantu banget buat mengasah bakat pada anak.

    BalasHapus
  2. Rupanya dalam setiap diri anak manusia, ada 34 bakat yang bisa diperhatikan, sebab bakat bisa membentuk seseorang menjadi berbeda satu sama lain. Nah, kalau bakat ini diasah dengan mengikuti suatu kompetisi seperti Yupi's Got Talent 2022, bukan hanya bakat dari segi achiever saja yang bisa diasah dan dimunculkan, namun berbarengan dengan bakat lainnya.

    BalasHapus
  3. Mantap Yupi ada kompetisinya juga. Jadi bisa menyalurkan bakat anak 🤗

    BalasHapus
  4. Ternyata bakat itu ada banyak jenisnya ya, dengan begitu jadi bisa mengerahkan bakat anak lebih terarah. Apalagi kalau bakat anak di dukung dengan ikutan YUPI'S got talent 2022 ya

    BalasHapus
  5. pas nih buat nunjukin bakat anak-anak ya biar tampil pede dan jadi tau deh bakat terpendamnya hihi

    BalasHapus
  6. keren ya acaranya Mom Kaffa, semoga acara ini memfasilitasi untuk menyalurkan bakat anak-anak dan acaranya berlangsung setiap tahun secara continuou

    BalasHapus
  7. Keren banget nih Yupi Got Talent, bisa menyalurkan bakat dan minat anak

    BalasHapus