Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lima Cara Atasi Rambut Rontok ala Ibukafa

Keramas Rambut yang benar
Lima Cara Atasi Rambut Rontok ala Ibukafa

Rambut Rontok, Masalah Sejuta Umat

Postingan ini saya tulis untuk setiap perempuan yang memiliki permasalahan seperti yang saya alami yaitu rambut rontok. Huft! Suka kesel banget gak sih kalau punya rambut rontok. Masalahnya bukan karena sering menyumbat saluran air di kamar mandi setiap kali keramas. Tetapi juga sangat merisaukan karena ada rambut rontok dimana-mana.

Nyisir dikit, rontok. Lagi keramas rambut, rontok. Menggerai rambut dikit, rontok. Bercanda sama anak dan ia tidak sengaja menarik rambut, rontok juga. Kalau lagi haid atau menstruasi suka khawatir banget kadang sama permasalahan rambut rontok ini. Tetapi ternyata sebelum mengatasi rambut rontok, ada hal penting lho yang perlu diperhatikan terkait permasalahan kerontokan rambut ini.

Kenapa Sih Rambut Aku Rontok?

Ternyata selain genetik, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut kita menjadi rontok. Pertama, kurang asupan gizi. Jangan dikira rambut gak butuh asupan gizi. Waktu saya ke sebuah klinik kecantikan untuk treatment rambut rontok, dokter yang bertugas saat itu bilang kalau rambut juga membutuhkan asupan nutrisi seperti Zinc, Vitamin C, Vitamin E, dan D.

Baca juga: Yuk Cobain Perawatan Tubuh Sebelum dan Sesudah Keramas!

Jadi selain keramas rambut yang mana dapat membantu menutrisi rambut dari luar, kita juga perlu mengonsumsi asupan makanan yang mengandung zat-zat tersebut di atas yang dibutuhkan oleh rambut kita agar tidak mudah rontok. Selain asupan, ternyata hormon pada tubuh juga dapat menyebabkan rambut rontok lho!

Ketika hamil, saya baru tahu kalau ternyata hormon pada ibu hamil dan menyusui, menopause, serta gangguan tiroid dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Ini sih saya alami banget. Suami sampai bilang ada rambut dimana-mana. Haha. Tapi ya memang iya juga sih. Bahkan sampai masa menyusui pun saya masih saja mengalami kerontokan rambut karena memang genetik.

Ketiga, efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu. Tubuh tidak mungkin memungkiri ya jika ada zat kimia yang masuk ke dalam tubuh, meski pada bagian tertentu berfungsi mengobati, tetapi ada saja pada bagian yang lain justru mengalami efek sampingnya seperti kerontokan pada rambut. Yang terakhir adalah pengaruh psikologis yang ternyata mampu menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok?

Nah, seperti yang saya bilang, kalau kita sudah tahu faktor apa yang menyebabkan rambut mudah rontok, maka kita akan mudah mencari beragam alternatif sebagai solusi agar rambut kuat dan sehat. Pertama, menghindari mengikat rambut terlalu kencang. Hayooo, siapa nih yang sering melakukan ini? Wkwkwk, tenang, kamu gak sendirian, saya pun begitu.

Yap, ternyata mengikat rambut terlalu kencang, menarik dan memelintir rambut dapat menyebabkan rambut lebih cepat rontok. Kedua, mengonsumsi zat-zat yang dibutuhkan oleh rambut baik dari makanan maupun shampoo yang digunakan untuk setiap kali keramas.

Ketiga, tidak menyisir dengan sisir yang terlalu rapat. Keempat, memilih shampoo sesuai jenis rambut dan tidak menggaruk kulit kepala rambut dengan kuku. Jadi jika teman-teman sedang keramas, lebih baik memijat kulit kepala untuk membantu kelancaran aliran darah pada bagian rambut.

Kelima, mencoba  menggunakan serangkaian perawatan rambut. Kalau saya pribadi saat ini tidak hanya sekadar shampooan, tetapi saya juga menggunakan hair toner, hair serum, bahkan hingga mencoba perawatan rambut termutakhir dengan menggunakan red light theraphy sebagai alternatif perawatan rambut rontok.

Nah, itu dia tips dari saya Lima Cara Atasi Rambut Rontok ala Ibukafa. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar ya :)

Kata kunci: Keramas Rambut, Cara Mengatasi Rambut Rontok, Agar Rambut Kuat dan Sehat

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Lima Cara Atasi Rambut Rontok ala Ibukafa"

  1. Iya Mbak suka kesel banget kalau rambut mulai rontok. Ternyata ada banyak faktor ya yang membuat rambut mudah rontok. Baru tahu faktor psikologis juga mempengaruhi.

    BalasHapus
  2. Red light therapy itu bagaimana mom? Biaya treatmennya mahal kah? Aku rontok mom. Dan memang seperti kurang zinc & D. Gonta ganti shampo ternyata juga ngaruh ya mom.

    BalasHapus
  3. yang nomor 4 itu saya masih sering, apalagi kalau gatal karena ketombe, duuhh..
    selain rambut rontok, ketombe ini juga jadi masalah buat saya.
    rambut rontok saya alami sejak masih gadis, eehh setelah hamil dan menyusui jadi makin parah makanya jadi malas sisiran *upss :D

    BalasHapus