Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Kursus Bahasa Arab Gratis Rekomendasi Untuk Pemula

Kursus Bahasa Arab Gratis Rekomendasi Untuk Pemula
Kursus Bahasa Arab Gratis Rekomendasi Untuk Pemula

Kursus Bahasa Arab Gratis

Dulu, sepanjang hidup saya sejak saya berusia 0-26 tahun, saya memiliki kesempatan untuk kursus bahasa arab gratis. Ya, bagaimana tidak, saat itu ayah saya lah yang menjadi mentornya langsung. Tetapi justru saya bermalas-malasan ketika diampu oleh beliau.

Kini kesempatan tersebut telah tiada, dan saya baru sangat menyesalinya. Ingin sekali rasanya mengulang waktu tetapi tidak mungkin. Jika pun ada kesempatan belajar bahasa arab gratis untuk kedua kalinya, saya akan mengambil kesempatan itu karena saya sadar bahwa saya membutuhkan kemampuan ini untuk beberapa aktivitas yang harus saya jalani.

Saya juga pernah mengikuti kelas takhasus selama 6 bulan yang mengharuskan saya untuk belajar menggunakan bahasa Arab dan Inggris setiap harinya agar memperlancar kemampuan dalam menggunakan bahasa arab.

Singkat cerita, akhirnya saya pun mencari tahu informasi terkait kursus bahasa arab gratis. Ternyata ada banyak lho! Bahkan di Youtube pun banyak sekali youtuber yang bersedia suka rela mengupload video kursus bahasa arab gratis untuk para subscriber-nya.

Nah, berikut adalah kursus bahasa arab gratis yang bisa ditemukan dan menjadi tempat kursus rekomendasi untuk pemula yang ingin meningkatkan kemampuan dalam bahasa arab:

BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab)

Kursus bahasa arab gratis pertama yang saya tulis dalam ulasan ini adalah pembelajaran bahasa arab gratis dari BISA Learning Centre yang ternyata sudah menetaskan lebih dari 30 Angkatan.

Sebuah angka yang fantastis tentunya mengingat lebih dari 15.000 alumninya telah lulus meski dari berbagai latar belakang, usia, pendidikan, pekerjaan, gender, dan kewarganegaraan karena sistem pembelajarannya dilaksanakan secara daring.

Waktu pembelajaran dilakukan selama 8 pekan setiap hari Minggu pukul 16.00-17.30 via Whatsapp dan pemanasan materi setiap hari Sabtu.

Syarat administrasi untuk dapat mengikuti kelas ini pun sangat mudah yaitu:

Lancar membaca al-Qur’an. Berusia 16 tahun ke atas. Memiliki hafalan surat pendek maupun ayat-ayat populer dalam al-Qur’an. Memiliki gawai yang sudah terinstal aplikasi Whatsapp.

Memiliki koneksi internet yang stabil. Memiliki akun email dan terbiasa mengirim email dengan lampiran. Wajib mengerjakan pr yang telah diberikan setiap minggunya baik pr hafalan maupun tulisan yang harus dikumpulkan melalui email maupun whatsapp.

Tekun dan berkomitmen untuk belajar bahasa arab hingga 2 bulan ke depan setelah dinyatakan sebagai pelajar terdaftar pada angkatan tertentu di BISA Learning Centre. Bersedia dikeluarkan dari kelas apabila tidak dapat mengikuti kelas dan tidak mengerjakan tugas 2-3 pekan. Izin pada pasangan apabila peserta telah menikah.

Cara mendaftarnya pun mudah yaitu dengan mengunjungi Fanpage Program BISA dan like. Kemudian mengunduh diktat dalam bentuk pdf dan kirimkan bukti untuh diktat dalam bentuk screenshoot atau foto dengan format:

Nama - Usia - Pekerjaan - Tempat Tinggal - Pengalaman Belajar Bahasa Arab - Komitmen mengikuti kelas yang dikirim melalui Whatsapp beserta bukti unduh diktat ke nomor 0895-3635-59180 (peserta pria) atau 0815-7337-9558 (peserta perempuan).

Jika ingin kursus bahasa arab gratis secara luring pun bisa langsung ke beberapa cabang BISA Learning Centre yang telah tersebar di 13 lokasi. 

Kursus Bahasa Arab Al-Arabiya

Lembaga kursus yang berlokasi di Pare ini ternyata memiliki program kursus bahasa arab gratis namun tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu pelajar harus mengikuti rangkaian kursus selama  18 bulan mondok dan mengabdi di kursus  bahasa arab al-Arabiya untuk mengikuti kelas persiapan sebagai pengajar. 

