Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Menetralkan Wajah dengan Cepat Sebelum Ganti Skincare

Cara Menetralkan Wajah dengan Cepat Sebelum Ganti Skincare

Cara Menetralkan Wajah dengan Cepat Sebelum Ganti Skincare

Cara Menetralkan Wajah dengan Cepat

Sebagai blogger yang juga mengulas produk skincare, cara menetralkan wajah dengan cepat sebelum ganti skincare kerap saya lakukan mengingat tidak hanya satu dua yang saya ulas tetapi pernah dalam beberapa waktu saya harus mengulas skincare yang berbeda dengan rentang waktu yang amat singkat.

Cara Menetralkan Wajah dengan Cepat Sebelum Ganti Skincare

Cara menetralkan wajah dengan cepat untuk hal ini memang perlu dilakukan agar tidak menimbulkan permasalahan pada wajah ketika peralihan skincare. Berikut adalah cara yang saya dapatkan dari tenaga kesehatan di Klinik Kecantikan Online :

Mengurangi Penggunaan Skincare Lama Secara Bertahap

Langkah pertama adalah dengan mengurangi penggunaan skincare yang sebelumnya digunakan secara bertahap agar kulit wajah kita tidak kaget dengan perubahan yang akan ia alami.

Lakukan secara bertahap hingga akhirnya selama tiga hari teman-teman tidak menggunakan skincare lama tersebut sama sekali untuk menetralkan kulit.

Tetap Mencuci Muka

Meski meninggalkan penggunaan skincare lama, membersihkan muka dengan facial wash tetap perlu dilakukan.

Namun jika tidak kemana-mana dan tidak menggunakan make up serta kondisi wajah masih dalam keadaan yang tidak terlalu berminyak, teman-teman cukup mencuci muka dengan air yang mengalir selama proses netralisasi wajah ini berlangsung atau mencuci wajah sesekali dengan sabun.

Berbeda halnya jika teman-teman masih menggunakan make up dalam proses penetralan ini, teman-teman diperbolehkan untuk mencuci wajah untuk mengangkat sisa make up seperti kotoran, minyak, dan sel kulit mati dengan penggunaan sabun dari facial wash atau facial foam yang teman-teman gunakan.

Pada umumnya penggunaan sabun cuci muka dilakukan sebanyak dua kali seharim namun hal ini juga dengan catatan dari para ahli kulit untuk pentingnya memilih sabun pencuci muka dengan komposisi yang ringan, tidak mengandung zat pewangi namun memiliki kandungan pelembab.

Menggunakan Pelembab

Cara menetralkan wajah dengan cepat selanjutnya adalah menggunakan pelembab, oleh sebab itu disarankan pula memilih facial foam atau facial wash yang dapat melembabkan kulit wajah sehingga tidak perlu pengulangan dalam penggunaan pelembab selama proses penetralan berlangsung.

Penggunaan Sunscreen

Meski sedang menetralkan wajah, penggunaan sunscreen tetap perlu dilakukan ketika hendak keluar rumah maupun saat memasak.

Mengapa? Karena jika tidak menggunakan sunscreen maka wajah akan mudah terpapar bahaya sinar UV yang berasal dari sinar matahari dan dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti adanya kerutan, bintik hitam, hingga risiko kanker kulit.

Penggunaan sunscreen yang direkomendasikan adalah sunscreen yang minimal mengandung SPF 30-50 karena dapat menghalangi sinar UV sebanyak 97-98% dengan catatan apabila sunscreen luntur oleh keringat atau terkena air dapat digunakan kembali setiap 2-3 jam sekali.

Khusus untuk wajah dengan jenis berminyak dan acne prone sebaiknya menggunakan sunscreen yang berlabel noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori sehingga bisa meminimalisir timbulnya jerawat saat cara menetralkan wajah dengan cepat ini berlangsung.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Meski telah mengurangi skincare lama secara bertahap, proses yang tidak boleh dilewatkan adalah menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga, istirahat teratur, mengonsumsi air mineral secukupnya dan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi.

Mulai Menggunakan Skincare Baru Secara Bertahap

Setelah proses penetralan ini selesai, maka penggunaan skincare baru pun dapat dilakukan pula secara bertahap.

Yang perlu diperhatikan pada penggunaan skincare baru setelah melakukan cara menetralkan wajah dengan cepat adalah reaksi kulit wajah apakah memerah, gatal, iritasi, alergi, timbul jerawat, hingga tanda-tanda lainnya.

Jika timbul reaksi negatif pada kulit wajah, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Nah, itu dia ulasan mengenai Cara Menetralkan Wajah dengan Cepat Sebelum Ganti Skincare. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Menetralkan Wajah dengan Cepat Sebelum Ganti Skincare"