Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Materi Haji: Doa Manasik Haji dan Umrah PDF Berdasarkan Panduan Kemenag

Materi Haji: Doa Manasik Haji dan Umrah PDF Berdasarkan Panduan Kemenag
Materi Haji: Doa Manasik Haji dan Umrah PDF Berdasarkan Panduan Kemenag

Materi Haji: Doa Manasik Haji dan Umrah PDF Berdasarkan Panduan Kemenag

Sebelumnya disclaimer on, tulisan ini sengaja saya tulis ulang dari panduan haji kemenag sebagai bahan ajar saya pribadi agar dapat lebih mudah menghafal doa-doa penting ketika berhaji dan juga sengaja artinya tidak saya ubah, saya benar-benar mengikuti panduan haji dari kemenag agar tidak salah dalam menerjemahkan pelafalan doa yang saya tulis.

1. Doa Keluar Rumah

Pelafalan: Bismillahi tawakkaltu ‘ala Allah. La haula wa La Quwwata illa Billahil-’aliyyil-’adzim.

Artinya: Dengan nama Allah aku berserah diri kepada Allah, Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan atas izin Allah yang Maha Luhur lagi Maha Agung.

2. Doa Setelah Duduk dalam Kendaraan

Pelafalan: Bismillahi majreha wa mursaha. Inna robbi laghofurur-rohim.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuh, sungguh Tuhan-ku Maha Pengampun, Maha Penyayang.

3. Doa Ketika Kendaraan Mulai Bergerak

Pelafalan: Bismillahirrahmanirrahim. Allahu akbar 3x. Subhanalladzi sakhhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibun.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Allah Maha Besar 3x, Maha suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini padahal kami tiada kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kami pasti akan kembali.

4. Doa Ketika Tiba di Tempat Tujuan

Pelafalan: Allahumma inni as-aluka khoiroha wa khoira ma fi ha. Wa khoiro ma arsalta bihi ahlaha. Wa a’udzubika min syarri ha wa syarri ahlaha. Wa syarri ma fiha. Wa syarri ma arsalta bihi.

Artinya: Ya Allah aku mohon pada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang Engkau berikan kepada penduduknya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan negeri ini, keburukan yang ada di dalamnya dan dari kejahatan penduduknya serta keburukan yang Engkau timpakan kepadanya.

5. Niat Umrah dan Haji

Pelafalan: Labbaikallahumma ‘umroh. Atau Nawaitul-’umrota wa ahromtu biha lillahi ta’ala.

Artinya: Aku sambut panggilan-Mu Ya Allah untuk berumrah. Atau Aku niat berumrah dengan berihram karena Allah Ta’ala

Niat Berhaji

Adapun niat berhaji adalah sebagai berikut:

Pelafalan: Labbaikallahumma hajjan atau Nawaitul hajja wa ahromtu bihi lillahi ta’ala.

Artinya: Aku sambut panggilan-Mu Ya Allah untuk berhaji. Atau Aku niat haji dengan berihram karena Allah Ta’ala.

6. Niat Haji Qiran

Pelafalan: Labbaikallahumma hajjan wa ‘umrotan. Atau Nawaitul hajja wal ‘umrota wa ahromtu bihima lillahi ta’ala.

Artinya: Aku sambut panggilan-Mu untuk berhaji dan umrah. Atau Aku niat haji dan umrah, dengan berihram untuk haji dan umrah karena Allah Ta’ala.

7. Doa Selesai Berihram

Pelafalan: Allahumma uharrimu sya’ri wa basyari wa jasadi wa jami’a jawarihi min kulli syai-in harromtahu ‘alal muhrimi abtaghi bidzalika wajhakal-karim ya robbal-’alamin.

Artinya: Ya Allah, aku haramkan rambut, kulit, tubuh dan seluruh anggota tubuhku dari semua yang Engkau haramkan bagi orang yang sedang berihram, demi mengharapkan diri-Mu semata, wahai Tuhan Pemelihara Alam Semesta.

8. Doa Talbiyah

Doa Talbiyah merupakan doa yang dianjurkan untuk terus dibaca selama perjalanan haji.

