Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Pengertian DBD Menurut WHO dan Alternatif Pencegahannya untuk Newborn

Pengertian DBD Menurut WHO dan Alternatif Pencegahannya untuk Newborn

Pengertian DBD Menurut WHO

Memasuki musim penghujan, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan genangan air di lingkungan sekitar. Hal ini disebabkan karena genangan air dapat menjadi tempat perkembang biakan nyamuk Aedes aegepty yang dapat membawa virus DBD atau Demam Berdarah Dengue.

Pengertian DBD Menurut WHO dan Alternatif Pencegahannya untuk Newborn

Pengertian DBD menurut WHO adalah suatu penyakit yang berasal dari virus Dengue yang dapat ditularkan melalui nyamuk Aedes aegepty betina yang dipengaruhi oleh iklim, kondisi sosial dan lingkungan di suatu wilayah.

Pengertian DBD Menurut Para Ahli

Hal serupa juga disampaikan oleh dr. I.G.A.N Pratiwi, Sp. A, MARS dalam perhelatan Velvet Junior New Product Introduction (30/09) yang mana berdasarkan paparan dr. Tiwi, penyakit Demam Berdarah biasanya dipicu oleh virus Dengue yang berada pada nyamuk Aedes aegepty, Aedes albopictus, Aedes scutellaris. Nyamuk-nyamuk ini aktif menghisap darah pada pukul 09.00-10.00 atau 16.00-17.00 WIB.

Gejala Demam Berdarah

Menurut pemaparan dr. Tiwi, gejala Demam Berdarah dapat terlihat selama fase demam (2-7 hari) dengan gejala sakit kepala, rasa sakit di belakang mata, nyeri otot dan sendi, mual, muntah, kelenjar bengkak, dan timbul ruam-ruam senada dengan gejala DBD menurut WHO.

Pengertian DBD Menurut WHO dan Alternatif Pencegahannya untuk Newborn
Pemaparan Dokter Tiwi Terkait DBD Pada Anak

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah untuk Anak

Dr. Tiwi menyampaikan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit Demam Berdarah khususnya pada anak-anak salah satunya adalah dengan mengenakan setelan lengan panjang untuk mengurangi paparan gigitan nyamuk.

Baju Bayi Anti-Mosquito Velvet Junior

Alternatif ini kemudian direspon positif oleh Velvet Junior yang senantiasa menghadirkan produk terbaik untuk buah hati Indonesia dengan menghadirkan produk terbaru yaitu baju bayi (newborn) dengan terobosan teknologi Anti-Mosquito (anti nyamuk) yang pastinya aman, nyaman digunakan, dan efektif menghindari gigitan nyamuk.

Untuk tahap permulaan, produk Velvet Junior Anti-Mosquito Newborn Series ini akan hadir dalam pilihan baju bayi setelan kancing tengah panjang, jumpers, serta satu set sarung tangan dan kaki.

Keunggulan Produk Baju Bayi Anti-Mosquito Velvet Junior

Pengertian DBD Menurut WHO dan Alternatif Pencegahannya untuk Newborn
Baju Bayi Anti-Mosquito Velvet Junior

Velvet Junior telah memiliki sertifikasi tekstil internasional standard 100 Class 1 by Oeko-Tex. Velvet Junior berhasil melepaskan kandungan aktif Saltidin ke serat kain secara bertahap (time released) hingga mampu memberikan perlindungan dari nyamuk hingga 40x cuci berdasarkan pemaparan Linda Wegelin, Group Market Development Manager Oeko-Tex.

Saltidin sendiri adalah bahan aktif yang dikenal dengan Icaridin atau Picaridin yang efektif dan biasa digunakan sebagai anti-serangga menurut WHO.

Selain itu, keunggulan lainnya dari produk baju bayi Anti-Mosquito Velvet Junior ini adalah tidak beracun dan 100% aman, bahan aktif Saltidin tidak terserap kulit dan tidak menyebabkan iritasi juga tidak berbau. Pastinya produk ini juga ramah lingkungan.

Detergen Khusus Baju Bayi Anti-Mosquito Velvet Junior

Detergen khusus baju bayi
Cloud Baby Laundry Detergent

Tidak hanya bajunya, tetapi Velvet Junior juga memproduksi Cloud Baby Laundry Detergent yang difungsikan sebagai Baby Laundry Detergent yang telah teruji klinis hypoallergenic tested, anti-redeposition technology, anti-jamur, dan juga ecofriendly formula serta terkandung Chamomile Extract. Jadi ayah bunda tidak perlu khawatir jika ingin mencuci baju bayi anti-mosquito Velvet Junior si Kecil.

Bahkan detergen ini juga dapat digunakan untuk pakaian bayi lainnya karena memang diformulasikan khusus untuk pakaian bayi yang masih memiliki kulit sensitif. Cara penggunaannya pun mudah dan dapat digunakan untuk penggunaan mesin maupun manual.

Nah itu dia ulasan tentang Pengertian DBD Menurut WHO dan Alternatif Pencegahannya untuk Newborn. Bahkan baju bayi ini pun juga akan digunakan oleh anak dari tokoh publik seperti Tasya Kamila dan juga Arief Muhammad yang hadir pada peluncuran produk terbaru dari Velvet Junior ini. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Sumber Rujukan

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/dengue-and-severe-dengue#:~:text=Dengue%20is%20a%20mosquito%2Dborne,yellow%20fever%20and%20Zika%20viruses

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

8 komentar untuk "Pengertian DBD Menurut WHO dan Alternatif Pencegahannya untuk Newborn"

  1. Enaknya sekarang gak usah pakai kelambu biar anak gak kena nyamuk.

    BalasHapus
  2. Keren amat produk velvet ya, baju bayi anti nyamuk. Aku share infonya ah ke tmn n sodara

    BalasHapus
  3. Nyamuk ini sangat berbahaya tapi kita sulit menghindari. Apalagi jika sudah ada yang terserang bisa menular dengan cepat...

    BalasHapus
  4. Unik banget Velvet bikin produk baju bayi Anti-Mosquito Velvet Junior. Anak jadi lebih aman untuk terhindar dari nyamuk-nyamuk penyebab berbagai penyakit seperti DBD. Sampai 40 kali cuci kandungan anti nyamuk di bajunya bekerja ya mba, cakep bet

    BalasHapus
  5. Unik banget Velvet bikin produk baju bayi Anti-Mosquito Velvet Junior. Anak jadi lebih aman untuk terhindar dari nyamuk-nyamuk penyebab berbagai penyakit seperti DBD. Sampai 40 kali cuci kandungan anti nyamuk di bajunya bekerja ya mba, cakep bet

    BalasHapus
  6. Sekarang ini musim hujan, aduh nyamuknya pada bertelur deh. Memang harus prepare terutama kebersihan sekitar ya, bu. Karena kalo sampe anak kena DBD, yg lemes pasti ortunya, hiks..

    Dan aku baru tau nih kalo ada inovasi Baju Bayi Anti-Mosquito Velvet Junior, perlindungan anak terhadap nyamuk jadi double ya, bu.

    BalasHapus
  7. wah makin canggih ya sekarang, sampai ada baju anti nyamuk. Masya Allah semoga anak-anak terhindar dari berbagai penyakit ya

    BalasHapus
  8. Kira kira harganya berapa ya? Ada kemasana ekonomisnya nggak ya? Misal beli sachetan dulu buat nguju beneran ampuh atau tidaknya

    BalasHapus