Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Pipa PVC Rucika Andalan Ketika Praktikum Lapangan Penyehatan Air Bersih

Pipa PVC Rucika Andalan Ketika Praktikum Lapangan Penyehatan Air Bersih
Pipa PVC Rucika Andalan Ketika Praktikum Lapangan Penyehatan Air Bersih

Pipa PVC Rucika

Sewaktu saya kuliah, ada banyak sekali praktikum lapangan yang harus dilakukan oleh mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan salah satunya adalah mata kuliah penyediaan dan penyehatan air bersih yang membutuhkan alat berupa pipa PVC.

Seperti yang kita ketahui, penyediaan dan penyehatan air bersih tentu tidak terlepas dari kebutuhan pipa baik dalam skala laboratorium maupun skala lapangan ketika terjun langsung di masyarakat. Saat saya melakukan skripsi pun saya memerlukan pipa untuk instalasi pengolahan limbah cair industri pelapisan logam dalam skala laboratorium dengan metode wetland.

Pipa PVC Rucika Standard tentu menjadi andalan civitas akademik jurusan kesehatan lingkungan di mana pun mereka berada. Bahkan tidak hanya jurusan kesehatan lingkungan, tetapi tentu jurusan-jurusan seperti teknik sipil dan teknik lingkungan juga kerap menggunakan pipa PVC Rucika Standard sebagai alat dan bahan untuk media pembelajaran.

Keunggulan Pipa PVC Rucika Standard

Mengapa sih bisa begitu? Berikut adalah keunggulan Pipa PVC Rucika Standard yang perlu teman-teman ketahui:

Pipa PVC Rucika Standard

Pipa PVC Rucika Standard merupakan pipa yang terbuat dari bahan polimer uPVC (unplasticized polyvinyl chloride) yang sangat banyak kelebihannya jika dibandingkan dengan jenis-jenis plastik berbahan polimer lainnya karena berbahan kuat, ringan, tahan terhadap korosi, serta mudah dalam penyambungan dan pemeliharaannya.

Selain itu, pipa PVC Rucika Standard juga telah memiliki standar kualitas internasional yaitu JIS dan ISO dengan sertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2000 yang mana bahan pipa ini mengandung kalsium zinc tanpa timbal, menggunakan aditif khusus sehingga dapat mereduksi pengaruh sinar ultra violet terhadap pipa dalam jangka waktu yang panjang, serta tahan terhadap kontaminasi bahan kimia.

Keunggulan lainnya, pipa ini dapat digunakan untuk berbagai jenis sistem air bersih dan buangan yang dapat di daur ulang karena bersifat thermoplastic dan juga memiliki beraneka ragam sambungan sehingga dapat digunakan untuk satu sistem instalasi serta termasuk isolator yang baik.

Kategori Pipa PVC Rucika Standard

Pipa rucika standard dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu kelas AW untuk air bertekanan tinggi sampai tekanan kerja 10 bar dengan 14 macam ukuran mulai dari diameter 1/2 inch hingga 12 inch.

Sedangkan kelompok yang lainnya adalah kelas D yang digunakan untuk saluran pembuangan limbah dengan 11 macam ukuran diameter dari 1-1/4 inch hingga 12 inch yang mana keduanya tersedia dalam panjang standar hingga 4 meter.

Cara Pengaplikasian Sistem Pipa PVC Rucika Standard

Pipa ini dapat digunakan untuk instalasi saluran air bersih, saluran pembuangan, saluran limbah, saluran irigasi, dan pipa ventilasi. Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu:

1. Bersihkan kotoran pada permukaan spigot dan socket dengan cleaner

2. Ukur kedalaman socket dan beri tanda dengan spidol pada spigot

3. Oleskan lem khusus pipa PVC secukupnya pada permukaan socket yang dilanjutkan dengan spigot

4. Sambungkan dengan segera dan posisi ditahan sesaat agar tidak berubah

5. Bersihkan sisa lem pada badan pipa yang masih tersisa di permukaan spigot maupun socket.

Pemesanan

Seperti yang teman-teman ketahui, harga pipa PVC Rucika Standard sangat kompetitif dan cukup terjangkau.

Untuk pemesanan pipa PVC Rucika Standard lebih lanjut dalam skala besar seperti pembuatan instalasi penyediaan dan penyehatan air bersih di pondok pesantren, pengeboran sumur, pembuatan jamban dan septic-tank, teman-teman bisa menghubungi langsung PT Wahana Duta Jaya Rucika di Alia Building lantai 7 di Jl. M.I Ridwan Rais 10-18 (Gambir) Jakarta, Indonesia 10110.

Teman-teman bisa juga menghubungi via telepon di 021-386-7717 atau fax 021-386-7686. Selain itu, teman-teman juga dapat survei online melalui website resmi pipa Rucika yaitu www.rucika.co.id.

Perlu diketahui juga, PT Wahana Duta Jaya Rucika merupakan produsen dan distributor pipa plastik terbesar di Indonesia yang menyediakan rangkaian lengkap pipa air dan fitting merk Rucika dan lem PVC merk RUglue untuk memenuhi semua kebutuhan sistem perpipaan serta telah mensuplai ratusan ribu kilometer berbagai tipe dan harga pipa air dan ribuan fitting untuk dipasang di air, gas, kabel, dan sistem instalasi pipa lainnya di seluruh Indonesia.

Nah, itu dia ulasan tentang Pipa PVC Rucika Andalan Ketika Praktikum Lapangan Penyehatan Air Bersih. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pipa PVC Rucika Andalan Ketika Praktikum Lapangan Penyehatan Air Bersih"