Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Manfaat Mengurangi Sampah Plastik dengan Daur Ulang

Manfaat Mengurangi Sampah Plastik dengan Daur Ulang
Manfaat Mengurangi Sampah Plastik dengan Daur Ulang

Manfaat Mengurangi Sampah Plastik

Tentu Anda sudah sering mendengar ungkapan 'Reduce, Reuse, Recycle' yang sudah diajarkan sejak kanak-kanak dengan harapan. Kita semua juga sudah paham betul bahwa daur ulang adalah cara sederhana di mana setiap orang dapat berkontribusi untuk membuat dunia yang lebih baik.

6 Manfaat Utama dari Mendaur Ulang Plastik

Meskipun ada jenis-jenis sampah plastik yang tidak dapat didaur ulang. Namun sudah tahukah Anda bahwa daur ulang memiliki manfaat besar lainnya di luar dari mengurangi jumlah sampah? Untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari mendaur ulang sampah plastik, simak pembahasan di bawah ini!

1. Menghemat Sumber Daya Alam 

Beberapa sumber daya alam di dunia memiliki pasokan yang sangat terbatas. Maka dengan mendaur ulang, maka secara tidak langsung Anda juga melestarikan sumber daya alam tersebut.

Produk plastik menghasihkan banyak limbah padat yang membutuhkan waktu sangat lama untuk dapat terurai. Selain itu, sebagian besar plastik berasal dari minyak bumi, yang jumlahnya saat ini terus mengalami penipisan.

Maka, dengan memanfaatkan limbah plastik untuk didaur ulang menjadi produk yang bisa digunakan kembali, kebutuhan kita akan sumber daya alam yang terbatas tersebut akan berkurang.

2. Menciptakan Lapangan Kerja

Di samping dari dampak positifnya terhadap lingkungan, daur ulang plastik juga sangat menguntungkan dari segi ekonomi. Pada kenyataannya, daur ulang merupakan industri tersendiri dengan skala yang cukup besar. 

Untuk dapat mendaur ulang plastik menjadi biji plastik daur ulang atau produk jadi, dibutuhkan proses yang sangat panjang, mulai dari pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, pencetakan. Proses-proses membutuhkan sampai ribuan tenaga kerja. Hal ini tentu menjadi peluang besar akan banyak lapangan kerja baru. 

3. Mereduksi Emisi Gas Rumah Kaca

Proses daur ulang plastik umumnya membutuhkan lebih sedikit energi jika dibandingkan dengan proses produksi dengan plastik virgin. Artinya, jejak karbon dan emisi yang dikeluarkan dari proses produksi juga akan berkurang. 

Mengurangi jejak karbon dapat membantu meminimalkan emisi gas rumah kaca yang menjadi salah satu penyebab utama dari perubahan iklim atau global warming. Bahkan, tingkat daur ulang 30% hampir setara dengan menghilangkan 30 juta mobil dari jalan.

4. Menghemat Energi

Membuat produk dari bahan daur ulang membutuhkan lebih sedikit energi daripada membuatnya dari bahan mentah baru. Bahkan, sebuah studi menyatakan bahwa satu ton plastik daur ulang dapat menghemat 5.774 Kwh energi!

5. Memacu Perkembangan Teknologi Ramah Lingkungan

Menggunakan lebih banyak produk daur ulang secara tidak langsung telah mendorong kita untuk mengembangkan dan menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan. Penggunaan sumber energi terbarukan seperti matahari, angin, panas bumi sedang meningkat, yang telah membantu menghemat energi dan mengurangi polusi.

6. Membantu Melindungi Ekosistem

Melakukan daur ulang plastik akan mengurangi kebutuhan kita untuk mengeksploitasi bahan mentah baru dari bumi. Hal ini secara tidak langsung akan mengurangi kerusakan alam yang terjadi karena proses eksploitasi tersebut. Misalnya seperti lebih sedikit hutan yang ditebang, sungai dialihkan, hewan liar dilukai atau dipindahkan, dan lebih sedikit polusi air, tanah dan udara.

Baca juga: Artikel seputar lingkungan

Dan tentu saja jika sampah plastik kita tidak didaur ulang dengan aman, sampah itu dapat tertiup atau terbawa ke sungai dan laut yang akhirnya akan mengganggu ekosistem alam.

Demikian informasi mengenai manfaat mengurangi sampah plastik dengan daur ulang. Semoga bermanfaat!

Artikel ini dipilih untuk dimasukkan dalam kampanye "Hari Bumi Planet vs. Plastics: PlasticDetox challenges" dari penerbit bahan ajar pendidikan Twinkl.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Manfaat Mengurangi Sampah Plastik dengan Daur Ulang"