Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Investasi Properti Untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Properti Murah
Tips Investasi Properti Untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Investasi properti adalah salah satu cara yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk mempersiapkan masa depan. Bahkan saat ini, tidak sedikit dari anak muda berlomba-lomba buat melakukan investasi tersebut. Dari sekian banyaknya jenis investasi, investasi untuk properti paling banyak diminati karena dapat menghasilkan profit cukup besar. 

Adapun bentuk-bentuk properti yang digemari diantaranya adalah perumahan ataupun tanah. Memiliki properti untuk yang pertama kalinya memang menjadi salah satu hal yang cukup membanggakan bagi seorang investor pemula. Sayangnya, agar kegiatan ini dapat berhasil secara maksimal maka anda harus mengatur strategi yang tepat supaya bisa mencapai tujuannya. 

Tips Investasi Properti Untuk Pemula 

Sebagai seorang pemula, tentu ada banyak hal yang harus diketahui. Selain itu, anda juga tidak boleh terburu-buru untuk mengambilnya. Apabila anda sampai salah dalam melangkah jelas akan menyebabkan kerugian cukup besar. 

Tentunya anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan? daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan yang ada dibawah ini. Baca juga: Jenis Investasi Berdasarkan Jangka Waktu

Mulai Memilih Lokasi Yang Terbaik 

Pertama, perlu diingat apabila lokasi menjadi hal cukup krusial ketika anda akan memulai investasi properti. Orang-orang biasanya akan lebih tertarik buat memiliki hunian di lokasi strategis. Atas hal tersebutlah, maka lokasi memang menjadi salah satu faktor utamanya. 

Bukan hanya memberikan kemudahan buat mengakses layanan dan fasilitas umum, dengan lokasi strategis itulah ternyata bisa mempengaruhi harga jualnya. Semakin dekat dengan keramaian maka harganya dijamin akan semakin tinggi. 

Siapkan Dana Untuk Memulainya 

Bukan hanya lokasi saja, dana juga menjadi faktor cukup penting buat melakukan investasi tersebut. Siapkan dana dimana digunakan buat menanggung biaya pokok maupun biaya-biaya lainnya. Bahkan tidak sedikit biaya tersebut cukup besar sehingga membuat investor terkejut. 

Baca juga: Apartemen Murah di Jakarta

Adapun biaya-biaya yang harus disiapkan diantaranya adalah biaya tanda jadi, uang muka, hingga angsuran. Dengan menyiapkan dana jauh-jauh hari maka akan memberikan keuntungan tersendiri. 

Mulai Memilih Developer 

Bagi investor pemula, sebaiknya memang tidak boleh sembarangan ketika memilih developer alias pengembang. Ada banyak pengembang properti di Indonesia yang bisa anda temukan. tetapi memang tidak semuanya dapat dipercaya begitu saja. 

Itulah pentingnya untuk selektif dalam memilih developer. Cobalah mengetahui latar belakang dari pengembang properti tersebut. Jangan langsung percaya dengan pengembang begitu saja. Pastikan mereka mempunyai performa dan pengalaman yang bagus. 

Lakukan Perbandingan Harga 

Sangat penting bagi para investor pemula buat melakukan perbandingan harga. Jangan sampai langsung buru-buru membeli sebuah properti. Cobalah buat melakukan peninjauan terlebih dahulu buat memutuskan untuk membeli. Salah satunya adalah dengan mengecek harga pasar. 

Disinilah, anda wajib buat mengecek harga properti tersebut di pasar. Untuk melakukan pengecekan bisa dilakukan secara online ataupun melakukan riset langsung. Dengan begitu, anda akan memperoleh harga yang terbaik. 

Menawarkan Fasilitas Memadai 

Apabila sudah memperoleh harga yang tepat, anda juga wajib mengetahui fasilitas apa sajakah yang disediakan oleh pihak developer tersebut. Fasilitas yang memadai jelas akan meningkatkan harga jual dari properti tersebut. 

Perhatikan ketersediaan dari fasilitas internal maupun eksternalnya. Disamping itu, pastikan apabila anda juga memilih tenor sesuai kemampuan yang anda miliki. Dengan begini maka anda tidak akan kesulitan ketika melakukan pembayaran. Hal lain yang harus diperhatikan adalah adanya surat pembelian tanah. 

Jika anda ingin melakukan investasi properti yang menguntungkan, Sudirman Suites adalah pilihannya. Disinilah anda bisa memperoleh properti berupa apartemen dengan berbagai macam layanan dan fasilitas menarik serta harga kompetitif. Segera kunjungi 31sudirmansuites.com sekarang juga.

Nah, itu dia ulasan tentang Tips Investasi Properti untuk Pemula yang Wajib Diketahui. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

2 komentar untuk "Tips Investasi Properti Untuk Pemula yang Wajib Diketahui"

  1. Berdasarkan pengalaman memang untuk investasi jangan gegabah juga sih. Bener bangey, memilih invest properti wajib di lokasi strategis, jadi meski harga semakin up, teteo laku karena lokasi yang menjanjikan. Selain itu perlu bgt pilih developer yang sudah qualified juga. Istilahnya bangunan dan surat2 terpercaya. Sekarang banyak ya invest properti abal-abal. Harus teliti memilihnya :)

    BalasHapus
  2. Milih2 developer ini yang mesti pintar2 juga yah Kak, karena hari gini sudah mulai susah cari developer yang amanah.

    BalasHapus