Arabic Quantum Learning (AQL)

Selain menyediakan kursus bahasa arab berbayar, ternyata AQL juga memiliki program kursus bahasa arab gratis selama 6 hari masa belajar dengan 6 materi dan ujian akhir serta 1 buku Al-Arabiyyah baina Yadaik Jilid 1A dengan format pdf.

Situs Pelajaran Bahasa Arab

Jika teman-teman ingin belajar bahasa arab secara gratis, teman-teman juga bisa berkunjung ke situs pelajaran-bahasaarab.blogspot.com karena ulasan yang diunggah disana telah diklasifikasikan berdasarkan topik sehingga mempermudah pengunjung web dalam mempelajarai bahasa arab.

Selain itu, di website ini juga ada beragam video pembelajaran yang mempermudah proses kursus bahasa arab gratis secara otodidak.

Arabic.id

Situs lain yang dapat memberikan kursus bahasa arab gratis yang tidak kalah menarik adalah Arabic.id. Melalui Arabic.id, kita bisa mempelajari materi Tajwid, Tuhfatus Saniyah, dan Durusul Lughah Al-Arabiyah yang bisa dipelajari sesuai kebutuhan.

Tidak hanya ulasan terkait 6 seri pelajaran bahasa arab yaitu cara membaca al-Qur’an dari nol hingga mahir, belajar tentang tafsir, kitab-kitab dalam bahasa Arab, melalui Arabic.id kita juga bisa belajar sambil mendengarkan audio. 

Arabion

Situs kursus bahasa arab gratis yang satu ini sangat diminati oleh warga negara Indonesia karena berbahasa Indonesia dengan tampilan yang sangat sederhana namun materinya cukup lengkap mulai dari frase umum bahasa Arab, kata-kata yang sering digunakan, hingga kalimat-kalimat pendek.

Fluent in 3 Months

Situs kursus bahasa arab gratis online selanjutnya ada Fluent in 3 Months yang mana pengampunya adalah seorang penutur asli bahasa Arab yang memberikan materi melalui podcast dan juga audio online.

Mondly

Melalui Mondly, kita bisa kursus bahasa arab gratis beberapa materi seperti frase umum, audio percakapan langsung dari para penutur bahasa Arab hingga praktik langsung. Selain itu, bahasa pengantar di situs ini adalah bahasa Inggris, sehingga kita bisa mempelajari dua bahasa sekaligus.

Arabic Online

Sama seperti Mondly, situs Arabic Online menyediakan kesempatan untuk kita kursus bahasa arab gratis dengan bahasa pengantar berbahasa Inggris. Namun tidak hanya itu, di Arabic Online kita juga bisa memililh bahasa pengantar berbahasa arab dan juga belajar tentang kebudayaan Arab selain belajar bahasanya untuk dapat menunjang kemampuan komunikasi kita dalam menggunakan bahasa Arab.

Madinah Arabic

Selanjutnya tempat kursus bahasa arab gratis yang dapat direkomendasikan untuk pemula maupun profesional adalah Madinah Arabic. Selain belajar bahasa arab secara umum, di Madinah Arabic, kita juga bisa belajar bahasa arab untuk berbisnis dan tajwid.

Tidak hanya itu, di Madinah Arabic, kita juga bisa belajar melalui video-video materi bahasa arab hingga belajar bahasa arab one on one by online via skype.

Arabic Academy

Melalui Arabic Academy, kita bisa belajar bahasa arab sejak dini hingga dewasa, selain itu, kita juga bisa belajar berkomunikasi karena di Arabic Academy menekankan pelajarnya agar dapat lancar berbahasa arab.

Learn Arabic Online

Nah, kalau di Learn Arabic Online, kita bisa belajar bahasa arab dengan bahasa pengantar bahasa inggris mulai dari membaca huruf bahasa arab, menulis huruf arab, hingga mempelajari tata bahasa arab.

Selain itu, ada juga materi terkait kata penghubung, angka, kosa kata, frase umum hingga puisi dengan tampilan yang sangat sederhana dan juga beragam pembelajaran melalui video.

Nah, itu dia ulasan tentang Kursus Bahasa Arab Gratis Rekomendasi Untuk Pemula. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat :)

Sumber:

https://narmadi.com/id/situs-belajar-bahasa-arab-gratis/

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Kursus Bahasa Arab Gratis Rekomendasi Untuk Pemula"