Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pengumuman MC Salat Tarawih

Teks MC di Bulan Ramadan
Contoh Teks Pengumuman MC Salat Tarawih

Contoh Teks MC Sholat Tarawih

Dibaca Sebelum Salat Tarawih

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Alhamdulillah salah satu bulan yang mulia yaitu bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba. Biasanya tradisi di masjid al-Mahallie, jika bulan Ramadan tiba, hal yang pasti dilakukan adalah salat tarawih berjama’ah. Nah oleh sebab itu, kali ini saya akan berbagi contoh teks pengumuman salat tarawih berjama’ah untuk MC yang biasa dibacakan di masjid al-Mahallie mengingat ada beberapa protokol sholat tarawih yang biasanya dilakukan. Berikut contoh teks tersebut:

Muqoddimah atau Pembukaan Teks MC Ramadan

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wassholatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiyai wal mursalin. Sayyidina wa maulana Muhammadin, shollallahu ‘alaihi wasallim ajma’in, amma ba’du.

Baca juga: Contoh Teks Pengumuman MC Salat Jum'at

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmatn-Nya sehingga kita bisa melaksanakan salat tarawih berjamaa’ah di Masjid al-Mahallie yang penuh barokah ini. Kedua, salawat dan salam mari kita hadiahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang mana kelak kita nantikan syafaatnya di akhirat kelak.

I’lan atau Pengumuman Naskah Protokol

Bapak Ibu jama’ah shalat isya dan shalat sunnah tarawih berjama'ah yang dimuliakan Allah SWT. Pada kesempatan kali ini, saya selaku MC (master of ceremony) salat sunnah tarawih berjama’ah di masjid al-Mahallie ingin menyampaikan beberapa hal:

Ta’jil dari Warga

Ramadhan tahun ini, panitia pelaksanaan kegiatan ramadan masjid al-Mahallie telah menyiapkan beberapa macam kegiatan, diantaranya pertama yaitu: ta'jil untuk berbuka puasa yang insya allah setiap harinya disediakan oleh warga sekitar masjid untuk berbuka puasa di masjid al-Mahallie.

Tadarus al-Qur’an

Kedua seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia pelaksanaan kegiatan Ramadan akan melaksanakan tadarus al-Qur’an yang dilaksanakan setelah salat tarawih berjama’ah, waktu sahur, dan waktu imsak. Panitia pelaksana juga akan mengumandangkan waktu sahur dan imsak serta waktu berbuka puasa seperti ramadan sebelumnya.

Pengajian

Untuk jadwal pengajian harian, selama bulan Ramadan, jadwal pengajian ba’da shubuh tetap akan dilaksanakan bersama para santri Masjid al-Mahallie. Sedangkan untuk pengajian ibu-ibu, pembacaan ratib, pembacaan maulid diba’, pembacaan dalil, pengajian bapak-bapak (kitab Bidayatul Hidayah), dan  pengajian anak-anak diliburkan selama bulan ramadan.

Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Selama bulan Ramadan, seperti biasanya, masjid al-Mahallie juga menerima pembayaran zakat fitrah dan zakat mal untuk didistribusikan kepada para penerima zakat.

Salat Tarawih dan Kultum

Seperti bulan Ramadan sebelumnya, insya allah salat tarawih yang akan dilaksanakan di Masjid al-Mahallie sebanyak 20 rakaat dengan 2 rakaat 1 kali salam. Kemudian dilanjutkan dengan salat sunnah witir 3 rakat 2 kali salam. Berikut akan saya bacakan para petugas yang bertugas pada malam hari ini.

Petugas salat terawih pada malam hari ini adalah ustadz atau saudara ... (sebut nama yang bertugas) sebagai Imam, saudara .... (sebut nama yang bertugas) sebagai Bilal, saudara .... (sebut nama petugas) sebagai MC, saudara .... (sebut nama petugas) sebagai penceramah kultum.

Untuk kultum (kuliah tujuh menit) akan disampaikan oleh ketua masjid atau santri al-Mahallie. Pada malam hari ini, kultum tarawih akan disampaikan oleh al mukarram ustadz atau saudara ..... (sebut nama yang bertugas menjadi penceramah kultum)

Sebelum kultum, MC hendaknya mengajak jama'ah untuk mengirimkan alfatihah kepada para guru, donatur masjid al-Mahallie, wa bil khusus untuk almarhum KH. Oo Suyitno Abdurrahman Mahmud bin H. Doleh bin H. Mahmud, alfaatihah...

Baiklah sebelum salat tarawih dimulai, kami menghimbau kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga ketenangan selama salat tarawih berjama'ah berlangsung dengan menonaktifkan alat komunikasi dan mengondusifkan anak-anaknya dan juga mematuhi protokol kesehatan di era pandemi sebagai ikhtiar menjaga kesehatan.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, apabila ada kekurangan dan kesalahan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kepada ustadz atau saudara ... (sebutkan nama yang bertugas menjadi Imam) kami persilahkan. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh.

Dibaca Setelah Kultum Tarawih

Shodaqoh

Alhamdulillah pada malam salat sunnah tarawih berjama'ah kali ini, shadaqoh yang terkumpul dari jama’ah bapak-bapak dan ibu-ibu berjumlah .... (sebutkan nominal totalnya) dengan rincian sebagai berikut, dari jama’ah bapak-bapak yaitu sebesar .... (sebutkan nominalnya), dan dari jama’ah ibu-ibu yaitu sebesar ... (sebutkan nominalnya). Terima kasih atas kebaikan bapak ibu untuk menyisihkan sebagian hartanya, semoga amal baik ini diterima oleh Allah SWT.

Penutup Contoh Teks MC di Bulan Ramadan

Sebelum menutup acara shalat tarawih berjama’ah pada malam hari ini, marilah kita bersama-sama melafalkan niat puasa ramadan untuk hari esok... Nawaitu shouma ghodin ‘an ada-i fardhi syahri romadhona hadzihis-sanati lillahi ta’ala. (Artinya) Niat saya berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karaena Allah Ta’ala.

Teks Protokol Remaja Masjid

Nah itu dia contoh teks pengumuman sholat tarawih berjama’ah yang bisa dijadikan acuan oleh para mc di berbagai masjid. Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar atau mengunjungi channel Youtube di sini sebagai bentuk dukungan untuk konten-konten yang telah diproduksi. Terima kasih :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Contoh Teks Pengumuman MC Salat Tarawih"

  1. wah pak alfath bakal sibuk jadi imam terawih ya ini? kafa ikutan terawihan nggak ini... Masya Allah.. kangen suasan terawih yg ada pengumuman gini, wkwk... sini sepi kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dia sibuk nyari bahan untuk kultum dan ngaji subuh mba... doakan sehat selalu ya, disini sudah mulai tarawih seperti biasa... kafa ikutan terawih tapi jadi seksi wira wiri, hihihi...

      Hapus
    2. Wkwk.. ngakak aku baca jadi seksi wira wiri..

      Jadi kangen juga akutuh suasana kekgini di mushola deket rumah di Medan. Kalo di Bali biasa aja mah, nggak terlalu tersusun gini, haha..

      Hapus