Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana Ketika Ada Deadline

Cara Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana Ketika Ada Deadline
Cara Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana Ketika Ada Deadline

Cara Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana

Meskipun deadline sering dikaitkan dengan dogma yang agak negatif tentang stres, sebenarnya hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kita agar tetap on track. Namun, terkadang, tenggat waktu alias deadline pekerjaan atau tugas bisa membuat kita menjadi cukup stress.

Tips tetap Produktif dalam Menghadapi Deadline

Berikut ini beberapa trik agar kita tetap bisa menyelesaikan tugas sebelum batas waktu yang diberikan berakhir:

Jangan Buat 1 Deadline Saja 

Ada baiknya untuk membagi suatu proyek besar menjadi beberapa deadline kecil. Pasalnya, membagi deadline menjadi beberapa target bisa menjadi opsi yang lebih baik, misalnya seperti:

Tenggat waktu pertama: satu minggu pertama digunakan untuk membaca materi.

Tenggat waktu kedua: membuat catatan penting dan mengerjakan tugas.

Tenggat waktu ketiga: gunakan sisa beberapa hari terakhir untuk merevisi hasilnya.

Dengan menerapkan cara ini, deadline-mu akan menjadi lebih realistis dan dapat mengurangi stress, karena dengan memecah tugas besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil (bukan hanya satu menentukan deadline akhir saja).

Berkomunikasi dengan Teman Satu Team

Memang terdengar klise, namun komunikasi adalah kunci utama dalam hubungan personal maupun hubungan kerja. Peran komunikasi sangat penting di sini, di mana kamu perlu memberi tahu setiap anggota tim yang terlibat dalam proyek yang berlangsung dan menyelesaikan tugas.

Apalagi jika tugas setiap orang berbeda dan berkontribusi pada tujuan atau target yang besar. Dengan berkomunikasi, kamu bisa mengetahui di mana posisi rekan kerjamu saat ini dalam tugasnya dan seberapa dekat team dengan goal.

Memiliki Backup Plan

Tidak semua hal bisa berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu pastikan untuk memiliki rencana kedua, ketiga dan seterusnya. Kadang, ada beberapa hal yang mencegah kita mencapai target untuk memenuhi deadline. Misalnya saja, pastikan untuk memiliki strategi lain apabila modem internet tidak dapat digunakan untuk bekerja dan mempengaruhi produktivitas.

Miliki Perangkat yang Memadai

Agar produktivitas kerja tidak terganggu dalam memenuhi tugas sesuai tenggat waktu, persiapkan beberapa device yang memang dibutuhkan. Misalnya, jika pekerjaanmu membutuhkan untuk mengirim fax, pastikan kamu memiliki mesin printer yang multifungsi sehingga bisa melakukan Print, Scan, Copy dan juga Fax.

Kamu bisa memilih daftar harga printer yang sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari multifungsi sampai printer wireless atau printer portabel yang ringan dibawa ke mana saja.

Jika pekerjaan yang kamu lakukan cukup padat dan sepertinya kamu akan kesulitan untuk memenuhi tenggat waktu, segeralah untuk mencari bantuan dari awal, jangan biarkan sampai menit terakhir.

Deadline membuat kita bertanggung jawab atas tujuan utama mengapa ia diciptakan. Tenggat waktu dapat membantu kamu lebih fokus dan menghindari penundaan tugas. Manfaat lainnya adalah deadline dapat membantu kamu dan tim memenuhi target dan memastikan semua orang bekerja secara sinkron.

Nah, itu dia ulasan tentang cara menjadi pribadi yang dewasa dan bijaksana ketika ada deadline. Semoga berhasil!

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana Ketika Ada Deadline"