Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semakin Populer dan Diminati, Apa Itu Ghost Kitchen?

ghost kitchen indonesia
Semakin Populer dan Diminati, Apa itu Ghost Kitchen?

Apa Itu Ghost Kitchen?

Meskipun namanya terdengar menyeramkan tetapi ghost kitchen atau dapur hantu sama sekali tidak ada unsur horor. Istilah ini merupakan istilah yang merujuk pada dapur profesional yang dikhususkan untuk menyiapkan makanan untuk layanan pesan antar atau delivery di berbagai tempat.

Kelebihan dan Kekurangan dari Ghost Kitchen

Meskipun baru populer beberapa tahun belakangan tetapi popularitas ghost kitchen atau dapur hantu ini lumayan besar. Hal ini dikarenakan banyak industri food and beverage yang menggunakan jenis dapur seperti ini untuk berbagai tujuan.

Jika Anda memiliki usaha kuliner dan ingin menyediakan makanan dengan kualitas serta standar dapur profesional maka sebaiknya kenali dahulu kelebihan dan kekurangan dari jenis dapur semacam ini. Berikut beberapa contohnya:

Biaya Operasional Lebih Murah

Pertama, karena Anda hanya menyewa tempat serta fasilitas yang dimiliki oleh dapur tersebut maka biaya operasional yang harus dikeluarkan tentu akan lebih hemat. Anda cukup membayar biaya sewa saja. Tidak perlu membayar biaya lain seperti biaya perawatan barang, asuransi, dan sebagainya.

Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Pengusaha Makanan

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa semacam ini maka investasi yang Anda butuhkan akan lebih sedikit. Anda tidak perlu membeli peralatan dapur profesional berukuran besar serta memiliki harga yang lumayan mahal. Dengan begitu, modal yang dibutuhkan akan lebih sedikit sehingga bisa membuat harga makanan yang ditawarkan menjadi lebih murah.

Tidak Perlu Lokasi Strategis

Karena sifatnya yang hanya memuat makanan saja maka lokasi dapur ini pun tidak perlu berada di tempat strategis yang membutuhkan biaya besar. Biasanya, harga atau biaya sewa tempat di lokasi strategis membutuhkan biaya yang besar karena harus disewa minimal selama 1 tahun. 

Jumlah Karyawan Lebih Sedikit

Karena dapur profesional hanya fokus pada kegiatan memasak dan memproduksi makanan maka jumlah karyawan yang dibutuhkan di sana juga lebih sedikit. Dengan begitu, proses pemasakan bisa berlangsung lebih efisien sehingga kualitas bahan makanan tetap terjaga.

Tidak Terlalu Dikenal

Sayangnya, karena lokasi dapurnya yang tidak terlalu strategis maka jangan heran jika dapur seperti ini sulit dikenali dari luar. Makanya belum banyak masyarakat luas yang tahu tentang jenis dapur seperti ini. Paling-paling hanya orang-orang yang menggeluti dunia food and beverage atau Anda yang tinggal di daerah perkotaan saja yang tahu.

Sangat Tergantung Promosi Online

Karena mengkhususkan diri untuk layanan pesan antar maka tidak heran jika para penyewa dapur ini sangat tergantung pada pemesanan secara online. Jika ingin terus berkembang maka mau tidak mau Anda harus mengeluarkan dan serta tenaga lebih untuk melakukan promosi secara online.

Jumlahnya Masih Sedikit

Sayangnya, jumlah daur semacam ini masih cukup langka ditanah air. Kebanyakan penyedianya hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Hal ini sebenarnya wajar mengingat banyak masyarakat di sana yang lebih menggunakan layanan pesan antar terutama pada saat pandemi seperti sekarang ini.

Fasilitas dan Layanan Terbaik dari Pihak Terpercaya

Baik restoran biasa maupun restoran khusus pesan antar keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, perlu diketahui jika Anda ingin menggunakan jasa penyewa atau berbagi dapur maka sebaiknya pilihlah dapur yang memiliki fasilitas terbaik.

Baca juga: Cara Mudah Transaksi Usaha Makanan Online dengan QRIS

Selain memiliki peralatan yang lengkap setidaknya dapur tersebut harus memiliki alat keselamatan yang lengkap, keamanan terbaik serta jasa perawatan kebersihan yang bagus. Jika tidak memiliki itu semua maka sebaiknya cari saja dapur yang alin.

Meskipun terdengar sulit namun masih ada pihak seperti everplate.co.id yang memberikan berbagai fasilitas terbaik dengan harga terjangkau. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun dalam menyediakan ghost kitchen tentu saja tempat tersebut akan mampu memberikan keuntungan lebih bagi usaha Anda.

Nah, itu dia ulasan tentang Ghost Kitchen yang bisa teman-teman ketahui melalui artikel ini. Sekian, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

2 komentar untuk "Semakin Populer dan Diminati, Apa Itu Ghost Kitchen?"

  1. wah saya baru dengar istilah Ghost Kitchen ini dan paham deh pas baca artikel ka Iffia, btw kadang masih banyak orang yang lalai soal fasilitas keselamatan dan kemananan ini untuk sebuah dapur ya. artikel ini jadi ngingetin saya mba soal hal itu. ternyata pengalaman everplate.co.id sudah bertahun-tahun ya kak Iff

    BalasHapus
  2. Kukira awalnya tempatnya yang suram, wkwkwk
    Cocok sih sama konsep Ghost Citchennya. Yang dengernya pasti bakalan bikin orang-orang penasaran

    BalasHapus