Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung yang Benar ala Ibu Kafa

hsbc bank
Cara Menabung Yang Benar ala Ibu Kafa

Apakah Benar Uang Tidak Bisa Membeli Segalanya?

Katanya tidak semua hal bisa dibeli dengan uang, tetapi tidak bisa dipungkiri ya bahwa kita membutuhkan uang dan kita bisa mendapatkan sesuatu yang kita inginkan salah satunya dengan adanya transaksi pertukaran mata uang dengan barang atau jasa, istilahnya lu jual gua beli. Oleh sebab itu tentu tidak sedikit pula dari kita yang memutuskan untuk mengelola keuangan dengan baik salah satu contohnya adalah dengan cara menabung yang benar.

Ya, ternyata menabung pun ada tekniknya tidak sekadar menabung. Berikut adalah tips menabung yang sudah saya terapkan dalam beberapa tahun. Beberapa di antaranya adalah menentukan tujuan menabung, memilih jenis tabungan dan saldo awal membuka rekening, mengetahui fasilitas dan jaminan yang didapat dari bank, serta kemudahan dalam bertransaksi.

Tentukan Tujuan Menabung

Pertama kita harus tahu tujuan kita menabung itu untuk apa. Biasanya kita menabung karena kita merasa belum mampu untuk mendapatkan suatu hal yang kita inginkan dalam waktu dekat, oleh sebab itu kita memutuskan untuk sementara waktu menabung agar suatu hari sesuai dengan masa yang telah ditentukan pada waktunya kita mampu mendapatkan hal tersebut secara tunai tanpa harus mencicil.

Jika kita sudah tahu tujuan kita menabung untuk apa, maka seperti yang saya jelaskan di awal, hal ini akan menunjukkan pada kita, kapan kita harus membuka tabungan kita, apakah dalam kurun waktu satu bulan, enam bulan, satu tahun, tiga tahun, atau lima tahun.

Baca juga: Jenis Investasi Berdasarkan Jangka Waktu

Tentukan Jenis Tabungan dan Saldo Awal untuk Membuka Rekening

Kalau saya pribadi lebih menyukai jenis tabungan yang tidak ada biaya administrasinya setiap bulan. Jika ada pun diambil dari dana bagi hasil. Selain itu, saya juga lebih menyukai saldo awal membuka rekening dalam jumlah yang kecil karena itu akan mempermudah kita yang mungkin penghasilannya saat itu belum seberapa atau mungkin bisa menabung tetapi alokasi dananya tidak banyak. Saldo awal membuka rekening sangat bervariatif mulai dari Rp 20.000,-, Rp 50.000,- Rp 100.000,- Rp.500.000 hingga Rp 1.000.000,-.

Fasilitas dan Jaminan dari Bank

Ini penting sekali teman-teman. Contoh fasilitas yang menyenangkan nasabah tentu bebas biaya administrasi, mendapatkan bagi hasil, bebas biaya transfer ke antar bank, dan masih banyak lainnya. Sedangkan jaminan tentu seperti tidak serta merta uang kita hilang entah kemana, atau ketika ada kendala, customers service mudah dihubungi, kooperatif dan dapat membantu pelanggan dengan pelayanan yang optimal.

Baca juga: Cara Memonetisasi Blog

Kemudahan dalam Bertransaksi

Sebel itu sudah pasti kalau kita menabung ditempat yang rasanya kok malah mempersulit nasabah, kok gak sesuai sama ketentuan pas awal buka rekening, kok mau buka aplikasinya eror terus, kok ada keluhan ditanggapinya slow respon, kok ada kasus penipuan nasabah dan sejenisnya tidak segera ditangani, kok ini, kok itu.

Nah jangan sampai kita memilih bank seperti ini untuk menabung. Pastikan kita menabung di bank yang sudah terpercaya dan dikenal mudah dalam bertransaksiSeperti itulah beberapa cara menabung yang benarala Ibu Kafa.

Tentu masih banyak tips lainnya, tetapi mungkin akan disambung di ulasan yang akan datang. Pasti juga ada banyak yang bisa didiskusikan, karena semakin kita mengetahui cara menabung yang benar, maka semakin cepat pula kita mencapai tujuan kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan yang bisa ditukarkan dengan uang.

Sekian tentang ulasan cara menabung yang benar ala Ibu Kafa kali ini. Semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar :)

Kata kunci: Cara Menabung yang Benar, Bank Terpercaya, Mudah bertransaksi, Teknik menabung.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

11 komentar untuk "Cara Menabung yang Benar ala Ibu Kafa"

  1. Setuju nih kalau kita menabung tetapi banyak dibebankan biaya atau dipersulit lah jadi mesti pilih-pilih dengan seksama ya lembaga keuangan tempat kita menabung. Aku juga punya beberapa tips mengatur duit nih silahkan mampir ke blog aku ya.

    BalasHapus
  2. Sejauh ini yang aku tahu masih BNI syari'ah yang tidak ada biaya administrasi, boleh sharing bank lain juga mom? Aku masih rada ragu mau nabung di bank, jadi rekening masih buat lalu lintas aja wkwwk ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa yang bebas biaya admin ning, biasanya tabungan pelajar, atau tabungan dengan akad wadi'ah kaya yang ning pakai saat ini

      Hapus
  3. Aku belum kepikiran nabung lagi. Mengingat buku tabungan lebih banyak nganggurnya atm buat jalur lewatan gaji masuk. Kalo buat anak2 bisa kali y kita ajarin macam gini biar melek manajemen finansial. Biaya admin emang salah satu pertimbangan utama saat memilih bank.

    BalasHapus
  4. Bener sekali nih mba, tipsnya sangat membantu... Lain waktu boleh di share tentang bank apa yg tidak ada biaya administrasi nya?

    BalasHapus
  5. Ah bener nih, biaya administrasi ini kadang bikin gregetan ya. Lumayan juga sih. Tapi sampai sekarang masih bertahan pakai bank yang ada biaya adminnya sih, soalnya udah nyaman sama fitur, fasilitas dan pelayanannya. Kalau ada yang fitur, fasilitas dan pelayanannya sama, tapi bisa bebas biaya admin, mau juga sih pindah ke bank tersebut.

    BalasHapus
  6. Wah harus di catat ini ilmunya ... sesungguhnya musuh terbesar dari menabung adalah nafsu belanja hihihi. Dan hal itu yg masih perlu ku pelajari cara meredamnya hihihi

    BalasHapus
  7. Samaan aku pencari Bank yang tidak ada biaya admin dan bunganya. Seperti Bank Syariah. Nah, menabung ini memang hal sulit apalagi godaan makanan yang berkeliaran di medsos haha

    BalasHapus
  8. Wah, setuju banget dengan cara menabungnya. coba aku ikuti ya

    BalasHapus
  9. Betuuul banget mba.
    Kalau nggak ada bunga dan nggak ada potongan tiap bulannya, orang yang nabung jadi nyaman juga ya..

    BalasHapus
  10. setuju dong, bu.. aku mau ikutin ah caranya ibu nabung, hihi..

    BalasHapus