Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Internet of Things dan Contohnya di Indonesia

Apa itu Internet of Things dan Contoh IoT di Indonesia
Apa Itu Internet of Things dan Contohnya di Indonesia

Apa Itu Internet of Things dan Contohnya

Saat ini zaman sudah serba canggih. Apapun dapat dikoneksikan dengan teknologi sehingga dapat meringankan pekerajaan yang membutuhkan pertolongan individu lainnya. Inilah yang disebut dengan IoT.

Internet of Things

Iot singkatan dari Internet of Things. Apa itu Internet of Things atau IoT? Iot adalah sebuah sistem yang dapat mengirimkan data melalui jaringan seperti lorawan atau jaringan biasa yang diaplikasikan pada benda tertentu sehingga dapat dioperasikan tanpa membutuhkan bantuan manusia.

Pengertian IoT menurut para ahli dikenal pertama kali berasal dari Kevin Ashton yang menerapkan solusi Supply Chain Management untuk sebuah perusahaan.

Contoh Internet of Things

Mungkin teman-teman sudah mengenal produk-produk teknologi yang diberikan label “smart”. Pada dasarnya setiap benda yang dapat diberikan ID dan memiliki data yang bisa diambil, benda tersebut dapat dioperasikan dengan IoT sehingga pengoperasiannya bisa jauh lebih modern dan meminimalisir tindakan manusia untuk mengoperasikannya secara langsung.

Baca juga: Apa Itu IoT dan Contohnya

Contoh Internet of Things ini misalnya smartphone yang dapat dikoneksikan dengan internet, mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui gadget, lampu sensor, dan masih banyak lagi benda yang dapat dijadikan sebagai contoh Internet of Things dalam kehidupan sehari hari.

Cara Kerja Internet of Things

Cara kerja Iot pada dasarnya cukup mudah yaitu setiap benda yang diaplikasikan IoT pada akhirnya dapat membaca sensor tertentu sehingga dapat melakukan pengiriman data untuk melakukan sebuah tindakan (atau perintah) dengan menggunakan internet.

Prinsip Internet of Things

Ada 4 Komponen Internet of Things yang harus diterapkan dalam pengaplikasian Iot yaitu pertama ada Connectivity (atau penghubung dalam bentuk bluetooth, nfc, internet, lorawan). Kedua adalah Things or Device (sebagai perangkat yang dapat diberikan ID agar dapat terkoneksi).

Ketiga memiliki Data (Data yang ada pada device yang akan diaplikasikan IoT untuk menerapkan inovasi yang dapat diolah lebih lanjut. Keempat adalah Communication atau komunikasi pada benda yang akan diaplikasikan IoT baik satu maupun dua arah.

Kelima adalah Intelligence yaitu kemampuan suatu benda yang dapat memproses suatu data. Terakhir adalah Action di mana setelah data di proses Things tersebut dapat bekerja melakukan suatu perintah yang diminta oleh users (pengguna) melalui benda lainnya.

Contoh IoT di Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui, saat ini ada banyak impelementasi IoT untuk berbagai benda yang diterapkan diberbagai negara termasuk salah satunya adalah Indonesia. Berikut merupakan beberapa contoh IoT di Indonesia yaitu ketika Telkom menyematkan IoT pada Insulated Vaccine Carrier Technoplast dan ketika IoT digunakan oleh berbagai Smart City di Indonesia sebagai solusi pengelolaan limbah serta teknologi di bidang startup lainnya.

Sebagai salah satu badan usaha milik negara yang bergerak di bidang teknologi, Telkom menyediakan solusi end to end IoT baik dari infrastructure, device, serta platform IoT antares beserta jaringan lorawan.

Nah, itu dia ulasan tentang Apa itu Internet of Things dan Contohnya di Indonesia. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat!

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

5 komentar untuk "Apa itu Internet of Things dan Contohnya di Indonesia"

  1. Ah i see... Internet of things muncul karena adanya kebutuhan komunikasi jarak jauh brti yaa. Setelah itu kemudian makin meluas dan bisa diaplikasikan di berbagai bidang

    BalasHapus
  2. wah aku baru tau tentang istilah Internet of Thing padahal kita selalu berdampingan dengan internet selama ini

    BalasHapus
  3. Menarik! Internet of Things atau IoT, bisa jadi solusi teknologi masa kini ya, bu. Telkom memang selalu bisa berinovasi sesuai dengan kebutuhan zaman. Kereeen!

    BalasHapus
  4. IoT makin memberikan manfaat dan menawarkan jutaan kemudahan, tapi ya memang perlu backbone jaringan yang mendukung. Sebagai BUMN, kinerja Telkom ikut mendukung pemanfaatan IoT untuk kemajuan bangsa, ya

    BalasHapus
  5. Kita setiap hari menggunakan, tapi aku baru mengerti isyilah ini hari ini. Thanks mbak

    BalasHapus