Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tips Membuat Website Tanpa Coding untuk Pemula

tips membuat website
 Tips Membuat Website Tanpa Coding untuk Pemula

Tips membuat website tanpa coding berikut ini akan sangat membantu Anda yang masih pemula dalam membuat website dengan mudah dan praktis. Cara-cara ini cukup mudah untuk Anda lakukan, meskipun Anda tidak memiliki keahlian teknis secara khusus.

Tentukan Jenis Website

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat sebuah website adalah dengan menentukan terlebih dahulu jenis website seperti apa yang akan Anda buat. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan karena akan berpengaruh terhadap pemilihan paket web hosting, domain, dan tema yang akan Anda gunakan nantinya.

Ada beberapa jenis website yang bisa Anda coba dan pilih, antara lain adalah website dari toko online, blog, website portofolio, situs berita, hingga website forum.

Tentukan Platform Website

Tips membuat website selanjutnya adalah dengan menggunakan platform website. Seperti yang sudah Anda ketahui pada awal pembahasan dan judul, bahwa Anda bisa membuat web tanpa perlu adanya pengetahuan mendalam tentang coding. 

Bahkan, Anda juga tidak perlu menggunakan code HTML, CSS, maupun PHP. Selain terbilang rumit, cara membuat website menggunakan coding ini tentunya memerlukan waktu yang cukup lama. Jadi, langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan WordPress.

Dengan menggunakan WordPress, maka Anda bisa membuat website secara lebih mudah tanpa perlu menguasai pemrograman. Anda bisa membuat website builder ini secara gratis dengan menggunakan WordPress. Meskipun pembuatannya gratis, namun website yang dihasilkan tetap berkualitas terbaik.

Menentukan Hosting dan Nama Domain

Meskipun memang Anda bisa membuat website secara gratis menggunakan WordPress, namun Anda tetap perlu mengeluarkan sedikit biaya. Nah, biaya yang harus Anda keluarkan ini akan teralokasikan pada penyimpanan data website di hosting, serta untuk membeli nama domainnya juga.

Pilih Hosting

Dalam penjelasan mengenai tips membuat website ini terdapat tiga jenis hosting yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, antara lain adalah shared hosting, cloud hosting, VPS hosting. 

Shared Hosting

Shared hosting merupakan sebuah layanan hosting yang cukup populer karena harganya yang relatif terjangkau dan sangat mudah untuk Anda gunakan. Selain itu, shared hosting ini juga didukung oleh layanan support. 

Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan perpaduan kemudahan pengelolaan yang bisa Anda dapatkan dari shared hosting dan kapasitas besar dari VPS hosting. Cloud hosting sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki keahlian teknis dalam mengelola VPS, namun tetap ingin memiliki kapasitas yang besar.

VPS Hosting

VPS hosting memiliki kapasitas daya tampung dari trafik yang lebih tinggi jika Anda bandingkan dengan shared hosting. Namun, VPS ini hanya cocok untuk para developer yang sudah memiliki keahlian teknis. Jika memang Anda memutuskan untuk menggunakan VPS, maka Anda harus melakukan konfigurasi server secara mandiri terlebih dahulu.

Layanan support ini memang tersedia secara terbatas, karena penyedia VPS hosting pada umumnya tidak memiliki akses ke server. Hal ini karena server sudah terkelola secara mandiri oleh para pengguna VPS hostingnya.

Tentukan Nama Domain

Tips membuat website selanjutnya adalah menentukan nama domain. Perlu Anda ketahui, domain dan hosting merupakan alamat untuk website Anda. Domain berfungsi sebagai alamat website. Tujuan pembuatan domain adalah agar orang lain bisa dengan mudah mengakses website Anda di browser

Install WordPress

Setelah Anda lakukan semua langkah tersebut, maka Anda bisa mengaktifkan fitur Auto Install WordPress. Lalu, silahkan Anda login ke cPanel, buka softaculous installer. Kemudian klik tombol install now, pilih domain, isi detail website, dan terakhir masukkan username dan password.

Baca juga: Cara Membuat Blog Melalui Platform WordPress

Optimasi Pengaturan WordPress

WordPress yang baru Anda install perlu melakukan optimasi pengaturan agar bisa menghasilkan website yang lebih optimal. Untuk melakukan optimasi ini, Anda perlu login terlebih dahulu ke WordPress. 

Sudah Siap Membuat Website?

Dan inilah tips membuat website tanpa coding terakhir yang bisa Anda lakukan. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Inilah Tips Membuat Website Tanpa Coding untuk Pemula"

  1. jadi ingat pertama niat membuat website alias nge blog, apa yang ibu kafa paparkan diatas sejalan dengan apa yang pernah saya pelajari di awal - awal hingga berlabuh di BP tapi, gak di wp, hehe

    BalasHapus
  2. Wow keren dan indormatif sekali, boleh banget nih dicoba wp-nya

    BalasHapus
  3. wah, mantap tipsnya nih mbak. aku bookmark dan share yaa.. thank you,

    BalasHapus