Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Asuransi Investasi Unit Link Yang Perlu Diketahui untuk Pemula

Asuransi Investasi Unit Link Yang Perlu Diketahui untuk Pemula
Asuransi Investasi Unit Link Yang Perlu Diketahui untuk Pemula

Asuransi Investasi

Bagi saya pribadi, asuransi jiwa adalah mewujudkan satu tahapan dari beberapa financial independent goals. Meski belum memiliki asuransi jiwa, namun sangat penting bagi saya untuk mempelajari apa itu asuransi jiwa karena saat ini asuransi jiwa terbagi menjadi dua yaitu asuransi tradisional dan asuransi investasi atau biasa disebut asuransi unit link.

Berdasarkan hasil pembelajaran saya, berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui untuk pemula terkait asuransi investasi unit link:

Pengertian Unit Link

Asuransi Jiwa Unit Link adalah perjanjian asuransi yang tidak hanya memberikan benefit perlindungan jiwa dengan premi yang rendah, tetapi nasabah juga berhak mendapatkan hasil investasi dari premi yang dikelola oleh pihak asuransi.

Jenis-Jenis Unit Link

Jenis asuransi investasi unit link biasanya dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu berdasarkan pembayaran premi apakah premi tunggal atau premi berkala. Kemudian jenis yang kedua berdasarkan penempatan dana.

Seperti yang kita ketahui, penempatan dana asuransi unit link biasanya tidak hanya untuk proteksi melainkan juga untuk investasi. Oleh sebab itu, jenis penempatan dananya pun perlu diketahui apakah unit link tersebut diinvestasikan di reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, atau saham.

Jenis unit link yang ketiga biasanya didasari oleh tujuan utama membuka asuransi investasi apakah untuk dana pensiun, mengelola harta kekayaan, kesehatan, atau pendidikan anak.

Manfaat Unit Link

Manfaat Asuransi Unit Link kerap dikaitkan dengan beberapa kriteria pemegang polis yang memiliki ciri berikut yaitu suka berinvestasi jangka panjang karena biasanya asuransi unit link memiliki rentang waktu 5-20 tahun.

Selain itu manfaat asuransi unit link juga dapat dirasakan oleh pemegang polis yang ingin meningkatkan kekayaannya disamping ingin melindungi dirinya apabila terjadi hal-hal buruk.

Selanjutnya manfaat asuransi unit link juga biasanya menjadi pilihan pemegang polis yang masih bekerja sembari menyiapkan tabungan karena untuk asuransi unit link biasanya hanya meng-cover rentang usia tertentu pada kategori produktif atau tidak seumur hidup.

Resiko Unit Link

Meski memiliki banyak manfaat, namun asuransi investasi unit link juga memiliki resiko seperti adanya penurunan nilai investasi yang tidak menentu bergantung pada reksadana yang dipilih. Selain itu, nasabah juga biasanya tidak diberikan informasi secara detail tentang pengelolaan investasi reksadana.

Biasanya pada tahun pertama keuntungan investasi belum optimal dan biaya premi pada unit link termasuk tinggi. Selain itu hasil dari investasi unit link juga masih akan dibagi dengan biaya akuisisi.

Tips Memilih Asuransi Investasi

Oleh sebab itu, berdasarkan pemaparan di atas, beberapa tips memilih asuransi investasi unit link untuk pemula adalah sebagai berikut:

Calon pemegang polis wajib mempelajari proposal penawaran yang diajukan secara detail oleh agen termasuk tata cara pembayaran premi dan pengecualian-pengecualian yang ada pada proposal penawaran tersebut. Bila isi polis berbeda dengan pemaparan agen, calon pemegang polis dapat membatalkan atau meminta untuk dilakukan perubahan.

Mengetahui dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan baik ketika mendaftar maupun ketika ingin pengajuan klaim dana asuransi serta mengisi secara mandiri Surat Permohonan Asuransi Jiwa (SPAJ).

Melakukan kontrak dengan agen asuransi dan staf bancassurance yang masih berlaku lisensinya agar mudah ketika ingin mengetahui informasi pembelian produk atau informasi pertanyaan lainnya seputar asuransi yang dipilih.

Rutin melalukan riset secara mandiri maupun mencari informasi sebanyak-banyak tentang perusahaan asuransi dan produk asuransi yang dipilih serta pastikan untuk membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan pembayaran preminya bukan karena ada iming-iming promo yang sedang berlaku pada rentang waktu tertentu.

Pastikan perusahaan asuransi telah terdaftar OJK dan Asosiasi dan memiliki laporan nerasa keuangan yang dipublikasikan secara transparan melalui media dan dapat terlihat Risk Base Capital-nya.

Setelah menjadi pemegang polis, wajib bagi pemegang polis untuk rutin melakukan pembayaran tepat waktu agar tidak terjadi keterlambatan yang dapat mengakibatkan klaim tidak dapat dibayarkan

Nah, itu dia ulasan tentang Asuransi Investasi Unit Link Yang Perlu Diketahui untuk Pemula. Jika teman-teman ingin membaca tentang asuransi syariah atau asuransi mudik, teman-teman bisa mengakses halaman lain pada situs ini. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Asuransi Investasi Unit Link Yang Perlu Diketahui untuk Pemula"