Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Perlu Diperhatikan

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Perlu Diperhatikan
Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Perlu Diperhatikan

Hati-Hati, 6 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Ini Kerap Dilupakan

Saat ingin mewujudkan impian membuat website untuk toko online, profil perusahaan, atau personal branding, kebanyakan orang hanya memperhatikan harga yang harus dibayar. Beberapa tips memilih jasa pembuatan website di bawah ini mungkin kerap dilupakan karena dianggap sepele saat sudah menemukan partner yang dianggap tepat.

Hubungan antara penyedia layanan jasa pembuatan website dan pemiliknya bukanlah seperti penjual dan pembeli, tapi lebih sebagai partner. Karena penyelesaian pembuatan website yang baik membutuhkan kerjasama kedua pihak sebagai pemilik ide dan eksekutor. 

Salah satu penyedia jasa pembuatan website yang terkenal adalah Niagaweb, yang tidak hanya menyediakan domain, hosting, dan berbagai keperluan Anda untuk membangun website. Lebih dari itu, Niagaweb siap membantu Anda mewujudkan website impian.

6 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Selain tips memilih jasa pembuatan website yang umum diberitakan seperti harga, fasilitas, garansi, dan kualitas layanan, ada juga tips yang kerap dilupakan. Hal-hal yang terkesan sepele berikut bisa jadi hambatan jika tidak diperhatikan sejak awal. Oleh karena itu Anda harus pastikan benar hal-hal berikut ini:

1. Biaya Maintenance

Biaya pemeliharaan kerap kali tidak menjadi perhatian para pengguna jasa setelah memastikan harga jasa pembuatan website. Padahal rincian biaya ini menjadi penting setelah website bisa dioperasikan, untuk mencegah kebocoran data dan membuat celah keamanan. Tanpa pemeliharaan, website sangat mungkin suatu saat diserang oleh peretas. 

Pastikan siapa yang harus menanggung biaya pemeliharaan saat menghitung biaya pembuatan website, karena jumlahnya lumayan. Akan sangat menguntungkan jika ternyata mereka menyediakan fasilitas pemeliharaan misalnya untuk tahun pertama. 

2. Janji Penyelesaian

Lama penyelesaian setiap proyek pengerjaan website bisa jadi berbeda dengan proyek lain. Karena hal ini sangat bergantung pada kemampuan sumber daya manusia, pemahaman teknologi, selera desain, dan kepadatan antrian proyek. Saat orderan sepi dan desain yang diminta mudah tentu lebih cepat diselesaikan.

Anda juga bisa menawarkan untuk membantu menyiapkan file banner, artikel inti, peta situs, atau hal-hal lain yang membuat website lebih hidup setelah diproses. Untuk memastikan dan menyesuaikan dengan jadwal pribadi, Anda bisa menanyakan kepada mereka berapa lama rencana penyelesaian proyek tersebut.

3. Proses Optimasi SEO

Optimasi SEO merupakan salah satu hal penting yang perlu dipastikan sebelum menyelesaikan proyek pembuatan website. Secara teori SEO memang terkait dengan banyak hal, baik konten maupun pengaturan website. Minimal, Anda dapat berdiskusi untuk memilih tema yang SEO friendly dan responsif ketika diakses melalui gawai maupun komputer.

4. Kapasitas Bandwidth

Bandwidth berhubungan langsung dengan proses unggah dan unduh dokumen yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung website Anda. Jika traffic tinggi, Anda membutuhkan bandwidth dengan kapasitas besar pula.

5. Paket Pelatihan Operasional Website

Biasanya, penyedia jasa pembuatan website dan agen penjual domain, hosting, dan lembaga yang bergerak di bidang teknologi memiliki penawaran khusus untuk webinar dan pelatihan. Anda bisa bertanya, apakah ada pelatihan yang bisa diikuti dan gratis karena biayanya sudah termasuk dalam jasa tersebut.

6. Biaya Perpanjangan

Sering sekali terjadi, biaya pembuatan website murah salah satunya karena harga domain yang dipakai adalah domain dengan ekstensi yang sedang promosi. Jika tidak hati-hati, bisa jadi domain yang murah tersebut hanya berlaku di tahun pertama. Tahun berikutnya biaya perpanjangan domain bisa berkali lipat dari harga awal saat promosi.

Untuk menghasilkan website yang hidup, pastikan bisa mengisi konten secara konsisten dan optimal. Semoga tips memilih jasa pembuatan website di atas membantu Anda untuk lebih berhati-hati memilih dan menentukan partner terbaik. 

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Perlu Diperhatikan"

  1. Sata ingin buat toko onlibe. Dari dulu belum terealisasi nih mb

    BalasHapus
  2. kemarin saat migrasi, aku cukup percaya dengan salah satu penyedia yang sudah dipakai banyak orang dan ada kantor aslinya.

    BalasHapus
  3. Bener banget sih pilih jasa pembuatan website harus tahu seluk-beluknya dengan baik. Alhamdulillah aku terbantu punya suami yang paham seluk beluk website, hosting, dll, jadi bisa minta diajarinn deh.

    BalasHapus