Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Usaha Sampingan Karyawan untuk Hasilkan Uang Tambahan

Usaha Sampingan Karyawan untuk Hasilkan Uang Tambahan
Usaha Sampingan Karyawan untuk Hasilkan Uang Tambahan

Usaha Sampingan Karyawan

Orang bilang, untuk bisa jadi orang kaya, kita harus berbisnis. Sebab bisnis keuntungannya tidak terbatas. Berbeda dengan pekerja kantoran, sebanyak apapun gajinya, konon akan susah kaya.

7 Jenis Usaha Sampingan untuk Menghasilkan Uang Tambahan

Jika kamu punya keinginan untuk menjadi orang kaya, mulailah berbisnis. Sekarang ini teknologi semakin berkembang. Kemajuannya sangat membantu dunia bisnis.

Jadinya walaupun kamu bekerja kantoran, kamu bisa punya penghasilan lain dari bisnis sampingan. Misalnya saja jual pulsa terdekat. Selain tetangga, rekan, dan juga keluarga, siapa saja bisa membeli pulsa dari kamu. 

Kamu hanya cukup download Mitra Bukalapak sekarang di Playstore. Nantinya, keuntungan kamu bisa jauh lebih banyak karena memang pembelinya bisa dari mana saja. Selain jual pulsa, berikut ini ada beberapa ide usaha sampingan lainnya yang bisa menghasilkan uang tambahan.

Rekomendasi Usaha untuk Side Hustle

1. Content Creator

Sekarang ini media sosial sedang berjaya. Entah itu Instagram, TikTok, Facebook, Youtube, Twitter atau pun yang lainnya. Nah selain menjadi tempat untuk sharing berbagai hal mengenai keseharian, media sosial kini banyak dimanfaatkan brand untuk mempromosikan produknya. Melalui para influencer yang memiliki banyak follower.

Kalau kamu yang punya kreativitas tinggi bisa memanfaatkan ini, bisa jadi content creator. Kamu bisa langsung menjadi influencernya dengan menggunakan akun media sosial kamu sendiri, atau juga menjadi content creator di belakang layarnya. Pekerjaan yang satu ini cuannya sangat menggiurkan.

2. Toko Online

Ide bisnis tanpa modal berikutnya adalah membuat toko online. Ide yang satu ini jelas ya cuannya. Sebab kamu akan menjual barang atau jasa. Pastinya jika bisa menjaring banyak konsumen, akan semakin banyak punya penghasilan yang kamu peroleh.

Membuat toko online tak mesti membuat webnya sendiri. Kamu bisa memanfaatkan marketplace. Buka saja toko online di sana. Dengan menjual barang yang tepat, dan juga dengan menggunakan strategi penjualan yang tepat, kamu bisa meraup untung yang banyak.

3. Membuka Jasa Katering

Kamu yang gemar memasak akan sangat cocok jika berbisnis kuliner. Tak hanya kuliner yang bentuknya berupa rumah makan, kafe, atau restoran. Membuka jasa katering juga bisa dipilih. 

Tentu saja demikian sebab di zaman modern seperti sekarang, banyak orang yang lebih suka hal yang praktis. Jadi saat ada acara, misalnya nikahan atau acara kantor, mereka lebih memilih pesan dari jasa katering daripada harus ribet masak sendiri.

Nah, untuk tips atau hal yang harus dilakukan oleh pengusaha makanan bisa kamu intip di sini.

4. Berbisnis Thrift Shop

Fenomena thrift shop, atau jual beli pakaian bekas atau pakaian second, kini sedang marak. Terutama sejak pandemi melanda. Selain untuk menghemat biaya, gerakan thrift shop ini juga bertujuan untuk mengurangi sampah fashion. 

Kamu yang gemar jual beli produk fashion, bisa mencoba bisnis ini. Selain modalnya lebih sedikit juga kamu bisa menjadi pahlawan lingkungan.

Manfaatkan saja marketplace dan sosial media. Milenial dan generasi lainnya banyak yang mencari thrift shop melalui ini. Jika produk yang kamu jual tepat, dan strategi bisnisnya bagus, kamu bisa meraup uang yang banyak.

5. Menjadi Admin Media Sosial

Maraknya media sosial membuat banyak brand berlomba-lomba memaintain media sosialnya. 

Dalam hal pengelolaan, mereka biasanya menyewa admin media sosial. Nah ini jadi peluang bagi kamu untuk menambah penghasilan. Jika pekerjaan kamu bagus, dan hasilnya bagus, gaji yang kamu terima bisa sangat besar.

Pekerjaan Admin sosial media brand biasanya adalah membuat konten, mempublishnya, menjawab pesan, menjawab komen, membuat aktivasi, membuat program, dan lain-lain hingga membuat reportnya kepada brand.

6. Menjadi Penerjemah Bahasa Asing

Bahasa asing kini semakin banyak digunakan. Tak hanya Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, hingga Bahasa Arab, kini semakin dekat di kehidupan kita.

Bagi kamu yang punya keahlian berbahasa asing, bisa mendapat peluang cuan yang lain. Yakni menjadi penerjemah bahasa asing. Baik itu Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, hingga Bahasa Arab. Bahasa-bahasa yang kini sedang populer.

Untuk mencari lowongan pekerjaannya, kamu bisa mencarinya di internet. Atau mungkin juga bisa dilakukan promosi sendiri. Misalnya di media sosial, di blog, atau di mana pun. 

7. Membuat Kebun Sayur atau Buah

Terakhir, untuk kamu yang gemar bercocok tanam, memiliki pelataran rumah yang besar, atau juga tinggal di pedesaan, sangat bisa menghasilkan cuan tambahan dari kegiatan berkebun. Kamu bisa menanami kebun kamu dengan sayur organik atau juga buah organik.

Untuk pemasarannya, kamu bisa memanfaatkan sosial media, marketplace, promosi sendiri, atau malah mengajukan produk ke supermarket. Jika hasil berkebun kamu bagus, sudah pasti kamu kan menghasilkan uang yang banyak.

Itu dia 7 jenis usaha sampingan yang bisa kamu lakukan di rumah untuk penghasilan tambahan. Jika kamu ulet dan rajin, dengan melakukan usaha-usaha sampingan di atas, bisnis kamu bisa berkembang. Kalau mau coba jualan pulsa, kamu bisa mencoba download mitra Bukalapak sekarang di PlayStore. 

Nah, itu dia ulasan tentang usaha sampingan karyawan yang bisa kamu lakukan setelah bekerja di kantor. Sekian, semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Usaha Sampingan Karyawan untuk Hasilkan Uang Tambahan"

  1. Jadi inget dulu waktu kuliah, usaha kecil2an jualan pulsa. Untungnya ga seberapa sih, lumayan buat makan. Tapi semenjak jualan pulsa saya jadi banyak temen karena banyak yang cari hehe. Dulu ambil pulsanya ke counter, kalau sekarang udah bisa di mitra bukalapak ya

    BalasHapus