Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Software Absensi Fingerprint Solusi Tepat untuk Karyawan

Software Absensi Fingerprint Solusi Tepat untuk Karyawan
Software Absensi Fingerprint Solusi Tepat untuk Karyawan

Software Absensi Fingerprint

Kehadiran software absensi tidak hanya sekedar sebagai data kehadiran karyawan saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan demi tingkatkan kinerja atau kebijakan perusahaan.

Software Absensi Solusi Tepat Kelola Karyawan? Ketahui Dulu Fungsinya

Untuk mendukung hal tersebut, perusahaan akan membutuhkan sebuah sistem khusus guna mengelola absensi yaitu software attendance management solution atau software absensi solution.

Software attendance management solution merupakan perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk mencatat, menyimpan, serta mengelola data kehadiran pegawai.

Data kehadiran yang masuk nantinya akan diproses untuk direkapitulasi menjadi sebuah laporan dan akan diintegrasikan ke berbagai proses pekerjaan HRD lainnya, seperti payroll, performance appraisal, reimbursement, cuti, dan lain sebagainya.

Data kehadiran karyawan ini akan sangat berguna untuk HRD dalam mengambil keputusan. Contohnya ada satu karyawan yang rajin selalu hadir tepat waktu, tapi beberapa bulan ini kinerjanya menurun.

Dari sini pihak HRD akan mencari tahu penyebab kinerja si karyawan ini menurun dan mencari solusi untuk kembali meningkatkan kinerjanya. Dengan begitu, keputusan yang akan diambil HRD berlandaskan pada informasi dan data yang akurat.

Selain itu, software absensi juga punya peran penting terhadap produktivitas karyawan di tempat kerja. Sistem ini pun bisa membantu perusahaan dalam melacak kehadiran karyawannya, sehingga dapat semakin berkembang.

Lalu, apa fungsi software attendance solution bagi perusahaan?

Fungsi Attendance Management Bagi Perusahaan

1. Membentuk Budaya Disiplin

Disiplin adalah hal yang sangat penting dalam dunia kerja karena berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas karyawan.

Software attendance management dapat membantu membangun budaya disiplin di perusahaan Anda, dimana seluruh data-data (kehadiran, lembur, jadwal shift, cuti, dan izin) akan terintegrasi dan tersaji secara online. Hal ini tentu akan mempermudah pihak manajemen memantau produktivitas karyawan dan mengambil suatu keputusan.

2. Self Service

Software attendance management memungkinkan karyawan untuk mengurus administrasinya sendiri. Jadi, karyawan tidak harus menghubungi HRD ketika ingin memperbaharui data pribadi, mencetak slip gaji, pengajuan cuti, dan juga izin. Selanjutnya, pihak HRD akan menindaklanjuti pengajuan atau permintaan tersebut tanpa harus bertemu tatap muka.

3. Manajemen Penggajian

Sistem Attendance Management berfungsi juga membantu proses penggajian dari manual ke digitalisasi. Perusahaan dapat menghitung besaran gaji karyawan berdasarkan jumlah hari kerja, beban kerja, dan jabatan karyawan tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Office Partition yang Berkualitas

Dengan demikian, penghitungan gaji bulanan karyawan dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Sistem payroll yang ada dalam software attendance solution pun dapat membantu Anda menghitung jumlah pajak tiap karyawan.

Itulah fungsi dari software absensi yang bisa meringankan beban kerja HRD dalam mengelola karyawan, seperti LinovHR.

LinovHR

LinovHR adalah salah satu perangkat lunak berteknologi HRIS (Human Resources Information System) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS ini hadir untuk membantu kerja HR lebih efisien di bidang penggajian, absensi, perpajakan, dan performance appraisal.

Hadirnya LinovHR mampu memberikan solusi melalui aplikasi HRD yang dapat diakses secara online dan membantu mengotomatiskan proses administrasi, seperti pembayaran gaji, absensi, serta performance management system.

Nah, itu dia ulasan tentang Software Absensi Fingerprint Solusi Tepat untuk Karyawan. Semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Software Absensi Fingerprint Solusi Tepat untuk Karyawan"