Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Sate Taichan Adalah Sate Kekinian yang Tersedia di Holycow

Sate Taichan Adalah Sate Kekinian yang Tersedia di Holycow
Sate Taichan Adalah Sate Kekinian yang Tersedia di Holycow

Sate Taichan

Waktu saya masih bekerja di bidang F&B dan kala itu sedang viral makanan yang bernama sate taichan, akhirnya saya penasaran seperti apa sih sate taichan yang ramai dibicarakan itu karena yang dibenak saya saat itu sate ya seperti sate madura ada bumbu kacangnya, proses masaknya di bakar dengan arang api dan dikipas.

Apa Itu Sate Taichan

Tak kenal maka tak sayang, jadi sate taichan adalah sate daging ayam yang dibakar tanpa menggunakan bumbu yang terinspirasi dari orang Korea atau Jepang yang mengonsumsi sate di Indonesia tepatnya di Senayan sehingga istilah sate taichan Senayan sangat melekat sekali pada sate taichan itu sendiri.

Konon orang Korea atau Jepang yang menginspirasi ini merupakan salah satu pelanggan sate Madura yang request pada penjual sate untuk membuat sate tanpa bumbu.

Awalnya, saus pada sate taichan adalah irisan cabe, bawang dan tomat serta perasan jeruk nipis dan juga garam. Namun seiring berjalannya waktu, saus sate taichan berubah menjadi sambal yang amat pedas dengan perasan jeruk nipis dan garam.

Lambat laun sate taichan yang hanya diolah dengan menggunakan daging ayam kini banyak pula inovasi sate taichan yang bahan dagingnya berasal dari daging selain ayam misal daging sapi.

Perbedaan Sate Taichan dan Sate Madura

Seperti yang telah diinfokan di atas, perbedaan sate taichan terletak pada bumbunya yang khas. Namun selain bumbu, ada pula perbedaan lainnya yang bisa ditemukan antara sate taichan dengan sate madura.

Tampilan

Waktu pertama kali pesanan sate taichan saya datang, jujur saya agak speechless karena memang tampilannya berbeda sekali dengan sate Madura yang warnanya gosong kecoklatan. Sate taichan memiliki tampilan lebih cerah meskipun sama-sama dibakar.

Rasa

Soal rasa jelas sangat berbeda dan jika ditanya paling enak yang mana, itu sih selera ya karena sama-sama enak tinggal prefer ke yang mana gitu. Karena kalau sate Madura kan rasanya bumbu kacang banget gitu ya ada pedas, manis, asinnya. Sedangkan sate taichan ini rasanya gurih asin.

Bumbu dan Sambal Pelengkap

Sate taichan dan sate Madura memiliki perbedaan bumbu terutama pada bumbu balur dan bumbu saus. Untuk sate Madura, bumbu balurnya sangat lengkap mulai dari kecap, mentega, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan bumbu lainnya. Sedangkan sate taichan bumbu balurnya hanya minyak goreng atau mentega, garam, dan air jeruk nipis.

Nah untuk bumbu sausnya sendiri, sate taican tidak ada bumbu saus selain sambal yang diulek halus diberi garam dan perasan jeruk nipis. Jika sate Madura tentu saus yang digunakan adalah saus kacang.

Daging

Sate Madura biasanya dalam 1 tusuknya menggunakan campuran daging seperti gajih atau lemak, daging, dan juga kulit. Sedangkan sate taichan dalam satu tusuknya berisikan daging tanpa campuran. Oleh sebab itu harga satu porsi sate taichan biasanya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga sate Madura.

Menurut saya pribadi, sate taichan memang menjadi solusi dan inovasi untuk para pecinta kuliner yang alergi atau tidak suka dengan bumbu kacang karena dengan kehadiran sate taichan yang identik tanpa saus atau bumbu kacang, kita bisa tetap menikmati sate dengan rasa gurih yang tentunya berbeda dengan rasa khas sate Madura.

Apalagi saat ini sate taichan tidak lagi diolah dengan daging ayam tetapi untuk pecinta daging sapi juga bisa lho merasakan sate taichan dengan bahan dasar daging sapi. Apalagi jika daging sapi yang digunakan adalah daging sapi wagyu grade A5, aduh nulisnya aja udah kebayang seenak apa.

Nah, usut punya usut, ternyata salah satu restoran dengan spesialisasi daging sapi dan menyediakan sate taichan daging sapi wagyu grade A5 adalah Holycow. Lebih surprisingnya lagi adalah menu ini adalah menu kolaborasi antara Holycow dengan Nagita Slavina yang bisa disajikan dengan salad dan nasi sehingga nikmatnya tuh khas Indonesia banget.

Yang paling penting, menu sate taichan daging sapi wagyu grade A5 ini tersedia di seluruh Holycow mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Pekanbaru, Surabaya, dan juga Holycow yang ada di Bandara

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

2 komentar untuk "Sate Taichan Adalah Sate Kekinian yang Tersedia di Holycow"

  1. Jujur, belum pernah nyobain Sate Taichan, nih. Baru tau kalo awalnya malah nggak pake bumbu yah, bu. Tapi akhirnya, jadi divariasiin dengan berbagai bumbu, hihi.. menarik!

    BalasHapus