Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Halaman Facebook Banyak Pengikut Secara Otomatis

Cara Agar Halaman Facebook Banyak Pengikut Secara Otomatis
Cara Agar Halaman Facebook Banyak Pengikut Secara Otomatis

Trik untuk Meningkatkan Engagement Rate Facebook

Ingin meningkatkan engagement rate akun Facebook kamu tapi bingung harus melakukan apa? Jika ya, maka kamu berada di artikel yang tepat yaitu cara agar halaman Facebook banyak pengikut!

Sebagai brand, content creator, maupun influencer, memiliki engagement atau interaksi yang baik dengan audience di Facebook tentu sangatlah penting. 

Untungnya, meningkatkan engagement rate di Facebook tidak sesulit yang kita kira kok! Dengan strategi yang tepat dan konsistensi, kita bisa mengembangkan akun Facebook kamu dan mendapatkan engagement yang lebih banyak dari audience. Yuk simak beberapa tips cara agar halaman Facebook banyak pengikut!

Mencari Waktu Posting yang Paling Tepat 

Tahu kapan waktu yang tepat untuk membagikan postingan merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dapat meningkatkan engagement rate dari postingan Facebook. 

Membagikan postingan di waktu yang kurang tepat dapat mengurangi kesempatan kita untuk mendapatkan lebih banyak engagement.

Jika kita membagikan postingan pada waktu dimana sebagian besar audience kita tidak sedang online di Facebook, maka postingan kita akan tenggelam di bawah postingan lainnya dan akhirnya kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan engagement.

Maka dari itu, mengetahui kapan audience kita aktif di Facebook menjadi sangat penting! 

Menurut Hubspot, hari terbaik untuk membagikan postingan di Facebook adalah hari Kamis-Minggu. Sedangkan jam terbaik untuk membagikan postingan di Facebook yaitu:

9 pagi, ketika orang-orang mulai beraktivitas dan online setiap harinya.

Antara jam 11-12 siang, ketika memasuki jam makan siang.

3-4 sore, ketika orang-orang sedang istirahat sore.

Pastikan Konten Kamu Relevan

Membagikan konten yang mengandung pesan personal dapat membantu ktia untuk mendapatkan engagement yang lebih banyak dari audience di Facebook. 

Jika akun Facebook kita hanya membagikan informasi produk brand atau testimoni pelanggan untuk tujuan penjualan semata, tentu followers kita akan bosan karena konten yang kita sajikan tidak ‘relatable’ dengan keseharian maupun minat mereka.

Mengenal Siapa Audience Kamu Sebenarnya 

Tentu saja dua langkah di atas hanya dapat kita terapkan jika kita betul-betul tahu siapa sebetulnya audience kita di Facebook.

Untuk mendapatkan informasi mengenai audience dari akun Facebook, kita dapat mengunjungi bagian Facebook Analytics dan memantau siapa saja yang rutin memberikan likes dan komentar pada postingan kita.

Kita juga bisa coba untuk mengidentifikasi postingan mana yang lebih banyak mendapatkan likes dan komentar dibandingkan dengan postingan lainnya. Bisa jadi konten dengan format postingan tersebutlah yang sebetulnya diminati oleh audience kita di Facebook.

Berpartisipasi pada Group dan Page dengan Topik yang Relevan 

Cara agar halaman Facebook banyak pengikut lainnya untuk bisa mendapatkan engagement di Facebook adalah dengan ikut aktif berpartisipasi pada group Facebook atau page Facebook popular yang memiliki topik atau niche serupa dengan akun kita. 

Pada group tersebut, kita bisa membagikan konten-konten menarik atau membalas komentar maupun pertanyaan dari group member lainnya. Dengan begitu kita dapat memperluas jangkauan akun Facebook sekaligus berinteraksi dengan audience baru yang mungkin saja merupakan calon konsumen dari bisnis kita.

Nah itu dia beberapa cara agar halaman Facebook banyak pengikut yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan engagement rate akun Facebook dan mendapatkan banyak pengunjung

Memang mengelola akun Facebook sendirian cukup melelahkan. Tetapi, dengan strategi yang tepat dan usaha yang konsisten, membangun komunitas digital lewat akun Facebook kita bukanlah sebuah hal yang tidak mungkin!

Sebagai alternatif lainnya, kita juga bisa menggunakan jasa digital marketing agency Indonesia untuk membantu mengelola akun Facebook mu secara profesional. Agensi digital marketing tentunya memiliki tim yang memang sudah ahli dan berpengalaman dalam menjalankan strategi Facebook marketing untuk berbagai macam bisnis termasuk jasa pembuatan website.

Dengan begitu, kerugian yang muncul dari pengimplementasian strategi yang salah dapat diminimalisir. Semoga informasi artikel cara agar halaman Facebook banyak pengikut ini bermanfaat!

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

10 komentar untuk "Cara Agar Halaman Facebook Banyak Pengikut Secara Otomatis"

  1. saya udah jarang sih ini di Facebook, udah gak seintens dulu, yang kayaknya klo belum buka FB itu gimaanaaaa gitu, hihihih.
    tapi bener ini poin-poinnya, apalagi kalau kita udah punya pengikut setia, udah deh aman tuh ER :D

    BalasHapus
  2. Wah terimakasih mbak, aku lama nggak "ngurusin" facebook nih

    BalasHapus
  3. Baru tahu juga saya mba tips ini. Intinya kita harus aktif ya mba kalau punya fanpage agar selalu ada interaksi dengan follower

    BalasHapus
  4. Nahlo ternyata sosmed memang hatus punya jadwal ya, bu. Aku coba ah, pengikutku keknya nggak nambah-nambah lho, wkwk..

    BalasHapus
  5. Ada sih mbak cara cepet, beli like followers gitu-gitu. Tapi ya itu kadang gak awet hehe

    BalasHapus
  6. Aku tetap merawat facebook aku sih karena di sana kayak keluarga rasanya, banyak teman lama, pembaca buku dan konsumen bukuku. Makasih ya tipsnya

    BalasHapus
  7. ohh ternyata jam juga berpengaruh ya, baiklah nanti saya akan coba dan terimakasih tipsnya kak

    BalasHapus
  8. info yang saya butuhin nih, saya baru buka page lagi sesudah yang lama gak bisa dibuka

    penting banget dapetin engagement di Facebook, karena bisa meningkatkan view blog ya?

    BalasHapus
  9. wah kebetulan banget niy mba Iff aku lagi mau maksimalin halaman facebook untuk usaha, bisa kuikutin caranya mba, hope it works di aku

    BalasHapus
  10. Intinya harus konsisten ya mbak.. aku ada page tapi jarang kuurusi, biasanya cuma terusan aja postingan dari IG, hehe.

    BalasHapus