Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Paket Wisata Religi Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

makam wali di jawa timur
Rekomendasi Paket Wisata Religi Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Wisata Religi Jawa Timur

Postingan ini adalah salah satu postingan yang saya ulas untuk mengenang kepulangan ayah saya yang pernah mengajak saya beserta seluruh anggota keluarganya bahkan hingga jama’ahnya pergi berziarah ke makam Wali Songo dari Jawa Barat hingga ke Jombang dan Bali. Tentu makam aulia di Jawa Timur juga kami kunjungi.

Alhamdulillah, salah satu mimpi yang sebelumnya tidak pernah terbayang kapan akan terlaksana, ternyata mimpi tersebut Allah wujudkan melalui beliau sebelum pandemi ini berlangsung. Wisata religi di Tawa Timur tentu banyak termasuk destinasi wisata religi selain Islam di Jawa Timur. Tetapi karena ingin mengenang beliau, maka izinkan saya hanya menulis wisata religi wali 5 Jawa Timur.

Nah dari pada masih banyak yang bertanya wali 5 Jawa Timur dimana saja, yuk langsung simak ulasan berikut ini ya:

Sunan Bonang Tuban

Rute makam wali di Jawa Timur yang biasanya pertama kali di singgahi dari barat adalah makam Sunan Bonang. Sunan Bonang bernama asli Raden Maulana Makdum Ibrahim, seorang putra dari Sunan Ampel pernikahan dengan Nyai Ageng Manila. Asal muasal Sunan Bonang berasal dari sebuah desa di kabupaten Rembang yaitu desa Bonang.

Sunan Bonang dikenal sebagai ahli dalam ilmu Fiqih, Ushuluddin, Tasawuf, Seni, Sastra, Arsitektur. Beliau juga mengajarkan Islam kepada masyarakat melalui wayang, tembang, dan sastra sufistik. Karyanya yang amat terkenal adalah Suluk Wujil sebuah gending yang memiliki nilai-nilai keislaman dan setiap bait lagu diselingi dengan ucapan dua kalimat syahadat (syahadatain) sehingga musik gamelan yang mengirigi gending tersebut kini dikenal dengan istilah sekaten.

Makam Sunan Bonang berada tepat di belakang Masjid Agung Tuban atau tidak jauh dari alun-alun Tuban. Jika malam hari masjid ini akan lebih indah karena berhiaskan lampu dengan berbagai macam warna. Oleh-oleh khasnya adalah Legen, Siwalan, dan Batik Gedog.

Sunan Drajat Lamongan

Makam wali songo di Jawa Timur lainnya adalah Sunan Drajat. Sunan Drajat memiliki nama lengkap Raden Qasim atau Syarifuddin, adik dari Sunan Bonang atau merupakan putra bungsu Sunan Ampel dengan Nyai Ageng Manila. Beliau sangat terkenal berdakwah dengan pendidikan akhlak karena sangat memperhatikan fakir miskin dan juga menjunjung tinggi kesejahteraan umat.

Makam Sunan Drajat berada di atas sebuah bukit yang dikelilingi oleh hutan dengan cukup rimbun dan pemandangan alam sekitar yang indah.

Sunan Giri Gresik

Tempat makam wali songo di Jawa Timur lainnya adalah makam Sunan Giri Gresik atau Muhammad Ainul Yakin (Raden Paku) yang lahir pada tahun 1442 Masehi. Beliau merupakan putra dari Syaikh Maulana Ishaq dan Dewi Sekardadu seorang putri Menak Sembuyu yang terkenal sebagai seorang penguasa di wilayah Balambangan di ujung kerajaan Majapahit.

Sunan Giri dikenal sebagai seorang Raja yang dapat mencapai wilayah dakwah di sekitar Banjar, Martapura, Pasir, Kutai, hingga Nusa Tenggara dan Maluku karena memanfaatkan jalur kekuasaan, perniagaan dan pendidikan dengan strategi yang amat apik.

Makam Sunan Giri terletak di perbukitan desa Giri, Kebomas, Gresik yang dapat diakses melalui arah Masjid Sunan Giri, Undankan Tengah (melalui Candi Bentar dan patung naga, atau pun melalui Makam Sunan Prapen.

Syeikh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik

Lokasi wali 5 di Jawa Timur lainnya adalah Makam Syeikh Maulana Malik Ibrahim di Gresik yang juga dikenal sebagai Sunan Gresik. Beliau dikenal berdakwah melalui jalur perdagangan dan pendekatan politik dengan penguasa pada masa itu dan akhirnya mendirikan pesantren serta masjid untuk menyebarkan Islam.

Beliau juga dikenal sebagai Syekh Magribi atau Maulana Magribi karena diduga berasal dari wilayah Magribi Afrika Utara.

Sunan Ampel

Nama wali allah di Jawa Timur lainnya adalah Sunan Ampel atau Raden Rahmat. Beliau lahir pada tahun 1401 dan memiliki pesantren Ampeldenta yang terletak di Denta, Surabaya. Beliau sangat dikenal sebagai wali yang mendidik para dai atau juru dakwah dan banyak menikahkan para dai tersebut dengan putra-putri penguasa bawahan Majapahit sebagai salah satu strategi dakwah.

Baca: Lirik Qasidah Salamullahi Ya Sadah Ketika Di Makam Waliyullah

Ada teman yang bertanya, rute perjalanan ziarah wali 5 dari Malang bagaimana? Jujur kalau saya sendiri kurang paham karena saya berangkat dari barat tepatnya dari Jakarta. Namun jika ada teman-teman pembaca di sini yang mengetahui informasi tersebut, boleh ya sharing di kolom komentar.

Nah untuk paket wisata religi Jawa Timur lainnya ada Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, Makam Mbah Hamid di Pasuruan, Makam Gus Dur di Jombang (waktu itu juga kami mengunjungi makam beliau setelah dari Bali), Masjid Tiban Turen Pintu Seribu di Malang, Masjid Cheng Ho Surabaya, Makam Sunan Bejagung Lor, Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi al-Maroko, Kuil Kwan Sing Bio, Makam Sunan Bungkul. Semoga kapan-kapan saya bisa mengunjungi tempat-tempat ini.

Selain berwisata religi di Jawa Timur, jangan lupa juga untuk mengunjungi wisata jawa timur non religi ya. Nah, sekian ulasan tentang wisata religi jawa timur ini. Semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Paket Wisata Religi Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi"