Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Investasi Reksadana untuk Menikmati Dana Pensiun di Masa Tua

Investasi Reksadana untuk Menikmati Dana Pensiun di Masa Tua
Sumber: https://www.freepik.com/

Investasi Reksadana

Ingin masa tua bahagia? Yuk, rencanakan sejak awal dengan cara investasi Reksadana. Mempersiapkan dana pensiun untuk tabungan masa tua merupakan hal penting agar kelak ketika sudah renta tak perlu susah payah bekerja.

5 Tips Persiapan Dana Pensiun untuk Tabungan Masa Tua

Tidak ada salahnya merencanakan tabungan masa tua mulai dari sekarang. Justru akan lebih baik karena sudah sadar akan pentingnya dana tersebut sehingga bisa tentram kehidupan masa tua. Untuk itu, persiapkan saat ini juga dan bisa mengikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Atur keuangan

Sadarilah bahwa masa muda bukan sekadar untuk dinikmati dengan foya-foya. Bijaknya, kamu perlu mengelola keuangan dengan tepat agar masih ada tabungan di hari tua nanti. 

Mulailah mengatur keuangan baik dalam pengeluaran maupun pemasukan. Jangan lupa untuk selalu menyisihkan dana untuk keperluan lainnya seperti buka tabungan online, dana darurat, atau dana pensiun. Persiapan beberapa dana tersebut dapat dilakukan melalui investasi Reksadana online.

Tentukan target

Hitunglah tabungan hari tua yang ingin kamu capai agar kedepannya dana tersebut mencukupi bagi kehidupan di masa depan. Langkah ini juga penting sebagai cara investasi Reksadana berdasarkan target investasi. 

Maksudnya, jika kamu telah menetapkan target tabungan yang diinginkan maka kamu bisa memperkirakan jangka investasi tersebut. Dengan begitu, terkumpulnya dana dapat diprediksi kapan waktunya. Bisa 2-3 tahun atau bahkan 10 tahun lebih. 

Pilih tepat investasi

Setelah menentukan target jumlah dana pensiun yang ingin dicapai, berikutnya kamu bisa memilih jenis investasi yang cocok dengan target tersebut. Sebaiknya jangan asal memilih jenis investasi dan ada baiknya kamu memahami investasi tersebut.

Jika kamu takut akan kerugian, investasi Reksadana online adalah pilihan tepat karena risikonya relatif kecil tapi keuntungan stabil. Selain itu, ada berbagai jenis investasi Reksadana dan pilihlah yang sesuai dengan tujuan investasi tersebut. 

Ditambah lagi, cara investasi Reksadana tersebut tidaklah sulit. Kamu tidak harus ahli dalam menganalisis investasi karena sudah ada manajer investasi (MI) yang akan mengelola dana investasi. Kamu cukup memilih produk investasi yang disarankan MI.

Tidak hanya itu, maraknya kasus penipuan berkedok investasi juga perlu kamu waspadai. Cara investasi Reksadana yang aman, yakni melalui platform investasi yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perkirakan waktu pensiun

Masa pensiun umumnya dimulai pada usia 50-65 tahun. Meski demikian, ada sebagian orang yang memilih pensiun dini dengan berbagai faktor. Misalnya, faktor kesehatan, target dana sudah tercapai, dan sebagainya. 

Perkirakan waktu pensiun kamu berdasarkan target dan kapasitas yang dimiliki. Jangan paksa untuk pensiun dini apabila masih mampu bekerja dan tabungan belum terpenuhi. Lebih baik bekerja kemudian penghasilan terus bertambah dengan cara investasi Reksadana. Jadi, dana pensiun juga kian meningkat untuk hari tua.

Investasi jangka panjang

Apakah investasi hanya berputar pada uang saja? Tentu saja tidak. Investasi bukan sekadar dengan cara investasi Reksadana, saham, properti, atau aset lainnya. Ada pula jenis investasi yang tidak kalah pentingnya, yaitu investasi diri. 

Investasi diri bisa dikatakan sebagai investasi terhadap diri sendiri. Caranya pun sederhana seperti dengan rutin menjaga kesehatan, olahraga teratur, makan-makanan sehat, dan pengembangan diri mulai dari soft skill atau hard skill.

Investasi tersebut memang tidak menghasilkan uang seperti investasi Reksadana. Namun, akan membantu kamu meningkatkan kualitas hidup serta mencapai gaya hidup yang seimbang. 

Apalagi jika kamu berhasil mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan peluang karir. Maka, peluang pendapatan meningkat bisa dicapai sehingga pemasukan untuk dana pensiun melalui investasi Reksadana online menjadi lebih besar.

digibank by DBS, Pilihan Cocok Investasi Persiapan Dana Pensiun 

Investasi Reksadana untuk Menikmati Dana Pensiun di Masa Tua
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pasangan-lansia-duduk-di-bangku-beton-5637849/

Cara investasi Reksadana yang aman, mudah, praktis, modalnya bisa ratusan ribu saja, memangnya ada? Pasti ada, jika berinvestasi di digibank by DBS. Investasi Reksadana di digibank by DBS menawarkan investasi paket komplit seperti berikut.

Praktis dan mudah

Mau tahu cara investasi Reksadana di digibank by DBS? Gampang sekali, cukup pasang Aplikasi digibank by DBS dan kamu bisa nikmati berbagai layanan investasi. 

Layanan seperti daftar SID (Single Investor Identification), penjualan, pembelian, switch investasi hingga bermacam informasi tentang investasi semuanya tersedia dalam aplikasi tersebut. Tidak mengherankan jika investasi di digibank by DBS begitu praktis dan mudah.

Tersedia > 50 pilihan produk Reksadana 

Paket komplitnya hanya itu saja? Oh, tentu saja tidak. Hal itu dikarenakan digibank by DBS juga menyediakan lebih dari 50 pilihan produk Reksadana yang bisa kamu beli.

Ada 3 kategori Reksadana

Selain itu, investasi Reksadana kian cepat karena kamu bisa menemukan pilihan produk Reksadana yang cocok melalui fitur kategori. Terdapat tiga kategori yang disediakan, yaitu kategori produk Reksadana kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.

Fleksibilitas pembelian

Bukan hanya itu, kamu juga bebas mengatur nilai investasi per bulan untuk pembelian aset seperti saham. Tanggal pendebetan juga bebas kamu atur sesuai kebutuhan. 

Modal dari Rp100.000

Zaman sekarang uang Rp100.000 bisa buat apa? Jangan diremehkan, pastinya bisa buat investasi di digibank by DBS. Dengan uang sebesar itu, kamu bisa investasi dan mulai mempersiapkan dana pensiun.

Persiapan tabungan hari tua masih sempat tidak ya? Tenang, masih bisa tentunya. Mari persiapkan dana pensiun sedini mungkin agar hari tua jadi bahagia tanpa risau masalah dana. Solusinya dengan cara investasi Reksadana di digibank by DBS, pilihan tepat investasi terpercaya.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Investasi Reksadana untuk Menikmati Dana Pensiun di Masa Tua"