Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Investasi Obligasi: Karakteristiknya yang Perlu Dipahami Investor

Investasi Obligasi: Karakteristiknya yang Perlu Dipahami Investor
Investasi Obligasi: Karakteristiknya yang Perlu Dipahami Investor

Investasi Obligasi

Obligasi atau bond adalah suatu surat pengakuan atau pernyataan utang yang dikeluarkan oleh pemerintah negara atau perusahaan sebagai pemilik utang. Untuk selanjutnya surat ini diserahkan kepada investor, lengkap dengan janji untuk membayar utang berikut bunganya. Waktu pembayaran utang dan bunga dilakukan sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Apa Saja Karakteristik Obligasi Yang Perlu Investor Pahami?

Surat utang yang juga disebut sebagai surat berharga ini memiliki karakter berbeda dari instrumen investasi reksadana dan investasi lainnya. Oleh karena itu, sebagai seorang investor, penting untuk Anda mengetahui apa saja karakteristiknya. Apa saja karakteristik instrumen investasi tersebut, simak ini sampai selesai.

 7 Karakteristik Obligasi Yang Harus Investor Pahami

Dari ulasan pengertian investasi obligasi diatas, sudah jelas disebutkan bahwa surat utang memiliki karakteristik yang berbeda dari instrumen investasi lainnya. Karakteristik ini menjadi ciri khusus yang umumnya akan Anda temukan pada sebuah surat utang. Untuk membantu Anda mengenali ciri-ciri tersebut, inilah 7 karakteristik surat utang yang harus Anda pahami.

Nilai Nominal

Karakteristik pada surat utang yang pertama adalah memiliki nilai nominal atau nilai utang pokok. Penerbit surat utang harus membayarkan nilai nominal ini kepada investor sesuai dengan kontrak dan pembayaran harus dilakukan ketika jatuh tempo. 

Masa Jatuh Tempo

Merupakan waktu bagi pemegang surat utang untuk memperoleh kembali nilai nominal dari penerbit obligasi. Periode jatuh tempo pada instrumen ini punya jangka waktu yang berbeda-beda, mulai di bawah satu tahun hingga sepuluh tahun. 

Kebanyakan investor memilih masa jatuh tempo surat utang dalam periode jangka pendek karena risikonya cenderung relatif kecil. Apabila Anda tertarik pada investasi ini, Anda dapat mencoba memilih surat utang dengan risiko kecil dan aman, seperti SBN. 

SBN atau Surat Berharga Negara mendapatkan jaminan keamanan aset dari pemerintah. Anda bisa memulai investasi ini dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS karena aplikasi ini aman dan mudah untuk dioperasikan. 

Klaim Aset Dan Klaim Pendapatan Perusahaan

Ciri khusus pada surat utang berikutnya adalah Anda dapat melakukan klaim aset dan klaim pendapatan perusahaan. Artinya, jika penerbit surat utang bangkrut, maka Anda bisa melakukan klaim atas aset yang penerbit miliki. 

Dalam hal ini, penerbit akan menjual asetnya lalu hasil penjualan tersebut bisa di klaim oleh investor. Intinya, Anda tetap memiliki hak untuk memperoleh aset milik penerbit walau pun ada risiko gagal bayar. 

Coupon Rate

Investasi Obligasi: Karakteristiknya yang Perlu Dipahami Investor
Investasi Obligasi: Karakteristiknya yang Perlu Dipahami Investor

Pada setiap produknya, surat utang ini akan memberikan coupon rate atau bunga yang investor dapatkan pada periode tertentu. Investor akan menerima kupon atau bunga ini setiap satu, tiga, lima atau bahkan satu tahun. Tergantung kesepakatan antara penerbit dan investor. Biasanya, informasi mengenai penerimaan coupon rate akan Anda dapatkan ketika masa penawaran.

Indenture (Kontrak)

Ketika Anda berinvestasi pada produk surat utang, ada sebuah kontrak yang berisi hak dan kewajiban penerbit dengan investor. Kontrak atau indenture ini melingkupi batasan dan ketentuan dalam melakukan transaksi. 

Umumnya kontrak terdiri dari termin dasar, nilai surat utang, penjelasan tentang properti jaminan, dana cadangan, provisi, perjanjian perlindungan untuk investor. 

Current Yield

Ciri khusus obligasi berikutnya adalah current yield. Karakteristik ini merupakan imbal hasil yang diterima selama tahun tahun. Cara memperolehnya yaitu dengan membagi kupon dengan harga beli surat utang. 

Contohnya, Anda membeli surat utang sebesar 98% dari nilai nominal, dan kuponnya 10%. Maka sebagai investor, Anda sebenarnya punya keuntungan sebesar 10,2%. 

Peringkat (Rating)

Instrumen surat utang juga punya karakteristik berupa peringkat atau rating. Peringkat ini menunjukkan risiko pada sebuah obligasi yang bentuknya berupa huruf, simbol atau angka. Misalnya seperti AAA, BBB+, AA- dan lain-lain. 

Rating mempengaruhi tingkat suku bunga dan risiko. Semakin tinggi rating maka risiko dan tingkat suku bunganya semakin kecil. Karena itulah, Anda harus memahami ini, supaya dapat memilih instrumen surat utang sesuai dengan potensi risiko dan imbal hasilnya. 

Aplikasi digibank by DBS: Investasi Obligasi Terbaik dan Terpercaya

Setelah memahami pengertian obligasi serta apa saja karakteristiknya, saatnya memberi kesempatan pada diri Anda untuk berani berinvestasi pada instrumen ini. Anda bisa memulai langkah mudah investasi surat utang dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS

Mengapa harus aplikasi ini, alasannya tak lain karena digibank by DBS memiliki beberapa keunggulan utama, antara lain:

Melakukan pembelian mulai dari Rp1 juta

Investasi surat utang dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS bisa Anda mulai dengan modal awal Rp1 juta. Ini untuk surat utang dalam mata uang rupiah. Sedangkan surat utang dengan mata uang US Dollar bisa Anda beli dengan harga $1,000. Jadi, ingin investasi rupiah atau dollar, semuanya bisa Anda tentukan sesuai dengan budget dan kebutuhan. 

Produk obligasi di pasar sekunder lebih beragam

Aplikasi digibank by DBS menawarkan pilihan produk lebih dari 70 di pasar sekunder. Hal ini akan mempermudah saat memilih produk yang paling tepat dan sesuai dengan tujuan Anda berinvestasi.

Transaksi dalam satu aplikasi

Semua proses transaksi obligasi dilakukan hanya dalam satu Aplikasi digibank by DBS. Baik itu transaksi pembelian, penjualan, serta registrasi SID atau Single Investor Identification  dan E-SBN (Surat Berharga Negara Online). Ini tentunya sangat memudahkan, fleksibel dan praktis untuk Anda, bukan?

Sekarang pasti Anda sudah paham mengenai karakteristik surat utang atau investasi obligasi serta apa keuntungannya jika Anda menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi obligasi, pastikan memilih digibank by DBS. Dengan begitu, Anda dapat langsung merasakan manfaat, keunggulan dan kemudahan dalam semua transaksi investasi. 

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Investasi Obligasi: Karakteristiknya yang Perlu Dipahami Investor"

  1. Aku belum pernah nih investasi obligasi, masih meraba- raba gitu, Mba. Pengen tahu lebih dalam sih buat pengetahuan beragam inves

    BalasHapus