Pelafalan: Labbaikallahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik, innal-hamda wa-nni’mata laka wal-mulk, la syarika lak.

Artinya: Aku sambut panggilan-Mu Ya Allah, aku sambut panggilan-Mu, aku sambut panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, aku sambut panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, kemuliaan dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.

9. Doa Memasuki Kota Makkah

Pelafalan: Allahumma hadza haromaka wa wamnuka faharrim lahmi wa dami wa sya’ri wa bayari ‘ala-nnari wa aminni min ‘adzabika yauma tab’atsu ‘ibadaka waj’alni min awliyaika wa ahli tho’atika.

Artinya: Ya Allah, kota ini adalah Tanah Haram-Mu dan tempat aman-Mu, maka hindarkan daging, darah, rambut, dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-hamba-Mu, dan jadikan aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.

10. Doa Masuk Masjidil Haram

Pelafalan: Allahumma anta-ssalam wa min-ka-ssalam fa hayyina robbana bi-ssalam wa adkhilnal-jannata daro-ssalam tabarokta ya dzal-jalali wal-ikrom. Robbighfirli dzunubi waftahli abwaba rohmatik. Bismillah wal hamdulillahi wa-ssholatu wa-ssalamu ‘ala rosulillah.

Artinya: Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari-Mu datangnya keselamatan, maka hidupkanlah kami wahai Tuhan dengan keselamatan, dan tempatkanlah kami di surga, negeri keselamatan, Maha Berkah Engkau wahai Tuhan Pemilik keagungan dan kemuliaan. Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu, dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah, salawat dan salam kepada Rasulullah.

11. Doa Ketika Melihat Ka'bah

Pelafalan: Allahumma zid hadzal-baita tasyrifan wa ta’dziman wa takriman wa mahabatan wazid man syarrofahu wa ‘adomahu wa karromahu mimman hajjahu awi’tamarohu tasyrifan wa ta’dziman wa takriman wa birron.

Artinya: Ya Allah, tambahkan kemuliaan, keagungan, kehormatan dan kewibawaan pada Ka’bah ini, dan tambahkan pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan dan kebaikan.

12. Doa Thowaf

Doa dalam setiap perjalanan dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani:

Pelafalan: Subhanallah wal hamdulillah wa lailahaillallahu wallahu akbar, wa la haula wa la quwwata illa billahil-’aliyyil-’adzim.

Artinya: Maha suci Allah segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya (untuk memperoleh manfaat) dan tiada kemampuan (untuk menolak bahaya) kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Mulia, Maha Agung.

Doa dalam setiap perjalanan sebaliknya yaitu dari Rukun Yamani sampai Hajar Aswad:

Pelafalan: Robbana atina fiddun-ya hasanah wa fil-akhiroti hasanah wa qina ‘adza bannar.

Artinya: Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.

13. Doa Sa'i

Doa dalam setiap perjalanan antara Safa dan Marwah atau sebaliknya:

Pelafalan: Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, Allahummas-ta’milni bisunnati nabiyyika wa tawaffani ‘ala millati wa-a-’idzni minn mudhillatil-fitan.

Artinya: Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu Akbar (Allah Maha Besar), Ya Allah, bimbinglah kami untuk beramal sesuai dengan sunnah Nabi-Mu dan matikanlah kami dalam keadaan Islam serta hindarkanlah kami dari fitnah-fitnah yang menyesatkan.

14. Doa Menggunting Rambut

Pelafalan: Allahummats-but li bikulli sya’rotin hasanatan wamhu ‘anni biha sayyiatan warfa’li biha ‘indaka darojah.

Artinya: Ya Allah, tetapkan untukku setiap helai rambut dengan kebajikan dan hapuskan untukku setiap helai rambut dengan keburukan dan angkatlah derajatku di sisi-Mu.

15. Doa Ketika Masuk Arafah

Pelafalan: Allahumma ilaika tawajjahtu wa bika’tashomtu wa ‘alaika tawakkaltu allahummaj’alni mimman tubahi bihilyauma malaikataka innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: Ya Allah, hanya kepada-Mu aku menghadap, dengan-Mu aku berpegang teguh dan kepada-Mu aku berserah diri. Ya Allah, jadikanlah aku di antara orang yang hari ini Engkau banggakan di hadapan para Malaikat-Mu, sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

16. Doa Wukuf

Pelafalan: Allahumma lakal-hamdu kalladzi taqulu wa khoiron mimman-naqulu. Allahumma laka sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati wa ilaika ma-a-bi wa laka robbu turotsi. Allahumma inni a’udzubika min ‘adzabil-qobri wawaswasati-shodri wa syatatil-amri. Allahumma inni a’udzubika min syarri ma taji-u bihi-rrih.

Artinya: Ya Allah, segala puji bagi-Mu seperti Engkau memuji (diri-Mu) dan pujian terbaik yang kami ucapkan. Ya Allah, bagi-Mu salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku, dan kepada-Mu tempat kembaliku dan kepada-Mu lah pemeliharaan apa yang aku tinggalkan. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari siksa kubur dan keragu-raguan dalam hati serta kesulitan-kesulitan dalam segala urusan. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kejahatan yang dihembuskan oleh angin.

17. Doa Ketika Sampai di Muzdalifah

Pelafalan: Allahumma inna hadzihi muzdalifatu jumi’at fiha alsinatun mukhtalifatun tasaluka hawa-ija mu’tanifatan faj’alni mimman da’aka fastajabta lahu wa tawakkal ‘alaika fakafaytahu ya arhamarrohimin.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya ini Muzdalifah telah berkumpul bermacam-macam bahasa yang memohon kepada-Mu keperluan yang aneka ragam. Maka masukkan aku ke dalam golongan orang yang memohon pada-Mu lalu Engkau penuhi permohonannya dan berserah diri pada-Mu lalu Engkau lindungi dia, wahai Sang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.

18. Doa Ketika Sampai di Mina

Pelafalan: Allahumma hadzihi mina famnun ‘alayya bima mananta bihi ‘ala awliya-ika wa ahli tho’atika.

Artinya: Ya Allah tempat ini adalah Mina, maka anugerahilah aku apa yang telah Engkau anugerahkan kepada orang-orang yang dekat dan taat kepada-Mu.

19. Doa Melontar Jamrah

Pelafalan: Bismillah allahu akbar.

Artinya: Dengan nama Allah, Allah Maha Besar.

20. Doa Masuk Kota Madinah

Pelafalan: Allahumma hadza haromu rosulika faj’alhu li wi qoyatan minannari wa amanan minal-’adzabi wa su-ilhsabi.

Artinya: Ya Allah, negeri ini adalah tanah haram Rasul-Mu, maka jadikanlah ia penjaga bagiku dari neraka dan pengaman dari siksa dan buruknya perhitungan amal.

21. Doa Masuk Masjid Nabawi

Pelafalan: Bismillahi wa’ala millati rosulillah. Robbi adkhilni mudkhola shidqin wa akrijni mukhroja shidqin waj’al li min ladunka sultonan-nashiro.

Artinya: Dengan nama Allah dan demi agama Rasulullah. Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar, dan berikanlah padaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolongku.

22. Doa Ketika Pulang Haji

Pelafalan: Lailahaillallah wahdahu la syarika lahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir. Ayibuna taibuna ‘abiduna sajiduna lirobbina hamidun. Shodaqo wa’dah wa nashoro ‘abdah wa hazamal-ahzaba wahdah.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kerajaan dan milik-Nya semua pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Semoga kami termasuk orang-orang yang kembali, orang-orang yang ahli taubat, ahli ibadah, ahli sujud dan kepada Allah kami semua memuji, benar janji-Nya, menolong hamba-Nya dan mengalahkan sendiri musuh-musuh-Nya.

Untuk tulisan pelafalan doa dalam berbahasa arab menyusul akan saya edit postingan ini di kemudian hari. Nah itu dia Materi Haji: Doa Manasik Haji dan Umrah PDF Berdasarkan Panduan Kemenag. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Materi Haji: Doa Manasik Haji dan Umrah PDF Berdasarkan Panduan Kemenag"